8 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Mudah

tips cepat belajar bahasa inggris 1

Belajar bahasa asing dapat membantu meningkatkan skill komunikasi manusia terhadap sesamanya. Salah satunya adalah dengan mahir dalam Berbahasa Inggris. Sayangnya, banyak yang masih menganggap bahwa belajar Bahasa Inggris itu sulit.

Baca Juga: Belajar Bahasa Jerman dan Edufund Berkolaborasi

Padahal, mempelajarinya dalam waktu singkat bukan hal yang mustahil, terlebih jika pemula yang melakukannya. Buat kamu yang menyadari kemampuan Bahasa Inggris masih kurang mumpuni dan ingin bisa belajar Bahasa Inggris, jangan khawatir karena kamu masih bisa belajar sendiri dan mahir Berbahasa Inggris kok.

Penasaran tentang apa saja tips yang bisa kamu lakukan agar cepat dan mudah belajar Bahasa Inggris sendiri? Nah, tanpa berlama-lama lagi, berikut ulasan tips cepat belajar Bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan nantinya. Let’s check it out!

1. Sering Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris: Woman Walking on Park
Photo by Breakingpic

Tips cepat mempelajarinya dengan mudah, yaitu sering mendengarkan lagu Berbahasa Inggris. Memang tips ini sepele, tetapi sangat efektif membantu kamu menguasai bahasa, khususnya buat kamu yang memiliki kelebihan audio visual dalam belajar, maka kamu cocok menggunakan cara ini.

Saat mendengarkan musik Berbahasa Inggris, kamu perlu melihat teks lirik musik. Mengapa?

Melalui teks yang tampak, akan membantu kamu mempelajari pelafalan atau pengucapan Bahasa Inggris yang benar. Cara ini adalah teknik belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Selain itu, cukup banyak juga yang mengakui bahwa cara paling efektif belajar bahasa secara otodidak adalah dengan mendengarkan lagu dari bahasa asing. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu juga gemar mendengarkan lagu berbahasa asing?

2. Sering Nonton Film Berbahasa Inggris

belajar bahasa inggris: Focused woman using earphones and laptop at home during work
Photo by Vlada Karpovich

Tips cepat yang tidak kalah seru dan menyenangkan adalah menonton film Berbahasa Inggris. Jadi, menonton film dari luar negeri yang menyertai subtitle juga sangat membantu kamu, lho. Setidaknya, di dalam film ada banyak kosakata baru dan akan terus terulang-ulang.

Pengulangan inilah yang akan membantu kamu lebih familiar dengan pengucapan kata dan penulisannya. Tips mudah yang satu ini juga cara paling lazim bagi mereka yang memang ingin memahirkan berbahasa asing.

Saat belajar Bahasa Inggris secara teori ternyata lebih sulit, karena ketika belajar secara teori, kamu tidak bisa belajar pengucapan atau pelafalan Bahasa Inggris yang tepat. Sedangkan, dengan menonton film dan mendengar musik, kamu akan tahu pelafalan bahasa yang benar.

3. Membaca Buku Berbahasa Inggris

belajar bahasa inggris: Assorted-title Reading Book Lot
Photo by Pixabay

Cara efektif lainnya adalah membaca novel Berbahasa Inggris, misalnya novel keluaran dari luar negeri.

Ketika kamu membaca, di sana kamu tidak hanya belajar bahasa tulis yang penulis sampaikan, tetapi kamu akan belajar banyak kosakata baru.

Kamu pasti nantinya akan menggunakan kamus untuk memahami isi novel, karena akan menemukan banyak kosakata asing.

Jika perlu, catat setiap kosakata asing dan terjemahkan di coretan buku agar secara alamiah kamu pun akan mahir dengan sendirinya.

4. Mencoba Menulis dalam Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris: Smiling Woman Writing on Whiteboard
Photo by Thirdman

Tips cepat belajar Bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan melakukan tes kemampuan. Jika sebelumnya kamu sudah mempelajari pelafalan Bahasa Inggris lewat nonton film dan mendengar musik, maka langkah selanjutnya adalah mencoba untuk menulis menggunakan kalimat Bahasa Inggris.

Tulislah kalimat sederhana dan mudah menggunakan Bahasa Inggris, sebab cara ini juga akan memudahkan kamu untuk lebih familiar menggunakan Bahasa Inggris, lho. Tidak percaya? Kamu bisa mencoba dan mempraktikkannya sendiri.

Baca Juga: Kenapa Bahasa Inggris menjadi Bahasa Internasional?

5. Praktik Berbahasa Inggris

Young lady learning sign language during online lesson with female tutor
Photo by SHVETS production

Selain mempraktikkan Bahasa Inggris dengan menulis, kamu bisa mencobanya dengan berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Jika masih malu dan tidak percaya diri, kamu tetap bisa berlatih menggunakan Bahasa Inggris, seperti berbicara di depan cermin.

Setidaknya, dengan cara ini akan membantu kamu mempelajari pelafalan Bahasa Inggris.

6. Berteman dengan Orang Asing

Group of People Sitting on Green Wooden Table
Photo by cottonbro studio

Tips mudah belajar Bahasa Inggris yang bisa kamu coba lainnya adalah berteman dengan orang asing. Serta, berteman dengan orang Indonesia yang memiliki kemampuan bahasa asing secara mahir juga tidak masalah.

