Soft Skill: Pengertian, Contoh, dan Cara Mengembangkannya

Soft Skill yang Harus Kamu Punya

Soft skill adalah kecerdasan emosional, artinya merujuk pada kemampuan untuk berinteraksi secara nyaman dengan orang lain. Soft skill sendiri memiliki arti sebagai atribut pribadi yang dapat memengaruhi hubungan, komunikasi, dan interaksi dengan orang lain.

Baca Juga: Rekomendasi Website Belajar Bahasa Inggris Terbaik

Pada era seperti ini, nilai akademik dan hard skill saja tidak cukup. Soft skill menjadi salah satu hal penting yang harus kamu kembangkan dalam kehidupan maupun dunia kerja. Jika tidak kamu akan kalah saing atau tertinggal dengan orang lain, memangnya kamu mau? Tentunya tidak, bukan?

Setelah mengetahui pengertian dari soft skill itu sendiri dan pentingnya mengembangkan soft skill, berikut ini adalah 8 soft skills yang harus kamu punya di dalam kehidupan.

1. Komunikasi yang Baik

Soft skill adalah: Two Women Holding Pen
Photo by Tirachard Kumtanom

Bagi sebagian orang, mungkin soft skill yang satu ini terlihat mudah namun ternyata masih banyak orang yang kesulitan dalam berkomunikasi ketika menyampaikan pendapat ataupun pertanyaan saat berdiskusi. Padahal, komunikasi sangat penting kamu miliki, baik untuk kehidupan bermasyarakat sehari-hari dan dunia kerja.

Saat bekerja maupun di dunia pendidikan, kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, seperti kemampuan menyampaikan maksud dengan tepat dan akurat baik secara lisan maupun tulisan, presentasi, hingga kemampuan mendengarkan orang lain.

Tanpa skill komunikasi yang baik, kita akan kesulitan membangun networking dan berkembang di tempat kerja, khususnya bila kamu ingin bekerja di bidang pekerjaan yang membutuhkan komunikasi aktif. 

Cara mendapatkan soft skill ini dapat kamu mulai dari menjadi pendengar yang baik. Ketika seseorang mendengarkan orang lain bicara, biasanya akan fokus pada apa perkataan selanjutnya, bukan pada apa ucapannya saat itu.

Lewat belajar untuk mulai mendengarkan dengan baik, maka kamu juga akan dapat belajar berbicara dengan baik, ketidak dua-duanya telah kamu kuasai barulah kamu akan dapat menjadi komunikator yang baik.

Cara lain untuk mengembangkan soft skill ini adalah dengan cara merekam percakapan yang kamu lakukan. Setiap kamu mendengarkannya kamu akan tahu apa yang kurang dari kemampuan berkomunikasi yang kamu miliki.

2. Leadership

Tidak semua orang suka untuk menjadi seorang pemimpin, tapi sangat penting mempunyai jiwa pemimpin kalau kamu memiiki keinginan untuk mengejar karir kamu. Kemampuan memimpin ini meliputi kemampuan beroganisasi, problem solving, serta team management.

Tak hanya sikap bertanggung jawab, pantang menyerah, dan berpikir positif. Kemampuan memimpin pun termasuk menganalisa dan mengidentifikasi sebuah masalah serta mencari penyelesaiannya dengan nalar yang logis, entah oleh diri sendiri maupun mendelegasikan tugas tersebut ke orang lain secara efisien.

Bagaimana cara melatih soft skill kepemimpinan? Hal yang harus kamu lakukan adalah menjadi berani terlebih dulu. Kamu harus siap untuk menjadi pemimpin kapan pun kesempatan itu datang padamu. Jika mempunyai kesempatan untuk memimpin sebuah project, terimalah tantangan tersebut. Bahkan, akan lebih baik jika kamu dapat merekomendasikan diri kamu sendiri.

3. Kreatif

Secara etimologis, kata “kreatif” berasal dari bahasa Inggris yaitu “create” yang artinya membuat atau menciptakan. Sehingga arti kreatif adalah kemampuan dalam menciptakan suatu ide dan konsep dalam memecahkan suatu masalah.

