7 Skills Wajib Fresh Graduate, Biar CV Dilirik HRD

skill wajib fresh grad 02 01 09 04 04 04

“Kira-kira, apa saja, ya, skill yang fresh graduate wajib miliki agar mendapatkan pekerjaan?”

Mungkin pertanyaan ini muncul saat kamu sedang berusaha melamar pekerjaan di sebuah perusahaan setelah berhasil menyelesaikan pendidikan. Meski tidak memiliki banyak pengalaman, sebagai fresh graduate setidaknya kamu harus menguasai beberapa skill agar HRD perusahaan melirikmu.

Baca Juga: Tips Membuat CV Menarik, Auto Dilirik!

Lalu, apa saja skill yang wajib kamu punya? Yuk, simak penjelasan yang sudah Edufund rangkum untukmu!

1. Fresh Graduate Harus Bisa Manajemen Waktu

Skill wajib untuk fresh graduate yang pertama adalah manajemen waktu. Hal ini menjadi bagian penting untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan, sebab dalam bekerja, kamu harus menyelesaikan pekerjaan dengan baik, sesuai dengan deadline yang ada.

Pihak perusahaan juga dapat melihat sejak awal kamu mengikuti proses wawancara. Kalau kamu terlambat menghadiri jadwal wawancara yang sudah ada, maka HRD perusahaan bisa beranggapan bahwa kamu kurang cermat dalam mengatur dan mengolah waktu.

Tidak hanya saat proses wawancara, apabila kamu sudah berhasil bekerja oleh perusahaan, skill manajemen waktu ini penting untuk dijalankan karena perusahaan akan melihat apakah kamu termasuk orang yang cermat mengatur prioritas, disiplin dengan waktu, cepat dan tepat dalam menyelesaikan pekerjaa, atau tidak sama sekali.

2. Problem Solving

Saat bekerja, tentu akan ada permasalahan yang kamu temui, entah itu dari klien, atasan, atau bahkan rekan kerja. Maka dari itu, skill wajib untuk fresh graduate seperti problem solving ini sangat penting untuk mengatasi hal-hal tersebut. Kamu harus bisa menyelesaikan masalah, tanpa memunculkan masalah baru yang menambah masalah sebelumnya.

Jika kamu memiliki skill ini, maka tentu saja hal ini akan menambah nilai bagi HRD perusahaan yang sedang mencari fresh graduate sebagai karyawan baru. Selain itu, dengan memiliki skill ini, pihak perusahaan bisa melihat sikap profesional dan karaktermu yang mumpuni.

3. Inovatif dan Kreatif

Inovatif dan kreatif merupakan skill wajib untuk fresh graduate yang dapat memberikan keunggulan bagi para pencari kerja. Pasalnya, tentu saja perusahaan menginginkan karyawannya adalah orang-orang yang inovatif dan kreatif.

Maka dari itu, sebelum tiba hari wawancara, kamu bisa mulai mempelajari profil dan produk perusahaan. Nantinya kamu bisa mendapatkan ide-ide kreatif ketika wawancara, dengan harapan ide tersebut bisa bermanfaat, memberikan diri kamu nilai plus, dan CV kamu pun akan menjadi bahan pertimbangan oleh HRD.

Baca Juga: Prospek Kerja Data Science 2022, Masih Menjanjikankah?

4. Komunikasi Penting Bagi Fresh Graduate

Menilik seluruh skill wajib bagi fresh graduate untuk menarik hati HRD dan perusahaan, skill yang satu ini adalah yang terpenting. Pasalnya, skill komunikasi yang baik bisa memberikan keunggulan bagi para fresh graduate di dunia kerja, terutama jika nantinya kamu berada dalam sebuah tim tertentu untuk menyelesaikan sebuah perkerjaan.

Banyak perusahaan yang mencari kandidat yang pandai dalam berkomunikasi, baik secara verbal maupun non-verbal. Menariknya, keterampilan komunikasi ini dapat kamu pelajari secara autodidak sehingga kamu bisa mempersiapkan diri dari sekarang.

Untungnya lagi, sebagian besar dari kamu mungkin sudah memperdalam keterampilan komunikasi saat kuliah, ketika mengikuti beragam organisasi di dalamnya, benar? Jika ya, maka kamu sudah punya salah satu skill wajib agar HRD perusahaan bisa melirikmu.

5. Kerja Sama Tim Erat dengan Fresh Graduate

Tak hanya skill komunikasi saja, kamu juga wajib untuk menguasai kemampuan kerja sama tim yang baik. Sebab, membangun hubungan kerja yang positif dalam kerja sama tim dapat membantu seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan bisnis, lho.

Perusahaan juga biasanya akan mencari kandidat karyawan yang bisa bekerja fleksibel. Baik bekerja secara tim, maupun sendiri. Tanpa memiliki skill wajib untuk fresh graduate seperti kerja sama tim yang baik, maka akan sangat sulit untuk kamu mengikuti arus di dunia kerja.

