Kenapa Cewek Mandang Fisik? Emangnya Cuma Cewek?

Kenapa Cewek Mandang Fisik

Hari gini masih mikir kenapa cewek mandang fisik? Sebenarnya, pernyataan ini gak hanya berlaku ke cewek-cewek. Nyatanya, semua orang juga mandang fisik. 

Penampilan fisik menjadi segalanya di masyarakat karena tentunya kita ingin dinilai menarik oleh orang-orang di sekitar kita. Singkatnya, kita ingin berpenampilan menarik sesuai dengan standar kecantikan yang berlaku.

Selain itu, berdandan ketika keluar rumah juga membuat kita percaya diri. Terlihat rapi dan wangi memberikan kita confidence boost yang tentunya berdampak positif bagi kondisi mental.

Artikel ini akan menjawab pertanyaan kenapa cewek mandang fisik, alasan-alasannya, dan hubungan penampilan fisik dengan beauty privilege

Lalu, kenapa cewek mandang fisik?

Baca juga: 5 Tanda Keberadaan Dunia Paralel yang Mencengangkan

Kenapa Cewek Mandang Fisik?

kenapa cewek mandang fisik
Foto oleh BalashMirzabey dari Freepik

Sebelum dibahas lebih lanjut, mari kita pikirkan penyebab kita berasumsi kenapa cewek mandang fisik. Padahal, cowok juga mandang fisik.

Menurut Psychology Today, penampilan fisik menjadi obsesi bagi perempuan disebabkan oleh objektifikasi pria terhadap perempuan. Saking minimnya kuasa yang dimiliki perempuan, mereka menjadi “diwajibkan” untuk mengikuti standar kecantikan yang didasarkan pada budaya patriarki agar diterima di masyarakat.

Kini, kamu mungkin berpikir, “Kalau perempuan-perempuan ini memegang jabatan tinggi di pekerjaannya, harusnya penampilan fisik udah gak gitu penting, dong?”.

Semakin besar pemasukan, maka kebutuhan menjadi semakin bertambah. Akan ada pengeluaran untuk membeli baju branded, membeli kosmetik bermerek, atau melakukan operasi kecantikan. Tapi, ini semua tentunya opsional.

Karena hal ini, perempuan jadi berlomba-lomba untuk menjadi si paling cantik. Idealnya, kegiatan memperindah diri seharusnya tidak menjadi kompetisi. Representasi kecantikan yang tidak realistis di media membuat semuanya terlihat seperti lomba.

Lantas, kenapa cewek mandang fisik?

Baca juga: 5 Fakta Mengenai Bulan beserta 3 Mitosnya. Cari Tahu Sekarang! 

Alasan Kenapa Cewek Mandang Fisik Ketika Memilih Pasangan

kenapa cewek mandang fisik
Foto oleh Freepik

Perlu diingat kalau cowok juga mandang fisik, jadi alasan-alasan kenapa cewek mandang fisik yang tertera di bawah berlaku untuk semua orang.

1. Tekanan sosial dari keluarga dan teman

2. Pengaruh besar media sosial 

3. Kepentingan untuk mengekspresikan gaya hidup

4. Aspek biologis

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Baca juga: Feeling Lonely: Artinya, Penyebab, dan Tips Mengatasinya

Apakah Salah Kalau Mandang Fisik?

kenapa cewek mandang fisik
Foto oleh benzoix dari Freepik

Seperti yang kita tahu, ada banyak faktor selain penampilan fisik yang menjadi penilaian kita kepada seseorang. Tapi, harus diakui kalau penampilan fisik biasanya menjadi pertimbangan juga.

Menyukai orang karena penampilan fisiknya atraktif tidak lantas membuatmu jahat. Sebagai manusia, tentunya kita menilai orang dari penampilan fisiknya – bagaimana caranya berpakaian, rambutnya warna apa, bagaimana pembawaan mereka ketika berbicara.

Dari first impression terhadap penampilan fisik mereka, biasanya kita akan mempunyai asumsi-asumsi tersendiri atas kepribadian orang tersebut. Karena ini asumsi, maka belum tentu penilaian kita benar.