Kreatif erat kaitannya dengan memunculkan ide-ide baru dan pengaplikasiannya. Kreativitas sangat bermanfaat dalam semua peran dalam suatu organisasi baik dari sumber daya manusia hingga rekayasa perangkat lunak dan layanan pelanggan.

Orang-orang yang kreatif dapat mengembangkan ide baru dan menerapkan solusi baru untuk mengatasi masalah yang ada dan ini memungkinkan menjadi peluang untuk kamu berinovasi dan usaha bertumbuh.

4. Public Speaking

Soft skill adalah: Women Sitting on Chairs Inside a Room
Photo by Dani Hart

Memiliki kemampuan public speaking akan menentukan kesuksesan karir seseorang. Oleh karena itu, idealnya kemampuan public speaking tersebut kamu kuasai dengan benar. Pengertian dari public speaking itu sendiri adalah suatu kemampuan berkomunikasi efektif di depan banyak audience atau di depan umum.

Suatu komunikasi itu bisa disebut efektif jika mampu memberikan penjelasan, pengertian, dan pemahaman serta mampu mempengaruhi pihak pendengar sesuai tujuan.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan jika kamu mengasah kemampuan ini sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kepercayaan diri
  2. Meningkatkan kemampuan berbahasa
  3. Lebih komunikatif
  4. Meningkatkan kemampuan berekspresi
  5. Sukses dalam karir dan pergaulan sosial

Satu-satunya cara untuk dapat menguasainya adalah kamu harus melakukannya sesering mungkin. Akhirnya, kamu akan terbiasa melakukannya. Jadi, latih kemampuan ini dengan praktek langsung ataupun bisa kamu lakukan dengan coba berbicara dengan cermin seakan-akan kamu sedang berbicara di depan umum. Cermin yang kamu gunakan juga bisa diganti dengan saudara atau kerabat kamu untuk membantu kamu dalam berlatih.

Baca Juga: 3 Tips buat Kamu yang Homesick saat Merantau

5. Networking

Memiliki networking yang luas sangat penting dalam membangun sebuah karier. Semakin luas networking yang kamu bangun, maka semakin banyak pula kesempatan dan peluang untukmu.

Selain itu, networking kamu juga dapat menjadi cara terbaik untuk berbagi ide dan pengetahuan. Entah sekadar mencari umpan balik atau mendiskusikan sudut pandang yang berbeda. Masalah dan kesulitan yang kamu hadapi juga akan menjadi lebih mudah dengan adanya networking.

Memperluas networking bukanlah hal yang sulit. Kamu bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Yang lebih utama lagi adalah jangan pernah melewatkan sebuah acara yang memungkinkan kamu untuk dapat memperluas networking.

6. Manajemen Waktu

Clear Glass with Red Sand Grainer
Photo by Pixabay

Tidak seperti generasi sebelumnya yang identik dengan pekerjaan 9 to 5, belakangan ini banyak kantor dengan jam kerja yang lebih fleksibel dan bisa dikerjakan di mana saja asalkan pekerjaanmu selesai tepat waktu. Namun, bagaimanapun sistemnya, kemampuan manajemen waktu mutlak harus kamu miliki agar sukses di karier.

Sebagai pekerja ataupun pelajar sangat penting memiliki soft skill manajemen waktu. Dalam dunia kerja, menjadi tepat waktu adalah hal yang sangat penting.

Datang terlambat atau menyelesaikan tugas lewat dari deadline adalah contoh bahwa kamu tidak memiliki manajemen waktu yang baik. Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang kurang disiplin dan tidak profesional.

Meskipun kamu bukan orang yang suka menjadwalkan segala hal, tapi sebuah timeline dan jadwal kerja harian selalu penting untuk dipertimbangkan demi menguasai skill yang satu ini. Kemampuan manajemen waktu termasuk mampu menentukan prioritas kerja sehingga tak ada tugas yang tertunda atau tertinggal dari deadline yang sudah disepakati bersama.