Membangun pertemanan dengan beberapa orang yang pandai berbahasa asing tentu saja lebih efektif, sebab kamu bisa mencoba mengajak berkomunikasi menggunakan bahasa asing. Kelebihan lain, saat berkomunikasi ada bahasa yang kurang, kamu bisa meminta masukan dengan baik.

Berteman dengan orang asing dalam hal ini ada dua konteks, yaitu konteks pertemanan secara langsung dan pertemanan di media sosial. Berteman di media sosial juga hampir mirip saat kamu belajar Bahasa Inggris lewat membaca buku atau menonton film.

Setidaknya, kamu akan belajar mengasah kemampuan bahasa kamu lewat media sosial, misalnya chat, komentar status, dan lain sebagainya.

7. Ubah Bahasa di Gadget dengan Bahasa Inggris

Black computer keyboard buttons with white signs
Photo by Ilya Klimenko

Setiap gadget seperti ponsel pintar sampai komputer memiliki bahasa yang bisa kamu atur. Agar membantu kamu dalam mahir belajar Bahasa Inggris, maka kamu bisa mengatur atau mengubahnya dalam mode Bahasa Inggris.

Pada akhirnya, kamu akan perlahan terbiasa dengan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Entah seperti nama-nama hari, jam, emergency call, search, re-order, dan masih banyak lagi. Tidak begitu sulit, bukan?

8. Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Tips cepat belajar Bahasa Inggris berikutnya adalah langsung dengan bimbingan tim, yaitu mengikuti kursus kelas Bahasa Inggris. Memang saat mengikuti kelas ini, kamu harus rela mengeluarkan uang untuk membayar tutor.

Bagaimanapun juga lembaga kursus, pastinya akan menarik biaya, bukan? Kelebihan mengikuti kursus, kamu dapat belajar lebih intens. Saat kamu tidak mengerti akan suatu materi, bisa langsung bertanya dan tentu saja mendapatkan jawaban dan penjelasan secara langsung.

Mengikuti kursus Bahasa Inggris cocok bagi kamu yang ingin agar hasil akhirnya lebih formal. Misalnya ingin mendapatkan sertifikat kursus Bahasa Inggris, ingin mendapatkan hasil ujian TOEFL yang lebih baik, memiliki rencana melamar sebagai mahasiswa di Luar Negeri (LN), dan sebagainya. Jadi, perlu kamu lihat terlebih dahulu konteks dan tujuan kamu ingin belajar Bahasa Inggris.

Baca Juga: Webinar Wall Street English dan Edufund: Better English Better Career

logo wall street english
Foto dari www.wallstreetenglish.com

Wall Street English (WSE) Indonesia sebagai tempat kursus belajar Bahasa Inggris yang terdepan membuktikan kesuksesannya di era New Normal, hal ini berkat Business Model Pivot, transformasi digital yang sigap, serta kultur perusahaan yang fokus pada customer.

Pengalaman belajar di WSE kini dapat kamu rasakan secara online lewat aplikasi khusus yang menggabungkan sistem pembelajaran interaktif dengan kelas tatap muka bersama pengajar native. Menarik sekali, bukan?

Nah, tunggu apa lagi? Biar skill Berbahasa Inggris kamu lebih kece, maka kamu bisa mengikuti kursus di Wall Street English (WSE) dengan bimbingan dari pengajar native dan juga bisa mendapatkan pinjaman dana pendidikan dari Edufund, lho.

Tidak ingin melewatkan kesempatan ini, bukan? Buruan, kunjungi situs Edufund sekarang juga untuk tahu informasi selengkapnya!

Artikel Terkait

Wujudkan Belajar Digital Marketing di RevoU dengan edufund

Wujudkan Belajar Digital Marketing di RevoU dengan edufund

Digital marketing telah menjadi salah satu tren pertumbuhan paling signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya penggunaan internet dan perangkat seluler oleh masyarakat. Menurut data dari Statista,

Biaya Terbaru 2024 Kursus Bahasa Inggris di English First

Biaya Terbaru 2024 Kursus Bahasa Inggris di English First

Di era globalisasi seperti saat ini, kemampuan bahasa Inggris menjadi semakin penting. Hal ini dikarenakan bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang digunakan dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, bisnis, dan

Skill Academy: Solusi Belajar Online Terlengkap dan Terpercaya

Skill Academy: Solusi Belajar Online Terlengkap dan Terpercaya

Skill Academy adalah platform belajar online yang menyediakan berbagai kursus dan pelatihan dari berbagai bidang, mulai dari teknologi, bisnis, kreatif, hingga personal development. Situs kursus/kelas online ini telah menjadi salah

Digital Marketing: Pengertian dan Jenis Program Kursus di Kuncie

Digital Marketing: Pengertian dan Jenis Program Kursus di Kuncie

Dalam era digital saat ini, keterampilan digital marketing menjadi sangat penting bagi bisnis dalam membangun brand awareness, menjangkau target audience secara efektif, meningkatkan traffic ke website, serta meningkatkan konversi dan