Jadi, gak perlu dipertanyakan kenapa cewek mandang fisik, dong? Enak, ya jadi orang cakep.

Baca juga: 12 Link Nonton Anime Sub Indo Resmi, Jangan Anoboy!

Kenalan Sama Beauty Privilege

kenapa cewek mandang fisik
Foto oleh Freepik

Nah, sekarang kita akan membahas tentang beauty privilege.

Privilege adalah hak istimewa yang diberikan kepada orang atau grup tertentu. Beauty privilege adalah sebuah hak istimewa yang dimiliki oleh orang-orang yang dianggap cantik berdasarkan standar kecantikan di masyarakat.

Manfaat dari beauty privilege ini dapat dirasakan oleh pihak-pihak yang mengalaminya. Tapi, mayoritas dari yang mendapatkan manfaatnya cenderung tidak ingin mengakuinya.

Meskipun sangat problematik, dapat diakui bahwa daya tarik seseorang menjadi parameter apakah mereka akan diterima di masyarakat atau tidak.

Tentunya, standar kecantikan setiap orang beda-beda. Namun, secara universal, sebagai konsumer media massa kita dapat melihat representasi “cantik” di media sosial adalah seseorang yang memiliki tubuh kurus, rambut lurus, hidung mancung, dan warna kulit yang cenderung terang.

Sebaliknya, orang-orang yang tidak memenuhi standar tersebut akan dicap “kurang menarik” karena masyarakat ini mandang fisik. Hal ini adalah fakta menyakitkan yang entah mengapa diterima di lingkup sosial.

Tapi, tidak selamanya beauty privilege membawa pengaruh positif bagi kelompok orang yang merasakan manfaatnya karena mereka hanya akan dinilai berdasarkan kecantikannya tanpa mempedulikan daya jual lainnya yang mereka punya.

Semua ini serba salah. Daripada menyalahkan yang merasakan beauty privilege, kita seharusnya mengkritik sistem di dunia ini yang melanggengkan pola pikir ini. Semua orang berhak untuk mendapatkan kesempatan terbaik terlepas dari penampilan fisik mereka.

Baca juga: [Quiz] Tes IQ untuk Mengetahui Seberapa Cerdas Kamu!

Ini adalah jawaban kenapa cewek mandang fisik. Kamu juga bisa jadikan artikel ini sebagai renungan tentang kondisi masyarakat kita.

kenapa cewek mandang fisik
Daftar sekarang!

Klik gambar di atas dan daftarkan dirimu kalau kamu suka dengan artikel ini. Yuk, registrasi sekarang!

Artikel Terkait

15 Daftar Rokok Paling Mahal di Indonesia dan Dunia!

15 Daftar Rokok Paling Mahal di Indonesia dan Dunia!

Rokok dapat menjadi salah satu penyebab kematian apabila dikonsumsi dalam jangka panjang. Terlepas dari dampak negatif yang dimiliki, rokok menjadi gaya hidup banyak orang di Indonesia. Dengan harga yang beragam,

5 Rekomendasi Merek Tas Branded, Bikin Kamu Makin Mewah!

5 Rekomendasi Merek Tas Branded, Bikin Kamu Makin Mewah!

Kalau kamu diberikan uang sebanyak 100 juta rupiah, apa merek tas branded yang akan langsung kamu beli tanpa berpikir panjang?  Sebagai manusia, kebutuhan kita selalu bertambah seiring bertumbuhnya usia, begitu

Kalender Jawa Februari 2024: Penjelasan, Sistem Penanggalan, dan Weton

Kalender Jawa Februari 2024: Penjelasan, Sistem Penanggalan, dan Weton

Di tengah gempuran globalisasi, masyarakat Indonesia masih mempertahankan budaya leluhur dengan menggunakan kalender Jawa untuk kepentingan agama dan budaya. Tidak hanya berfungsi sebagai alat pencatat waktu, kalender Jawa masih menjadi