Mengejar Karir yang Lebih Baik: Capai Tujuan Magang yang Efektif

manfaat kegiatan magang untuk mahasiswa min

Kuliah tidak hanya sebatas belajar di dalam ruangan kelas untuk menyerap ilmu dari dosen, atau untuk menjalin hubungan pertemanan dan mengikuti organisasi kampus. Akan tetapi, saat berkuliah, terdapat juga program magang, meskipun tidak semua perguruan tinggi menyediakan program tersebut. Lantas, tujuan magang itu sendiri sebenarnya apa, sih?

Baca Juga: 7 Skills Wajib Fresh Graduate, Biar CV Dilirik HRD

Tujuan magang itu sendiri merupakan sebuah wadah bagi para mahasiswa untuk merasakan langsung seperti apa dunia kerja. Tujuannya untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus kuliah nanti.

Program magang bisa menjadi salah satu syarat kelulusan mahasiswa karena berada di beragam institusi dan lembaga yang akan memberikan pengalaman menarik bagi peserta magang.

Masih ada beberapa orang yang belum menyadari banyaknya tujuan magang. Padahal, kegiatan tersebut memiliki peran yang penting dalam menunjang karier ke depannya. Hal ini yang terkadang terabaikan, di mana mereka rasanya ingin cepat selesai magang.

Lalu, apa tujuan magang bagi mahasiswa? Berikut ini sudah Edufund rangkum, 5 manfaat kegiatan magang untuk mahasiswa, termasuk kamu yang mungkin tengah mencari informasi lowongan magang kuliah.

1. Menambah Pengalaman Kerja adalah Tujuan Magang

tujuan magang: Photo of Woman Writing on Tablet Computer While Using Laptop
Photo by Antoni Shkraba

Kegiatan magang merupakan gerbang awal untuk masuk dan mengenal seluk beluk dunia kerja. Harapannya, mahasiswa tidak akan kaget ketika sudah lulus dan harus bekerja di berbagai industri pekerjaan. Magang biasanya hanya berlangsung dalam beberapa bulan, sekitar 3 bulan.

Namun, itu tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan mendapat kesempatan untuk menjadi karyawan tetap ketika lulus kuliah nanti.

Menurut Indeed, magang adalah salah satu cara yang tepat bagi fresh graduate untuk mencari pengalaman kerja terlebih dahulu. Mungkin kita sering menemukan lowongan pekerjaan dengan beberapa persyaratan. Salah satunya memiliki pengalaman di bidang yang relevan, oleh karena itu sangat penting untuk mengikuti magang.

Pengalaman yang akan kamu dapatkan seperti tata cara menghubungi atasan, berkomunikasi dengan rekan kerja, etika kerja sama tim, dan sebagainya. Tergantung dengan posisi pekerjaan kamu. Semuanya itu bisa kamu dapatkan dari kegiatan magang.

2. Mengembangkan Keterampilan Menjadi Tujuan Magang

tujuan magang: Man and Woman Leaning on Table Staring at White Board on Top of Table Having a Meeting
Photo by cottonbro studio

Selama mengikuti kegiatan magang, kamu akan belajar banyak hal mengenai diri kamu sendiri, termasuk keterampilan serta kelebihan dan kelemahanmu dalam mengerjakan sesuatu.

Biasanya ketika kamu magang, pasti kamu akan mendapatkan feedback dari rekan kerja atau atasan yang bekerja denganmu terkait performamu selama kamu bekerja.

Melalui kegiatan magang, kamu akan mendapat tuntutan untuk kerja cermat dalam mengatasi suatu kondisi tertentu sehingga akan menambah wawasanmu dan kamu bisa menerapkan apa yang sudah kamu pelajari selama di bangku kuliah.

Saat selesai magang, kamu akan mendapatkan berbagai macam hal yang membantumu untuk siap menghadapi dunia kerja.

Baca Juga: Tujuan Organisasi bagi Mahasiswa, Cari Tau, Yuk!

3. Memperluas dan Membangun Jaringan Profesional

Serious ethnic entrepreneur talking on smartphone while working on laptop
Photo by Anete Lusina

Jaringan dan relasi adalah hal penting dalam dunia kerja. Melalui kegiatan magang, kamu bisa bertemu orang-orang baru dan berpengalaman di dunia kerja. Jaringan baru ini bisa sangat berguna saat menapaki dunia kerja. Jalin hubungan pertemanan bersama rekan kerja dengan baik.

