Edufund x EF Adults: Pentingnya Bahasa Inggris dalam Karier

edufund x ef 1024x576 1

Edufund bekerja sama dengan EF Adults Indonesia mengadakan diskusi online yang membahas tentang pentingnya bahasa Inggris dalam karier pada Sabtu, 25 Februari 2023. Acara tersebut dihadiri oleh Angky Budiman, seorang guru di EF Adults Indonesia sebagai narasumber dan Vanya Azzahra, Brand Activation Intern Edufund sebagai moderator.

Baca juga: Edu Rooms: How To Start Your Career In IT Industry

Bahasa Inggris adalah Bahasa Lingua Franca Dunia

Vanya dan Angky dalam dikusi online membahas Pentingnya Bahasa Inggris
Vanya dan Angky Budiman

Pada awal diskusi, Angky Budiman menjelaskan bahwa bahasa Inggris adalah bahasa lingua franca dunia. Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa penghubung atau bahasa umum untuk memfasilitasi komunikasi antara orang-orang yang berasal dari berbagai negara dan memiliki bahasa asli yang berbeda. Bahasa Inggris digunakan dalam bisnis, pendidikan, teknologi, dan industri lainnya, sehingga penting bagi seseorang untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Angky Budiman juga menjelaskan bahwa bahasa Inggris sebagai lingua franca bukan hanya terbatas pada penggunaan bahasa lisan, tetapi juga dalam bentuk tertulis. Dalam dunia bisnis, banyak dokumen resmi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa standar untuk komunikasi antara perusahaan-perusahaan internasional. Oleh karena itu, kemampuan berbahasa Inggris yang baik sangat diperlukan untuk membangun karier di bidang apapun.

Baca juga: Tahun Baru, Tagline Baru

EF English Proficiency Index

Monica dan Vanya dalam dikusi online membahas Pentingnya Bahasa Inggris
Monica dan Vanya

Untuk membuktikan pentingnya kemampuan berbahasa Inggris dalam karier, Angky Budiman menunjukkan hasil uji kemampuan bahasa Inggris pada EF English Proficiency Index. Uji kemampuan bahasa Inggris tersebut dilakukan pada 2,1 juta orang dewasa di 111 negara dan wilayah. Hasil uji kemampuan bahasa Inggris menempatkan Indonesia pada peringkat ke-81 dari 111 negara, yang termasuk dalam kategori “rendah”.

Angka ini menunjukkan bahwa banyak orang di Indonesia masih memiliki kesulitan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Hal ini dapat menjadi hambatan bagi seseorang untuk membangun karier di bidang internasional. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan mengikuti kursus bahasa Inggris atau melalui pengalaman langsung di luar negeri.

Baca juga: EduHero buat Webinar Edupedia Class: “Get to Know More about Edufund”

Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris dalam Dunia Bisnis

Para peserta diskusi online yang membahas Pentingnya Bahasa Inggris
Peserta diskusi online

Kemampuan berbahasa Inggris juga sangat penting dalam dunia bisnis saat ini. Terutama dalam dunia outsourcing, di mana kebanyakan kontrak offshore berasal dari perusahaan-perusahaan yang berbicara dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, kemampuan berbahasa Inggris sangat diinginkan dalam bisnis outsourcing.

Selain itu, dalam bisnis internasional, kemampuan berbahasa Inggris juga diperlukan untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan dari berbagai negara. Banyak perusahaan internasional menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi untuk komunikasi internal maupun eksternal. Oleh karena itu, kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu keterampilan yang sangat dihargai dalam industri saat ini.

Kemampuan berbahasa Inggris juga dapat membuka kesempatan untuk bekerja di perusahaan multinasional, memperluas jaringan profesional, dan meningkatkan kemungkinan untuk dipromosikan di dalam perusahaan. Kemampuan berbahasa Inggris yang baik juga membuka pintu untuk mengikuti pelatihan dan konferensi internasional yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Baca juga: GESS Asia 2022 Dimeriahkan Oleh Edufund

Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris?

Angky Budiman juga memberikan beberapa tips bagi mereka yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Pertama, belajarlah bahasa Inggris secara aktif. Carilah kursus bahasa Inggris yang terbaik dan terpercaya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Kedua, gunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Mulailah dengan hal-hal kecil seperti membaca artikel berbahasa Inggris atau menonton film berbahasa Inggris dengan subtitle.