7. Percaya Diri

Salah satu soft skill paling penting untuk mencari kerja atau membangun bisnis adalah self confidence atau percaya diri. Menurut Dr. Ivan Joseph, seorang Sport Psychologist asal Amerika Serikat mengatakan bahwa Self confidence adalah sesuatu yang bisa dilatih, maka dari itu disebut  sebagai skill.

Kepercayaan diri penting untuk kesehatan dan kesejahteraan psikologis kamu, memiliki soft skill ini dapat membawa banyak manfaat di rumah, di tempat kerja, dan dalam hubungan kamu. Berikut ini adalah efek positif dari rasa percaya diri dalam hidup kamu.

  1. Performa yang baik
  2. Memiliki hubungan yang sehat
  3. Terbuka untuk coba hal baru
  4. Menjadi pribadi yang tangguh

Untungnya, ada hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri, seperti tidak membandingkan diri kamu dengan orang lain, berkumpul bersama dengan orang-orang yang membawa suasana positif, dan masih banyak lagi.

8. Mudah Beradaptasi

Setiap hari kita akan selalu menemukan hal baru seperti tempat baru, orang baru, lingkungan baru dan masih banyak lagi. Kita tahu bahwa, dunia kerja sangat jauh berbeda dengan dunia perkuliahan. Namun, untuk bisa bertahan dengan hal itu, tentu kamu harus memiliki soft skill  kemampuan adaptasi yang baik. 

Setiap pekerjaan mungkin terasa berat dilakukan pada awalnya, apalagi jika belum terbiasa dan banyak hal harus kamu pelajari. Dengan skill beradaptasi yang baik, kamu akan melewati masa sulit tersebut. Soft skill yang satu ini akan membantu kamu melewati segala dimanika di dunia kerja maupun dunia perkuliahan.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Magang

Melatih soft skills memang tak semudah menguasai hard skills yang asalkan tekun bisa dikuasai dengan cepat. Soft skills sangat bergantung pada kepribadian setiap orang. Akan tetapi, sebetulnya kamu bisa memaksimalkan soft skill tanpa harus mengubah kepribadian dasarmu. Asah terus deretan skill di atas agar kamu bisa jadi pribadi yang unggul.

Banner blog edufund pendidikan

Perihal mengembangkan soft skill, kamu bisa mulai dengan otodidak, learning by doing, atau mengikuti kursus. Banyak sekali kursus yang tersedia, seperti Wall Street English, English First, Algoritma, dan masih banyak lagi. Beruntungnya, Edufund siap mewadahi berupa pinjaman dana, bagi kamu yang ingin mengambil kursus di mana pun itu. Caranya hanya dengan klik gambar di atas atau di sini!

Artikel Terkait

4 Manfaat Pendapatan Nasional, Kenali Komponennya

4 Manfaat Pendapatan Nasional, Kenali Komponennya

Hey guys, balik lagi sama blog ekonomi favorit kalian! Artikel kali ini kita akan membahas tentang (manfaat) pendapatan nasional. Pernah denger istilah ini sebelumnya? Pendapatan Nasional itu gampangnya adalah total

Rumus Percepatan dalam Fisika, Pengertian, dan Contoh Soal

Rumus Percepatan dalam Fisika, Pengertian, dan Contoh Soal

Dalam fisika, percepatan didefinisikan sebagai perubahan kecepatan dalam satuan waktu tertentu. Percepatan merupakan besaran vektor, sehingga memiliki besar dan arah. Sebelum kita bahas rumus percepatan, ketahui terlebih dahulu lebih detil

Rumus GLBB dalam Fisika dengan Contoh Soal dan Pembahasan

Rumus GLBB dalam Fisika dengan Contoh Soal dan Pembahasan

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus yang percepatannya konstan. Artinya, kecepatan benda berubah secara beraturan dari waktu ke waktu. Lantas, bagaimana rumus GLBB? Gerak

18 Contoh Teks Eksposisi Singkat beserta Strukturnya

18 Contoh Teks Eksposisi Singkat beserta Strukturnya

Teks eksposisi adalah salah satu jenis teks yang bertujuan untuk menjelaskan atau memaparkan suatu topik tertentu secara objektif. Teks ini biasanya digunakan dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, jurnalistik, dan sains.