Maka dari itu, pastikan kamu mempunyai teamwork skill atau kerja sama tim yang mumpuni agar dapat bersaing dengan fresh graduate lainnya. Agar dapat bekerja dalam tim, usahakan agar kamu tidak menuruti kemauan sendiri alias egois, ya.

6. Public Speaking

Apakah kamu sudah merasa tenang dan nyaman saat sedang berbicara di depan banyak orang? Jika tidak, ada baiknya kamu mengasah kemampuan tersebut terlebih dahulu sebelum melamar pekerjaan.

Pasalnya, skill public speaking yang baik akan sangat penting bagi mereka yang baru pertama kali melamar pekerjaan. Mengapa demikian? Pasalnya, saat sudah bekerja di perusahaan, kamu harus berani berbicara di depan banyak orang, seperti saat meeting, berhubungan atau berkomunikasi dengan klien, atau bahkan saat menyelesaikan masalah di dalam team-mu.

Oleh karena itu, skill wajib untuk fresh graduate seperti public speaking ini akan sangat penting untuk dimiliki. Butuh kepercayaan diri yang tinggi agar bisa berbicara di depan umum, sehingga kamu tidak boleh mengabaikan hal tersebut, dan wajib mengasahnya dengan baik terlebih dahulu.

7. Analisis

Skill wajib untuk fresh graduate terakhir yang Edufund sudah rangkum untukmu adalah kemampuan analisis yang baik. Kemampuan analisis bisa membantu kamu sebagai fresh graduate untuk memaksimalkan pekerjaan dengan beragam informasi penting.

Tidak hanya itu saja, skill wajib untuk fresh graduate ini juga mampu membantu untuk menganalisis trend yang sedang terjadi saat ini. Dengan kemampuan analisis yang mumpuni, tentunya membuat kamu ikut andil dalam membantu perusahaan ke arah yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Manfaat Kegiatan Magang untuk Mahasiswa

Nah, itulah 7 skill wajib untuk fresh graduate agar HRD melirik CV milikmu. Sekarang kamu sudah tahu apa saja skill penting yang fresh graduate harus punya, ‘kan?

Selain itu, kami juga akan memberikan referensi pilihan pinjaman dana pendidikan, yaitu EduCourse dari Edufund, biar kamu jadi lebih mudah meraih impian di bangku pendidikan informalmu.

banner fresh graduate
Banner Edufund

Apabila kamu ingin menambah skill dari kursus di luar pendidikan formal untuk menunjang kariermu, maka hal tersebut bukan menjadi sebuah mimpi lagi, sebab kini ada EduCourse yang menawarkan solusi pembiayaan uang kursus dengan metode cicilan ringan hingga 12 bulan, yang dapat kamu gunakan di seluruh wilayah, dari Sabang sampai Merauke.

EduCourse dan Edufund memang pilihan tepat bagi kamu yang menginginkan solusi dana pendidikan formal dan informalmu. Kamu jadi makin semangat mengasah skill karena ada EduCourse, ‘kan? Makanya, jangan sampai ketinggalan update dari Edufund, dan ajukan pendanaan pendidikanmu, sekarang!

Artikel Terkait

4 Manfaat Pendapatan Nasional, Kenali Komponennya

4 Manfaat Pendapatan Nasional, Kenali Komponennya

Hey guys, balik lagi sama blog ekonomi favorit kalian! Artikel kali ini kita akan membahas tentang (manfaat) pendapatan nasional. Pernah denger istilah ini sebelumnya? Pendapatan Nasional itu gampangnya adalah total

Rumus Percepatan dalam Fisika, Pengertian, dan Contoh Soal

Rumus Percepatan dalam Fisika, Pengertian, dan Contoh Soal

Dalam fisika, percepatan didefinisikan sebagai perubahan kecepatan dalam satuan waktu tertentu. Percepatan merupakan besaran vektor, sehingga memiliki besar dan arah. Sebelum kita bahas rumus percepatan, ketahui terlebih dahulu lebih detil

Rumus GLBB dalam Fisika dengan Contoh Soal dan Pembahasan

Rumus GLBB dalam Fisika dengan Contoh Soal dan Pembahasan

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus yang percepatannya konstan. Artinya, kecepatan benda berubah secara beraturan dari waktu ke waktu. Lantas, bagaimana rumus GLBB? Gerak

18 Contoh Teks Eksposisi Singkat beserta Strukturnya

18 Contoh Teks Eksposisi Singkat beserta Strukturnya

Teks eksposisi adalah salah satu jenis teks yang bertujuan untuk menjelaskan atau memaparkan suatu topik tertentu secara objektif. Teks ini biasanya digunakan dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, jurnalistik, dan sains.