5 Pilihan Terbaik Kursus Bahasa Inggris Online

Jago Belajar Bahasa Inggris

Bingung mencari tempat kursus Bahasa Inggris online? Fasih berbahasa Inggris merupakan impian banyak orang termasuk kamu. Bukan hanya karena Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, melainkan menguasai Bahasa Inggris pun akan sangat berguna untuk mendapatkan pekerjaan di era seperti ini.

Baca Juga: Soft Skill: Pengertian, Contoh, dan Cara Mengembangkannya

Namun, seringkali kita merasa kesulitan jika belajar hanya melalui buku saja dan hal pertama yang akan muncul di pikiran adalah mengikuti kursus. Sayangnya, mengikuti kursus pastilah akan memakan waktu, biaya dan tenaga ekstra. Bahkan, sebagian orang masih merasa kesulitan, meski sudah kursus Bahasa Inggris sekian lama.

Kunci sukses agar mahir berbahasa Inggris sebenarnya adalah sering menghafal kosakata baru dan perbanyak latihan. Nah, kamu tidak perlu khawatir karena di era serba canggih ini, kursus Bahasa Inggris online bisa kamu jadikan pilihan untuk meningkatkan kemampuan kamu tanpa perlu pergi ke lokasi kursus maupun mengeluarkan biaya lebih.

Berikut rekomendasi 5 situs belajar Bahasa Inggris gratis buat kamu, biar kamu makin jago!

1. Kursus Bahasa Inggris Online di Duolingo

kursus bahasa inggris online: duolingo
Foto dari id.duolingo.com

Duolingo lebih terkenal sebagai aplikasi belajar Bahasa Inggris yang menghadirkan ragam permainan menarik yang interaktif untuk memudahkan proses belajar. Duolinggo bisa kamu akses melalui aplikasi yang bisa kamu download di Play Store maupun App Store. Namun, bagi kamu yang enggak mau memenuhi kapasitas hp, maka kamu bisa membukanya via website di duolingo.com.

Melalui situs Duolingo, kamu bisa belajar Bahasa Inggris secara gratis, cepat, dan tentu saja menyenangkan. Menariknya, Duolingo menerapkan sistem tingkat pembelajaran sesuai kemampuan Bahasa Inggris setiap pengguna, dari basic, intermediate, hingga high level, loh. Jadi, kamu dapat berlatih kosakata Bahasa Inggris baru setiap hari sesuai dengan level kemampuanmu secara bertahap.

Situs Duolingo ini memiliki cakupan yang luas dalam memudahkan kamu belajar Bahasa Inggris di berbagai aspek seperti listening, reading, writing hingga speaking secara gratis, dan mengajarkan belajar Bahasa Inggris dengan cara yang fun. Selain Bahasa Inggris, kamu juga bisa belajar bahasa asing lain, seperti Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Portugis, Belanda, Swedia, dan banyak lagi.

2. FutureLearn, Kursus Bahasa Inggris Online

future learn
Foto dari BitDegree

FutureLearn menjadi salah satu website belajar Bahasa Inggris gratis dengan mengedepankan banyak topik, seperti budaya dan perbedaan bahasa. Situs FutureLearn membebaskan kamu dalam memilih topik, hanya dengan menentukan tanggal memulai program belajar.

Keunggulan belajar Bahasa Inggris online di situs futurelearn.com adalah berkesempatan belajar dan berdiskusi dengan pengguna lain tentang materi yang sedang berjalan. Selain itu, instruksi yang ada sangat jelas dan detail sehingga sangat membantu kamu yang masih belum memahami seluk-beluk Berbahasa Inggris.

Website ini juga sangat fleksibel dan menyesuaikan dengan waktu kamu (terbuka kelas selama 6-10 pekan atau hanya 2-3 pekan saja). Hal ini bisa membuat kamu nyaman dalam belajar, apalagi bagi kamu yang sibuk dengan rutinitas.

Baca Juga: Rekomendasi Film Tentang Kuliah, Must Watch!

3. Grammarly.com

grammarly
Foto dari Grammarly

Grammarly adalah sebuah aplikasi yang dapat memeriksa penulisan dalam suatu artikel atau makalah. Grammarly sangat cocok buat kamu yang ingin memantapkan tata bahasa atau grammar Bahasa Inggris dan melatih teknik penulisan berbahasa Inggris dengan baik dan benar.

Pengguna Grammarly umumnya adalah orang-orang yang berencana mengikuti ujian standarisasi bahasa seperti TOEFEL dan IELTS. Dengan Grammarly, maka kamu akan lebih mudah untuk menulis esai dan menggunakan bahasa inggris secara baik dan terstruktur tata bahasanya.

