Rekomendasi Film Tentang Kuliah, Must Watch!

rekomendasi film berdasarkan jurusan kuliah min

Menonton film biasanya menjadi salah satu pilihan buat nemenin kegiatan kamu di hari libur atau mengisi waktu kosong. Banyaknya genre film yang ada kadang membuat kita bingung mau nonton film apa. Daripada bingung, ini rekomendasi film yang cocok kamu tonton selain menghibur bisa menambah pengetahuan dan motivasi kamu!

Baca Juga: Jadi Mahasiswi S3 Termuda ITB, Maya Nabila Jadi Inspirasi!

1. Rekomendasi Film untuk Jurusan Kedokteran: Contagion (2011)

Rekomendasi film yang pertama datang dari Contagion merupakan film garapan sutradara Steven Soderbergh yang menggambarkan krisis global akibat pandemi virus misterius. Cerita berawal dari kematian istri dan anak Mitch Emhoff akibat penyakit misterius. Seorang ilmuwan dari Epidemic Intelligence Service bernama lantas dikirim untuk menyelidiki hal ini.

Akan tetapi, sang ilmuwan justru terjangkit penyakit serupa dan meninggal dunia. Penyebaran virus dalam film ini terbilang sangat mirip seperti COVID-19 yang saat ini kita hadapi, yakni menular melalui tetesan cairan pernapasan.

Rekomendasi film Contagion
Foto dari Amazon.com

Melalui film ini, tergambarkan perjuangan para peneliti dan tenaga kesehatan untuk melawan pandemi virus yang menyebar dalam waktu singkat. Film ini cocok kamu tonton jika sedang menggeluti pendidikan dokter atau tertarik menjadi bagian dari tenaga kesehatan di masa depan.

Kamu bisa belajar bagaimana cara tenaga medis mengatasi situasi-situasi tak terduga dalam bidang kesehatan. Serta, kamu juga bisa mendapat motivasi untuk memperluas wawasan dan menjadi tenaga kesehatan yang berdampak buat orang-orang di sekitar.

2. Rekomendasi Film untuk Jurusan Pariwisata: Somebody Feed Phil (2018)

Rekomendasi film selanjutnya ini menujukkan seorang pria bernama Phill yang melakukan perjalanan keliling dunia untuk mencicipi makanan dan tradisi bersama dengan teman-teman dan rasa humor. Philip (Phil) Rosenthal berjalan keliling dunia melakukan perjalanan ke tempat yang berbeda, seperti Bangkok, Tel Aviv dan New Orleans.

Ia pun mencoba makanan yang menakjubkan dan bertemu dengan orang-orang yang ramah. Ia juga melakukan perjalanan untuk mempelajari sejarah makanan dan tempat ia wisata semua saat menjadi orang yang menyenangkan dan eksentrik dia.

Rekomendasi film Somebody Feed Phil
Foto dari Netflix

Meskipun #DiRumahAja, kamu tetep bisa jalan-jalan virtual bareng Uncle Phil lewat film series ini. Series Somebody Feed Phil ini akan bawa kamu keliling dunia, nyicipin segala jenis menu, sampai ngobrol dengan masyarakat dari berbagai negara. Pembawaan yang ramah dan kocak bikin kamu tersenyum setiap nontonnya, seru banget pokoknya!

3. Jurusan Manajemen/Bisnis: The Billionaire (2011)

Film The Billionaire berdasarkan kisah nyata pengusaha muda, Top Itthipat, yang sukses jadi miliarder berkat produk camilan rumput lautnya, Tao Kae Noi. Rekomendasi film yang satu ini menceritakan seorang remaja 16 tahun yang gemar bermain game online. Meski begitu, bakat berbisnisnya sudah terlihat sejak Ia masih remaja.

Rekomendasi film dari The Billionaire
Foto dari IMDb

Suatu hari ia sukses menjual chip langka sehingga berhasil meraup keuntungan besar di usia muda. Sayangnya, akun yang ia gunakan untuk bisnis game online terkena banned karena terdapat dugaan penyalahgunaan. Ia pun mencoba mencari alternatif bisnis lain hingga memutuskan keluar dari kampus agar bisa fokus menjalankan bisnisnya.

Bisnis pertama yang ia lakoni pasca berhenti dari game online adalah stand penjualan kacang yang cukup ramai di kalangan konsumen. Sayangnya, tak lama berselang, keluarga Top terlilit hutang dan pindah ke luar Thailand. Top yang masih tinggal di Thailand lantas bertekad menyukseskan bisnisnya sehingga dapat melunasi untang kedua orang tuanya.

