Pembayaran

FAQ

Pembayaran

Saat ini, Edufund hanya menerima pembayaran melalui Virtual Account BNI. Cara membayar cicilan dapat dilihat di Cara Pembayaran. Harap menyimpan bukti pembayaran setelah melakukan transaksi. Jika kamu telah melakukan pembayaran, namun status pembayaran belum terbarukan, silakan hubungi Customer Service dengan melampirkan bukti transaksi.

Tanggal pembayaran cicilan sesuai pada surat perjanjian pinjaman.

Jika ingin melakukan pelunasan awal, kamu tidak akan dikenakan penalti. Namun, total nominal bunga dan pinjaman akan tetap sama.

Kami akan mengenakan denda keterlambatan sebesar 0,2% dari total tagihan atau minimal Rp5.000 per harinya.

Keterlambatan dalam pembayaran dapat berimbas pada penurunan kredit skor kamu. 

Kami mengerti bahwa ada beberapa keadaan di mana kamu tidak sempat membayarkan cicilan atau mengalami hal darurat yang menjadi kendala untuk membayar cicilan secara tepat waktu. Dalam keadaan tersebut, silakan hubungi tim Customer Support sebelumnya agar mendapatkan solusi bersama.

Jika kamu tidak mengkomunikasikan hal tersebut, maka tim Edufund akan mencoba menghubungi orang-orang terdekatmu, termasuk kontak darurat.

Mohon diingat, bahwa saat menggunakan fasilitas Edufund, kamu telah secara legal berkewajiban untuk melakukan pembayaran cicilan yang telah ditentukan. Tim Edufund juga berhak untuk membawa kasus kelalaian pembayaran cicilan tersebut ke ranah hukum, meskipun kami tidak berharap untuk melakukannya.

Pembayaran uang muka dan cicilan pertama merupakan pembayaran yang berbeda dan terpisah.

Pembayaran uang muka dilakukan setelah kamu mendapatkan persetujuan pinjaman. Sedangkan, cicilan pertama dilakukan pada bulan berikutnya setelah pencairan dana.

Cara pembayaran uang muka dan cicilan dapat diakses dengan login melalui laman Cara Pembayaran.

Kamu dapat membayar pelunasan tagihan lebih awal dengan memilih bulan/ tagihan yang paling akhir di halaman Tagihan. Tagihan di bulan sebelumnya akan diikutsertakan secara otomatis dalam pembayaran pelunasan tagihan.

Kami akan mengirimkan email konfirmasi penerimaan pembayaran ketika kami telah mensinkronisasikan pembayaran tersebut ke sistem Edufund.

Pembayaran uang muka dilakukan saat pengajuan pinjaman telah disetujui oleh tim Edufund. Kamu juga harus melakukan tanda tangan perjanjian pinjaman yang telah disetujui.

Ada beberapa penyebab pembayaran gagal diproses. Ketahui 4 penyebabnya di bawah ini:

    1. Salah memasukkan nominal. Pastikan nominal yang kamu ketik tepat hingga angka terakhir. Jangan ada pembulatan.
    2. Saat ini, Edufund hanya menerima pembayaran melalui VA Bank BNI. Jika kamu membayar menggunakan bank selain BNI, pastikan pilih menu Transfer Antar Bank, pilih bank BNI. Kemudian, ketik nomor VA kamu pada kolom Nomor Rekening Tujuan tanpa perlu memasukkan kode bank.
    3. Sesaat akan melakukan transaksi, pilih layanan transfer Realtime Online, jangan BI-FAST.
    4. Jika pembayaran cicilan melalui Virtual Account masih mengalami kegagalan, maka silakan menghubungi Customer Support.

Apabila tanggal jatuh tempo pembayaran cicilan di hari libur nasional atau hari Sabtu dan Minggu, maka kamu harus tetap melakukan pembayaran pada hari tersebut. Perlu diketahui, tanggal jatuh tempo di Edufund, yaitu tanggal 5 atau 25 tiap bulannya.

Biaya administrasi akan langsung dikenakan pada saat pencairan dana. Seberapa besar biaya tersebut tergantung dari masing-masing produk pinjaman yang dipilih.

Jika tagihan dan denda sudah lunas, kamu hanya perlu menunggu surat pelunasan yang akan dikirimkan melalui email pada jam dan hari kerja.

Tidak bisa, saat ini Edufund hanya menerima pembayaran menggunakan Virtual Account (Realtime Online bukan BI-FAST).