Nantinya, secara tidak langsung akan mendapatkan ilmu baru. Hal tersebut dapat terjadi melalui hubungan yang baik, saling cerita, dan berbagi pengalaman yang mengalir begitu saja.

Tidak jarang saat menjalani kegiatan magang, kamu akan mendapatkan tugas untuk menghubungi kantor lain atau bahkan mengikut suatu event tertentu.

Kamu bisa sekaligus membangun networking dengan maksimal. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan jaringan yang telah kamu bangun akan menjadi suatu hal yang penting di kemudian hari. Menarik, bukan?

4. Menambah Catatan di CV atau Portofolio

Person in White Long Sleeve Shirt Holding a Clipboard with Resume
Photo by cottonbro studio

Setelah magang, kamu bisa memasukkan pengalaman tersebut ke dalam CV-mu saat hendak melamar pekerjaan nanti. Pengalaman yang sudah tertera di CV maupun Portofolio, perekrut tentu akan mempertimbangkan lamaran kamu dengan baik.

Saat interview, kamu juga bisa menyebutkan apa saja yang sudah kamu kerjakan selama program magang di salah satu perusahaan, dan pencapaian yang pernah kamu dapatkan selama kamu mengikuti kegiatan magang yang ada di dalam CV-mu.

5. Penghasilan Tambahan

Rolled 20 U.s Dollar Bill
Photo by Pixabay

Magang artinya bekerja untuk suatu perusahaan meski masih berstatus sebagai mahasiswa. Artinya, bekerja, maka akan mendapatkan upah kerja. Besaran pendapatan tersebut tentu tergantung pada perusahaan tempat kamu magang.

Ada beberapa perusahaan yang menerapkan sistem upah harian, upah bulanan, bahkan ada perusahaan yang menerapkan magang tidak berbayar (unpaid internship).

Penghasilan tambahan ini hanyalah bonus dari program magang. Inti utama dari program magang adalah mempersiapkan mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja.

Maka dari itu, fokuslah dalam mengembangkan diri, sekaligus meningkatkan kemampuan yang kamu punya, selain mengharapkan penghasilan yang besar.

Baca Juga: Growth Mindset: Cara Mengembangkan Pola Pikir

banner kegiatan magang

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan magang. Kamu bisa mengikuti program tersebut terlebih dahulu sebelum benar-benar terjun ke dalam dunia kerja. Tingkat kemampuan kamu dengan mengikuti program kursus, kamu bisa menggunakan pinjaman dana pendidikan dari Edufund.

Artikel Terkait

4 Manfaat Pendapatan Nasional, Kenali Komponennya

4 Manfaat Pendapatan Nasional, Kenali Komponennya

Hey guys, balik lagi sama blog ekonomi favorit kalian! Artikel kali ini kita akan membahas tentang (manfaat) pendapatan nasional. Pernah denger istilah ini sebelumnya? Pendapatan Nasional itu gampangnya adalah total

Rumus Percepatan dalam Fisika, Pengertian, dan Contoh Soal

Rumus Percepatan dalam Fisika, Pengertian, dan Contoh Soal

Dalam fisika, percepatan didefinisikan sebagai perubahan kecepatan dalam satuan waktu tertentu. Percepatan merupakan besaran vektor, sehingga memiliki besar dan arah. Sebelum kita bahas rumus percepatan, ketahui terlebih dahulu lebih detil

Rumus GLBB dalam Fisika dengan Contoh Soal dan Pembahasan

Rumus GLBB dalam Fisika dengan Contoh Soal dan Pembahasan

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus yang percepatannya konstan. Artinya, kecepatan benda berubah secara beraturan dari waktu ke waktu. Lantas, bagaimana rumus GLBB? Gerak

18 Contoh Teks Eksposisi Singkat beserta Strukturnya

18 Contoh Teks Eksposisi Singkat beserta Strukturnya

Teks eksposisi adalah salah satu jenis teks yang bertujuan untuk menjelaskan atau memaparkan suatu topik tertentu secara objektif. Teks ini biasanya digunakan dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, jurnalistik, dan sains.