10 Negara Termiskin di Asia, Ada Apa Saja?

Negara Termiskin Asia

Dengan keberagaman yang ditawarkan oleh 48 negara di benua Asia ternyata tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada negara termiskin di Asia. Menjadi benua yang menduduki 30% dari total luas daratan bumi ternyata tidak dapat menyelamatkan negara-negara ini dari kemiskinan.

Kemiskinan menjadi salah satu tantangan negara-negara terlepas dari kekayaan sumber daya alam. Banyak faktor yang menyebabkan beberapa negara ini masuk dalam daftar negara termiskin di Asia, seperti dalam hal infrastruktur, ketegangan politik, edukasi, layanan kesehatan, dan kebijakan ekonomi.

Baca juga: 15 Daftar Rokok Paling Mahal di Indonesia dan Dunia!

Artikel ini akan membahas daftar 10 negara termiskin di Asia berdasarkan data PDB per kapita. Kira-kira, apa saja yang termasuk dalam daftar 10 negara termiskin di Asia? Mari simak selengkapnya!

10 Negara Termiskin di Asia

Dilansir dari Yahoo! Finance, pertumbuhan ekonomi di Asia pada tahun 2023 diperkirakan sebesar 4,7% dari proyeksi 4,6% pada Oktober 2023. Tiongkok dan India adalah negara dengan populasi terbesar di dunia dengan 1,44 miliar dan 1,39 miliar jiwa. Sehingga keduanya mempunyai perekonomian terbesar di dunia.

negara termiskin di asia
Foto dari Freepik

Berikut adalah daftar 25 negara termiskin di Asia. Informasi bersumber dari artikel Yahoo! Finance.

1. Afganistan

Pada tahun 2021, pendapatan domestik bruto (PDB) per kapita negara ini berada pada angka 356 USD. Akibat dari perang yang berlangsung selama puluhan tahun negara ini menjadi salah satu negara termiskin di Asia.

2. Suriah

PDB per kapita dari Suriah hanya sekitar 214 USD pada tahun 2021. Adanya konflik berkepanjangan dan ancaman yang membuat Suriah kesulitan untuk menerima modal dari investor. Akibatnya, konflik semakin parah dan banyak penduduk yang sulit mendapat pemasukan.

3. Yaman

Pendapatan domestik bruto per kapita Yemen pada laporan pada tahun 2024 memiliki jumlah sekitar 2095 USD. Menurut Bank dunia, Yaman mengalami kontraksi sebesar 52% dalam PDB riil per kapita selama 7 tahun dari 2015 sampai 2022, sehingga mayoritas penduduknya mengalami krisis.

4. Sri Lanka

Perekonomian Sri Lanka telah terpuruk sejak lama. Berdasarkan laporan dari Reuters, kondisi ekonomi Sri Lanka yang dilanda utang sudah bertambah baik. Tetapi, berdasarkan PDB per kapita negara ini masuk dalam daftar negara termiskin di Asia. Dengan 

5. Timor Leste

Timor Leste kaya akan minyak bumi. Namun, pengelolaannya kurang baik. Sehingga, kondisi perekonomian Timor Leste menjadi terpuruk akibat pengambilan sumber daya yang berlebihan. Tahun 2024, PDB per kapita Timor Leste diperkirakan 3.706 USD.

Baca juga: 195 Jumlah Negara di Dunia dan Ibu Kotanya, Lengkap & Terbaru

6. Nepal

Negara termiskin di asia
Foto dari Much Better Adventures

Nepal mempunyai PDB per kapita sebesar 5.226 USD tahun 2024. Nepal menjadi negara termiskin di Asia akibat korupsi yang dilakukan oleh badan pemerintahan. Kondisi geografi yang berbentuk pegunungan juga menjadi tantangan untuk pembangunan infrastruktur.

7. Myanmar

Kudeta militer di Myanmar tahun 2021 mempunyai dampak serius pada perekonomian negara ini, menyebabkan kemiskinan pada hampir setengah populasi dan melenyapkan kemajuan yang telah tercapai.

8. Tajikistan

Roda perekonomian Tajikistan bergantung pada pengiriman uang dari penduduk Tajikistan yang bekerja di luar negeri; hampir 50% PDB negara berasal dari pendapatan ini. Infrastruktur yang kurang baik membuat sebagian besar populasinya tidak dapat mengakses air bersih. Kini, PDB per kapita negara ini diperkirakan 5.658 USD.

Baca juga: Negara Miskin dan Kaya, Mengapa Ada Perbedaan?

9. Kamboja

Dilansir dari laman Intisari, Kamboja adalah negara paling korup di Asia Tenggara. Terbatasnya akses ke air bersih dan angka stunting yang tinggi juga menjadi faktor penyebab angka PDB per kapita Kamboja yang berada pada angka 6.540 USD.

10. Kirgizstan

negara termiskin di asia
Foto dari Advantour

Negara yang dijuluki “Swiss Asia” ini mempunyai PDB per kapita sekitar 6.724 USD. Asian Development Bank memperkirakan bahwa Kirgizstan akan mengalami peningkatan dalam tingkat pertumbuhannya sebesar 0,2% menjadi 4% pada tahun 2024.  

Baca juga: Polusi Udara Menjadi Penyebab Terjadinya Global Warming

Berikut adalah 10 daftar negara paling miskin di Asia. Pemerintah dan pemangku kepentingan memegang peran besar dalam mensejahterakan rakyat dan negaranya. Dengan adanya pemerintah yang korup dan konflik berkepanjangan, maka rakyat akan terus menderita.

negara termiskin di asia
Registrasi sekarang!

Jangan lupa untuk daftarkan diri Anda di edufund dan nantikan artikel-artikel berikutnya. Yuk, klik gambar di atas! 

Artikel Terkait

15 Daftar Rokok Paling Mahal di Indonesia dan Dunia!

15 Daftar Rokok Paling Mahal di Indonesia dan Dunia!

Rokok dapat menjadi salah satu penyebab kematian apabila dikonsumsi dalam jangka panjang. Terlepas dari dampak negatif yang dimiliki, rokok menjadi gaya hidup banyak orang di Indonesia. Dengan harga yang beragam,

5 Rekomendasi Merek Tas Branded, Bikin Kamu Makin Mewah!

5 Rekomendasi Merek Tas Branded, Bikin Kamu Makin Mewah!

Kalau kamu diberikan uang sebanyak 100 juta rupiah, apa merek tas branded yang akan langsung kamu beli tanpa berpikir panjang?  Sebagai manusia, kebutuhan kita selalu bertambah seiring bertumbuhnya usia, begitu

Kenapa Cewek Mandang Fisik? Emangnya Cuma Cewek?

Kenapa Cewek Mandang Fisik? Emangnya Cuma Cewek?

Hari gini masih mikir kenapa cewek mandang fisik? Sebenarnya, pernyataan ini gak hanya berlaku ke cewek-cewek. Nyatanya, semua orang juga mandang fisik.  Penampilan fisik menjadi segalanya di masyarakat karena tentunya

Kalender Jawa Februari 2024: Penjelasan, Sistem Penanggalan, dan Weton

Kalender Jawa Februari 2024: Penjelasan, Sistem Penanggalan, dan Weton

Di tengah gempuran globalisasi, masyarakat Indonesia masih mempertahankan budaya leluhur dengan menggunakan kalender Jawa untuk kepentingan agama dan budaya. Tidak hanya berfungsi sebagai alat pencatat waktu, kalender Jawa masih menjadi