Film ini cocok kamu tonton jika sedang menempuh jurusan bisnis, terutama yang bercita-cita menjadi wirausahawan. Semangat, kreativitas, dan kegigihan top bisa menjadi referensi apik buat kamu untuk meraih kesuksesan selepas berkuliah.

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik di 2022!

4. Jurusan Matematika: The Imitation Game (2014)

Rekomendasi film yang tak kalah menarik ini diangkat dari kisah nyata ini menceritakan kisah hidup seorang ahli Matematika (Alan Turing) dalam memecahkan kode dari mesin pesan Enigma milik Jerman, yang merupakan musuh Inggris saat Perang Dunia ke II.

Poster The Imitation
Foto dari IMDb

Alan saat itu berhasil menaklukan mesin pembawa pesan rahasia milik Jerman bernama Enigma. Berkat itu, perang selesai lebih cepat dan jutaan nyawa terselamatkan. Sayangnya, peran Alan Turing dirahasiakan oleh pemerintah karena menyangkut rahasia negara. Dalam film ini, Benedict Cumberbatch membawakan peran Alan Turing yang terkesan sombong dan nyebelin dengan sangat baik.

5. Jurusan Ilmu Komunikasi: The Post (2017)

The Post menjadi rekomendasi film yang sangat ingin ditonton oleh para mahasiswa Ilmu Komunikasi, khususnya yang mengambil spesifikasi Jurnalistik. Film ini menceritakan soal dilema para wartawan surat kabar The Washington Post dalam mempublikasikan dokumen Pentagon Papers milik pemerintah Amerika Serikat pada 1971.

Dokumen tersebut berisi fakta terkait perang Amerika Serikat dengan Vietnam. Sebelumnya, pemerintah Amerika menyatakan bahwa ada harapan untuk mengakhiri perang tersebut. Namun, dari dokumen tersebut, diketahui bahwa pernyataan pemerintah AS ternyata hanyalah kebohongan.

Poster The Post
Foto dari Amazon.com

Menurut pengelola The Washington Post enggan mempublikasikan dokumen tersebut demi menjaga koneksinya dengan politisi serta memastikan stabilitas perusahaan. Di sisi lain, idealisme sebagai wartawan mendorong pengelola untuk menyampaikan kebenaran penting bagi publik.

Melalui film ini, kamu yang mengambil ketertarikan pada Jurnalistik akan paham hal-hal apa yang harus diutamakan ketika ingin mempublikasikan berita. Selain itu, cara kerja Tim Washington Post juga bisa memberi gambaran situasi kerja yang umumnya dihadapi oleh wartawan. Keren, ya.

Baca Juga: 5 Tempat Nongkrong Outdoor yang Instagramable di Jakarta

Nah, itulah rekomendasi film buat kamu tonton sambil belajar sesuai dengan jurusan! Kamu tertarik nonton yang mana? Kuliah dan jurusan apa saja, asal bayar kuliah dicicil pakai Edufund, ya. Baca selengkapnya di sini untuk informasi lebih lanjut!

Artikel Terkait

4 Manfaat Pendapatan Nasional, Kenali Komponennya

4 Manfaat Pendapatan Nasional, Kenali Komponennya

Hey guys, balik lagi sama blog ekonomi favorit kalian! Artikel kali ini kita akan membahas tentang (manfaat) pendapatan nasional. Pernah denger istilah ini sebelumnya? Pendapatan Nasional itu gampangnya adalah total

Rumus Percepatan dalam Fisika, Pengertian, dan Contoh Soal

Rumus Percepatan dalam Fisika, Pengertian, dan Contoh Soal

Dalam fisika, percepatan didefinisikan sebagai perubahan kecepatan dalam satuan waktu tertentu. Percepatan merupakan besaran vektor, sehingga memiliki besar dan arah. Sebelum kita bahas rumus percepatan, ketahui terlebih dahulu lebih detil

Rumus GLBB dalam Fisika dengan Contoh Soal dan Pembahasan

Rumus GLBB dalam Fisika dengan Contoh Soal dan Pembahasan

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus yang percepatannya konstan. Artinya, kecepatan benda berubah secara beraturan dari waktu ke waktu. Lantas, bagaimana rumus GLBB? Gerak

18 Contoh Teks Eksposisi Singkat beserta Strukturnya

18 Contoh Teks Eksposisi Singkat beserta Strukturnya

Teks eksposisi adalah salah satu jenis teks yang bertujuan untuk menjelaskan atau memaparkan suatu topik tertentu secara objektif. Teks ini biasanya digunakan dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, jurnalistik, dan sains.