Jika kamu menggunakan Grammarly, kamu akan mendapat bimbingan dan koreksi atas artikel maupun esai yang telah kamu tulis. Jadi, kamu tidak akan mengulangi kesalahan lagi dalam penulisan berikutnya. Menarik, bukan?

4. Cambridge English Online

Cmabridge University adalah pendiri situs ini. Kamu akan mendapati beragam materi secara gratis, untuk siapapun itu. Pada situs ini, ada begitu banyak materi bahasa Inggris tersedia secara lengkap, mulai dari materi reading, writing, speaking, dan listening.

Serunya belajar Bahasa Inggris melalui situs ini yaitu karena semua materi memiliki grade yang bisa kamu cocokan dengan level skill Bahasa Inggris. Kamu juga bisa menguji kemampuan Bahasa Inggris dengan mengikuti berbagai macam tes yang ada di cambridgeenglish.org.

5. British Council

British Council
British Council

Dari semua kursus belajar Bahasa Inggris online, British Council termasuk yang sangat populer di seluruh dunia. Sebuah organisasi yang bergerak dalam kampanye budaya Inggris membuat situs ini. Situs ini tersebut merupakan ekstensi dari kampanye yang sebelumnya telah bergerak secara offline.

Sebagai salah satu organisasi terkemuka di dunia, tak heran jika website yang untuk belajar Bahasa Inggris online gratis tersebut mendapat sokongan secara khusus oleh Ratu Elizabeth. Ada beragam materi Bahasa Inggris yang tersedia dan bisa kamu unduh secara cuma-cuma tanpa biaya tambahan. Bukan hanya gratis, belajar Bahasa Inggris di situs britishcouncil.org ini menerapkan sistem belajar menyenangkan dan profesional.

Semua materi kursus di situs ini telah tersedia dalam bentuk audio, teks, video, dan lebih dari 2.000 latihan interaktif. Setiap pengguna pun bisa berinteraksi dengan pengguna lain untuk sama-sama belajar dan saling mengoreksi.

Selain itu, kamu juga bisa belajar speaking Bahasa Inggris online pada website tersebut, yang tidak perlu kamu ragukan lagi kredibilitasnya. Kamu bisa mengunduh berbagai materi mulai dari grammar, speaking, hingga listening-nya.

Baca Juga: Mengejar Karir yang Lebih Baik: Capai Tujuan Magang yang Efektif

kursus bahasa inggris online

Itulah rekomendasi situs belajar Bahasa Inggris online yang bisa kamu manfaatkan belajar Bahasa inggris autodidak secara online dan gratis. Kamu bakal lancar dalam Berbahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan tanpa harus bayar biaya kursus yang terbilang mahal. Namun, jika kamu tertarik juga untuk mengikuti kursus yang berbayar, Edufund siap sedia memberikan pinjaman dana pendidikan untuk kamu. Caranya tinggal klik di sini!

Artikel Terkait

Rumus Percepatan dalam Fisika, Pengertian, dan Contoh Soal

Rumus Percepatan dalam Fisika, Pengertian, dan Contoh Soal

Dalam fisika, percepatan didefinisikan sebagai perubahan kecepatan dalam satuan waktu tertentu. Percepatan merupakan besaran vektor, sehingga memiliki besar dan arah. Sebelum kita bahas rumus percepatan, ketahui terlebih dahulu lebih detil

Rumus GLBB dalam Fisika dengan Contoh Soal dan Pembahasan

Rumus GLBB dalam Fisika dengan Contoh Soal dan Pembahasan

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus yang percepatannya konstan. Artinya, kecepatan benda berubah secara beraturan dari waktu ke waktu. Lantas, bagaimana rumus GLBB? Gerak

18 Contoh Teks Eksposisi Singkat beserta Strukturnya

18 Contoh Teks Eksposisi Singkat beserta Strukturnya

Teks eksposisi adalah salah satu jenis teks yang bertujuan untuk menjelaskan atau memaparkan suatu topik tertentu secara objektif. Teks ini biasanya digunakan dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, jurnalistik, dan sains.

1 Liter Berapa KG? Ini Cara Menghitungnya

1 Liter Berapa KG? Ini Cara Menghitungnya

Kali ini kita akan membahas tentang satuan liter dan kilogram. Dua satuan ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk mengukur volume dan berat suatu benda. Jadi, pertanyaan besar utamanya