Edufund x Green Academy: New Potential Skill in 2023

macam macam keterampilan

Pada awal tahun 2023, Edufund melakukan kerja sama dengan salah satu akademi kursus yaitu Green Academy. Green Academy sendiri adalah sebuah akademi yang menawarkan beberapa program untuk meningkatkan macam-macam keterampilan diri alias skill. Mulai dari bidang IT, Design, hingga bahasa Korea bisa kamu pelajari di akademi yang satu ini.

Green Academy merupakan sebuah akademi yang berasal dari Korea Selatan, yang memiliki lebih dari 25 cabang di Korea Selatan dan juga Vietnam. Pada kesempatan kali ini, Edufund mendapatkan kesempatan untuk mengadakan webinar dengan akademi besar ini. Acara tersebut tidak lupa dimeriahkan dengan kehadiran Awalokita Garnierit, Academy Manager dari Green Academy, Jacques Pormes, Sales Executive  serta Arif Hermanto, Community Coordinator dari Edufund sebagai moderator. 

Kemampuan Apa yang dibutuhkan di 2023?

webinar macam-macam keterampilan
Para narasumber dan moderator Edu Rooms.

Seperti yang sudah diketahui semua warga negara Indonesia, perekonomian Indonesia di akhir tahun 2022 hingga awal tahun 2023 tidak sedang baik-baik saja. Dampak yang ditimbulkan dari pandemi masih menghantui negara yang kita cintai ini masih terpampang jelas di depan mata. Ancaman layoff dari setiap perusahaan yang mendapatkan pendapatan yang menurun marak terjadi, dan persaingan antar pekerja juga menjadi sangat ketat. 

Berkat kecanggihan teknologi yang semakin baik tentunya berdampak positif pada semua orang di dunia. Segala hal yang dulu dianggap sulit kini menjadi mudah dan cepat karena kemajuan teknologi. Kemajuan ini tentunya memiliki kaitan dengan macam-macam keterampilan yang dibutuhkan di tahun 2023. 

Kini, semua hal menggunakan teknologi, dan semua orang harus beradaptasi dengan hal tersebut. Oleh karena itu, mulai dari bidang teknologi hingga penggunaan internet, muncul skillskill baru yang mengharuskan untuk dikuasai. Jika menguasai macam-macam keterampilan ini tentunya kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di zaman yang serba digital ini akan makin luas. Sebelum membahas lebih lanjut keterampilan apa yang dibutuhkan, kita harus lebih dahulu mengerti ada 2 jenis keterampilan, simak di bawah ini, ya!

Baca juga: 7 Skills Wajib Fresh Graduate, Biar CV Dilirik HRD

Hard Skills

webinar mengenai macam-macam keterampilan
Pemaparan materi mengenai Hard Skill.

Hard skills bisa dibilang sebagai keterampilan yang dimiliki, dipelajari dan ditingkatkan dengan pendidikan, latihan serta pengulangan terus menerus. Jenis keterampilan ini memungkinkan individu untuk melakukan pekerjaan tertentu, atau bisa dibilang juga, keterampilan ini diperlukan untuk pekerjaan tertentu. 

Hard skill adalah keterampilan, kapabilitas, serta keahlian khusus yang dapat dimiliki dan ditunjukkan oleh seseorang secara terukur. Bisa dikatakan terukur karena, jenis keterampilan ini adalah keterampilan yang dipelajari dan diperoleh melalui pendidikan dan juga pengalaman. Biasanya keterampilan ini ditujukan pada resume ketika melamar pekerjaan, karena biasanya, para rekruter melihat dan memilahnya melalui hard skills

Hard Skills yang dibutuhkan di 2023

Kembali lagi pada perkembangan zaman yang menyebabkan kemajuan teknologi, hal ini menyebabkan adanya macam-macam keterampilan yang ada kaitannya dengan teknologi, yang tentunya sangat dibutuhkan di tahun 2023. Berikut adalah beberapa hard skills yang sedang sangat diminati di tahun 2023:

  1. Kemampuan dasar di Komputer
  2. Programming
  3. Digital Marketing
  4. UI/UX
  5. Artificial Intelligence
  6. Project Management
  7. Analisis Data
  8. Customer Service
  9. Menulis
  10. Bahasa Asing

Nah, melalui hard skills tersebut tentunya kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan impian akan semakin tinggi lagi. Hard skills tentunya belum lengkap tanpa soft skills, berikut adalah beberapa soft skills yang pastinya dibutuhkan di 2023.

Soft Skills

Apa itu soft skills? Seperti namanya, soft skills tentunya berbeda dari hard skills. Soft skills adalah sebuah kemampuan interpersonal yang menjadi ciri hubungan seseorang dengan orang lain. Soft skill berhubungan dengan bagaimana diri sendiri bekerja. Pada dunia kerja, soft skill dianggap sebagai pelengkap untuk hard skills, oleh karena itu, soft skills dianggap sangat penting dan tidak boleh dilewatkan.

keterampilan yang satu ini juga pastinya tidak kalah penting, karena mereka dicari oleh para pemberi kerja untuk para kandidat yang mereka akan rekrut. Keterampilan ini mempengaruhi bagaimana individu bekerja.Kurangnya soft skill dapat membatasi potensi diri sendiri, lho! Atau bahkan menjadi kehancuran bisnis. 