Ketiga, jangan takut untuk berbicara bahasa Inggris. Berlatih berbicara bahasa Inggris dengan teman atau rekan kerja yang juga ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Terakhir, jangan lupa untuk memperbaiki kemampuan bahasa Inggris secara terus-menerus. Jadilah penggemar bahasa Inggris dan teruslah belajar dan berlatih.

Baca juga: Belajar Bahasa Jerman dan Edufund Berkolaborasi

Kesimpulan

Diskusi online yang diadakan oleh Edufund x EF Adults mengingatkan kita tentang pentingnya kemampuan berbahasa Inggris dalam membangun karier di dunia internasional. Bahasa Inggris sebagai bahasa lingua franca dunia menjadi bahasa yang sangat dihargai dalam bisnis, pendidikan, dan industri lainnya. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan belajar dan berlatih secara aktif.

Selain itu, perusahaan juga dapat memfasilitasi karyawan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan memberikan pelatihan dan kursus bahasa Inggris. Perusahaan dapat menawarkan program pengajaran bahasa Inggris dengan biaya yang terjangkau atau mengadakan program pelatihan dalam bahasa Inggris.

Salah satu perusahaan yang menawarkan program pelatihan bahasa Inggris adalah EF Adults Indonesia. Program pelatihan bahasa Inggris dari EF Adults Indonesia dirancang untuk membantu karyawan dan profesional meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan mendapatkan keuntungan dalam bisnis dan karier.

Banner blog edufund pendidikan
Belajar di EF dengan biaya terjangkau hanya dengan klik gambar di atas ini!

Dalam diskusi online Edufund x EF Adults, diungkapkan bahwa Indonesia berada di peringkat 81 dari 111 negara dalam Indeks Kemahiran Bahasa Inggris EF. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak ruang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di Indonesia. Oleh karena itu, perusahaan dan individu perlu berusaha untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan belajar dan berlatih secara aktif.

Dalam kesimpulannya, Edufund x EF Adults telah memberikan wawasan yang berharga tentang pentingnya kemampuan berbahasa Inggris dalam membangun karier di dunia internasional. Dalam era globalisasi dan persaingan bisnis yang semakin ketat, kemampuan berbahasa Inggris menjadi keterampilan yang sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, perusahaan dan individu perlu berusaha untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan belajar dan berlatih secara aktif untuk memperluas peluang karier di masa depan.

Baca juga: Eduhero Campus Ambassador, Program ‘Gandeng’ Mahasiswa Tingkatkan Literasi Keuangan

Artikel Terkait

Hoaks! OJK Tidak Berikan Bantuan Melunasi Utang Pinjol

Hoaks! OJK Tidak Berikan Bantuan Melunasi Utang Pinjol

Beredar informasi di media sosial dan penelusuran Google mengenai program bantuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melunasi utang pinjaman online (pinjol). Informasi dari artikel Radar Tegal tersebut menyebutkan bahwa

Aupair: Tahun Baru, Karier Baru: 2024 Memulai Karier di Eropa

Aupair: Tahun Baru, Karier Baru: 2024 Memulai Karier di Eropa

Pada hari Sabtu tanggal 16 Desember 2023, edufund bersama YAIJ (Yayasan Aupair Indonesia Jerman) mengadakan webinar bertajuk “Tahun Baru, Karier Baru: 2024 Memulai Karier di Eropa”. Mulai dari pendiriannya pada

Cakap: Easy Way to Market Research with SEO

Cakap: Easy Way to Market Research with SEO

Pada hari Sabtu tanggal 9 Desember 2023, edufund bersama Cakap mengadakan webinar bertajuk “Easy Way to Market Research with SEO”. Cakap adalah pelopor aplikasi belajar bahasa asing dengan pembelajaran bahasa

Sertifikasiku: Analyzing Risks for Your Financial Freedom

Sertifikasiku: Analyzing Risks for Your Financial Freedom

Pada hari Jumat tanggal 24 November 2023, edufund bersama Sertifikasiku mengadakan webinar bertajuk “Gen Z’s Guide: Analyzing Risks for Your Financial Freedom”. Sertifikasiku, platform edukasi online, membantu anak bangsa untuk