Algoritma Data Science: How to Start Your Career in IT Industry

Konten Blasting EduRooms

Edu Rooms adalah sebuah seri webinar yang diadakan oleh Edufund, dan biasanya ditemani dengan partner untuk menambah ilmu para peserta. Kali ini, Edu Rooms tanggal 14 Januari 2023 lalu diadakan bersama dengan Algoritma Data Science School, sebuah akademi kelas data yang siap membantu belajar IT untuk individu dari segala latar belakang.

Tema yang diambil juga enggak jauh dari data science yaitu “How To Start Your Career In IT Industry” yang diadakan melalui pertemuan daring melalui platform Zoom. Sesuai dengan temanya, webinar ini membahas tips dan trik cara masuk ke dunia karier IT untuk pemula sekalipun.

Terdengar menarik banget bukan? Tenang saja, kalau kamu enggak sempat menghadiri webinar keren ini, langsung saja baca tulisan di bawah ini! Dijamin kalau baca sampai habis kayak ikutan webinarnya!

Siapa Narasumber dari Algoritma Data Science School?

Profile Sari Nurfiani, sang pembawa materi untuk belajar IT di Algoritma
Profil Sari Nurfiani dalam webinar.

Edu Rooms ini tentunya enggak lengkap kalau enggak ditemani dengan bintang tamu yang keren dan pastinya sangat informatif. Jadi, untuk melengkapi kebutuhan itu narasumber kali ini ditemani dengan narasumber keren yang bernama Sari Nurfiani, seorang Education Consultant dari Algoritma.

Tentu saja sang narasumber ini ditemani dengan moderator yang siap memandu jalannya acara, Arif Hermanto yang merupakan Community Coordinator dari Edufund.

Sari Nurfiani merupakan lulusan dari Institut Pertanian Bogor dengan gelar sarjana Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Semenjak tahun 2019, ia sudah menjadi Education Consultant, dan pernah mendapatkan gelar MVP sebanyak 2 kali, lho! Keren banget kan narasumber yang satu ini?

Apa Itu Algoritma Data Science School? 

Algoritma siap untuk memberikan solusi atas kebingungan yang ada di dunia IT, dengan misi yang mereka junjung tinggi yaitu ingin memberikan kursus berkualitas tinggi. Mereka juga membantu perusahaan untuk memanfaatkan data dalam jangka panjang. Lembaga kursus pioneer atau pertama di Indonesia ini juga menyediakan training dengan para perusahaan atau corporate.

Algoritma memiliki visi menginginkan percepatan penggunaan data science di seluruh Indonesia. Selain itu, Algoritma juga ingin bisa membantu para individu  bisa mendapatkan pekerjaan di data science. Sekolah data science ini mempunyai kantor di Singapura dan juga kantor operasional di Kuningan, Jakarta Selatan.

Algoritma sendiri memiliki lebih dari 1500 alumni, dan dengan jumlah alumni yang besar ini, Algoritma selalu mencoba untuk enggak melupakan satu sama lain. Gimana caranya? Caranya adalah dengan selalu mengadakan acara seperti gathering sehingga terjadi banyak bonding yang tentunya penting untuk komunikasi satu sama lain.

“Kalau ikut bootcamp atau kursus lainnya jangan hanya fokus akan mendapatkan skill saja, lihat juga bisa mendapatkan koneksi yang seperti apa, karena, banyak teman banyak rezeki, sekarang networking itu penting. Karena, bisa jadi dapat opportunity pekerjaan atau freelance dari rekanan kita”

Ujar Sari.

Employment rate di Algoritma cukup tinggi, mulai dari 89%, karena, ketika kursus atau bootcamp di Algoritma sudah diarahkan langsung ke perusahaan yang pastinya sudah bekerja sama. Menarik banget bukan?

Algoritma Data Science School: How to Start Your Career in IT Industry?

Para peserta Edu Rooms untuk belajar IT bersama Algoritma
Para peserta Edu Rooms

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, webinar ini membahas tentang oportunitas karier dan di bidang IT. Pada permulaan webinar, Sari sempat menyinggung untuk mereka yang ingin memiliki karier di bidang IT enggak harus punya background dari teknik komputer atau jurusan lainnya yang bersangkutan, nah, jadi enggak usah khawatir lagi, ya!

Sari juga mengingatkan kalau Algoritma juga berperan sebagai job connector yang siap membantu para pemula di bidang IT atau data science untuk dapetin kerjaan impian. Data science merupakan salah satu cabang dari IT.  