Hal ini dikarenakan, dengan mengembangkan macam-macam keterampilan jenis ini dapat memberikan hasil yang lebih positif untuk semua orang, mulai dari diri sendiri, keluarga, teman, hingga rekan kerja. Betul sekali, jenis keterampilan ini mempengaruhi kehidupan pribadi dan bagaimana seorang individu berinteraksi dengan orang lain. 

Soft Skills yang dibutuhkan di 2023

Pada akhirnya, soft skill yang kuat dapat membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri, yang merupakan suatu sifat yang sangat berharga dalam dunia kerja.. Berikut adalah macam-macam keterampilan yang dibutuhkan di tahun 2023:

  1. Komunikasi
  2. Kerja sama tim
  3. Memecahkan masalah
  4. Mengatur waktu
  5. Kreatif
  6. Kepemimpinan
  7. Kecerdasan emosi
  8. Berfikir kritis
  9. Adaptasi 
  10. Pengambilan keputusan

Jika kamu ingin meningkatkan keterampilan jenis ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenali dan mengakui bidang apa yang perlu ditingkatkan. Hal ini bisa dilakukan melalui refleksi dan introspeksi pribadi atau melalui masukan dari orang terdekat atau teman terpercaya. 

Bagaimana Cara Mengembangkan Skills Baru di 2023?

webinar macam-macam keterampilan
Para peserta Edu Rooms

Terdapat banyak cara untuk mengembangkan macam-macam keterampilan, dan semuanya memiliki ruang untuk berkembang, apa lagi dalam soft skill. Cara yang paling mudah untuk memulai adalah dari memberikan prioritas jenis keterampilan yang mana yang harus dikembangkan. Mengapa dibilang mudah? Karena, diri kita sendiri yang bisa mengetahui hal apa yang harus dikembangkan.

Praktek juga menjadi kunci dalam apapun, apa lagi jika menyangkut hard skill, mempraktekannya terus menerus akan menjadikan keterampilan itu menempel di kepala yang tentunya kita inginkan. Selain praktek atau latihan, hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan meminta pendapat orang terdekat.

Melalui pendapat orang lain, kita bisa melihat bagian diri kita yang perlu dikembangkan yang tidak kita sadari sebelumnya. Hal ini tidak mudah, karena dengan meminta pendapat orang lain, itu berarti kita meminta kritikan orang tersebut atas diri kita, di sini yang terpenting adalah menyiapkan mental dan menguatkan pendirian untuk melakukan hal terbaik demi meningkatkan keterampilan diri.

Hal terakhir dan ditujukan untuk meningkatkan hard skill adalah dengan melakukan coaching alias melakukan pembelajaran dengan ahlinya. Melalui ajaran langsung dari mereka yang sudah ahli di bidang keterampilan yang ingin dikembangkan, kamu dapat lebih mudah memahami apa yang harus dikembangkan. Materi yang didapatkan juga dijamin lebih akurat, karena mereka menjelaskan sesuai dengan pengalaman yang sudah dijalani sebelumnya.


Terdapat macam-macam keterampilan di dunia ini yang semakin bertambah variannya karena dunia yang semakin modern. Agar tidak tertinggal oleh cepatnya arus, sebagai manusia modern tentunya kita harus bisa untuk menyesuaikan diri. Mempelajari macam-macam keterampilan sangat penting di dunia yang saat ini, karena, semua hal saling berhubungan akibat teknologi yang semakin maju. Jangan sampai tertinggal teknologi, kuasai berbagai macam keterampilan mulai sekarang juga, ya!

Baca juga: Tips Membuat CV yang Menarik, Auto Dilirik HRD!

Baca juga: Edufund x EF Adults: Pentingnya Bahasa Inggris dalam Karier

Artikel Terkait

Algoritma Data Science: How to Start Your Career in IT Industry

Algoritma Data Science: How to Start Your Career in IT Industry

Edu Rooms adalah sebuah seri webinar yang diadakan oleh Edufund, dan biasanya ditemani dengan partner untuk menambah ilmu para peserta. Kali ini, Edu Rooms tanggal 14 Januari 2023 lalu diadakan

Pinjaman Pendidikan Melalui Edufund: Tahun Baru, Tagline Baru

Pinjaman Pendidikan Melalui Edufund: Tahun Baru, Tagline Baru

Pada tanggal 16 Desember 2022, ada sedikit perubahan di Edufund. Akhir tahun ini, Edufund mengganti tagline dari “For your better future” menjadi “Better education, better future”. Dibalik perubahan kecil ini