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan pekerjaan di bidang IT banyak macamnya, mulai dari mendapatkan karier menjadi programmer, data engineer, hingga developer. Pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa dibilang sebagai spesialisasi dari IT sendiri.

Disrupsi 

“Disrupsi itu nyata, contohnya webinar dengan penggunaan Zoom. Kita bisa lihat orang kalau mau di industri hotel atau penginapan misalnya, harus punya building-nya harus dibangun di suatu tempat yang tinggi, sekarang sudah enggak lagi karena kita bisa collaborate sama platform yang sudah memiliki pasar yang besar, contohnya Airbnb. Kita enggak perlu bangun hotel misalnya, punya rumah yang nganggur bisa collaborate sama platform Airbnb”

Ujar Sari

Sari juga menyarankan peserta webinar untuk collaborate dengan ojek online agar mendapatkan income sampingan, dan mengatakan sebagai salah satu contoh disrupsi. Hal tersebut karena, zaman sekarang ojek sudah bisa diakses di manapun dan kapanpun melalui aplikasi. 

Penggunaan Data 

Zaman dulu, jika mempunyai data yang sifatnya kecil dan masih menggunakan Microsoft Excel untuk mengolahnya. Nah, untuk mengolah data yang lebih besar seperti kumpulan data ibu-ibu Facebook sering membeli apa, dan di mana, harus menarik data dari facebook ataupun e-commerce lainnya. Tentu saja gak bisa pakai tools yang konvensional dan harus belajar dengan tools yang lebih powerful.

Bahasa Pemrograman R vs Python

R:

  1. Bahasa statistikal untuk programing yang prosedural
  2. Baik untuk mengembangkan perangkat lunak statistikal, modelling, analisis data, dan visualisasi data
  3. Membuat perhitungan matematika dan statistika yang sulit menjadi lebih mudah digunakan
  4. Lebih mudah digunakan untuk pemula di data science

Python: 

  1. Multiparadigma, dan merupakan bahasa dengan tujuan umum
  2. Baik untuk programming dan belajar lebih dalam
  3. Baik untuk membangun apapun itu dari awal
  4. Lebih menguntungkan untuk tim dengan data science

Tapi ternyata keduanya juga memiliki kesamaan, lho!

  1. Open source alias gratis dan bisa dipelajari oleh siapapun
  2. Bisa digunakan dengan macam-macam OS
  3. Berbasis komunitas
  4. Perpustakaan yang besar

Apa itu Data Science?

Data science bukanlah sebuah ilmu yang berdiri sendirinya, karena, data science adalah gabungan dari 3 ilmu, computer science atau IT, Matematika dan tentunya business knowledge. Penggunaan data science dapat membantu para peneliti untuk bekerja lebih cepat dalam menghasilkan informasi.

Ilmu ini memerlukan kemampuan dalam ilmu komputer, pemrograman, teknologi dan juga statistik. Lebih efisien dalam menjelajahi kumpulan data baru dan meningkatkan kehidupan masyarakat juga keunggulan dari penggunaan data science.

Nah, setelah membaca tulisan tentang webinar di atas, apakah kamu tertarik pada bidang IT atau data science? Diketahui pekerjaan di bidang yang satu ini akan sangat dibutuhkan lho di masa depan!

Tenang saja, kamu bisa langsung mempelajari ilmu ini melalui berbagai platform, mulai dari gratis hingga berbayar. Tentunya bisa langsung dipilih sesuai dengan kebutuhan, ya! Kalau kamu mau langsung belajar dengan ahlinya, langsung saja daftar di Algoritma dengan klik di sini dan dapatkan pinjaman dana pendidikan dari Edufund.

Artikel Terkait

Edufund x Green Academy: New Potential Skill in 2023

Edufund x Green Academy: New Potential Skill in 2023

Pada awal tahun 2023, Edufund melakukan kerja sama dengan salah satu akademi kursus yaitu Green Academy. Green Academy sendiri adalah sebuah akademi yang menawarkan beberapa program untuk meningkatkan macam-macam keterampilan

Pinjaman Pendidikan Melalui Edufund: Tahun Baru, Tagline Baru

Pinjaman Pendidikan Melalui Edufund: Tahun Baru, Tagline Baru

Pada tanggal 16 Desember 2022, ada sedikit perubahan di Edufund. Akhir tahun ini, Edufund mengganti tagline dari “For your better future” menjadi “Better education, better future”. Dibalik perubahan kecil ini