Kenapa Bahasa Inggris menjadi Bahasa Internasional?

Untitled 1 01 01 01

Bahasa Inggris saat ini banyak menggunakannya, yaitu orang dari seluruh penjuru dunia. Sekitar sepertiga populasi dunia atau kurang-lebih 2 miliar orang yang tersebar di Britania Raya, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Irlandia, Selandia Baru, dan negara-negara di Laut Karibia serta Samudera Pasifik. Bukan hanya itu, bahkan menjadi bahasa resmi di India, Filipina, Singapura, Afrika Selatan, dan negara-negara di sub-Sahara Afrika.

Penggunaan English sebagai bahasa internasional atau lingua franca (basantara) dapat terjadi karena oleh beberapa hal. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Baca Juga: GESS Asia 2022 Dimeriahkan oleh Edufund

1. Bahasa Inggris Merupakan Warisan Kolonialisme

Pada abad ke-18, English menjadi bahasa internasional. Hal ini bermula pada masa kejayaan Inggris yang memiliki banyak koloni hingga ke seluruh penjuru dunia. Inggris memiliki wilayah jajahan terluas jika dibandingkan yang lain, sehingga dapat mempengaruhi penggunaan bahasa di seluruh dunia.

Saat zaman kolonialisme, Bahasa Inggris biasa ada dalam penyebaran agama, perdagangan, migrasi penduduk, buku-buku, dan media penyebaran lainnya. Bukan hanya itu, pengaruh banyaknya prajurit, penjajah, dan pelaut yang Berbahasa Inggris tersebar pula di wilayah-wilayah kolonialisme.

Akan tetapi, negara-negara yang nggak pernah Inggris jajah, seperti Spanyol, Belanda, Portugal, dan Prancis kurang mengadopsi Bahasa Inggris.

Lain halnya dengan Afrika Barat, English merupakan bahasa komunikasi utama sejak kedatangan Inggris di sana. Perdagangan dan Gerakan Anti Perbudakan Internasional sangat mendorong penyebaran Bahasa Inggris di seluruh semenanjung Afrika Barat.

2. Bahasa Inggris Hasil Kerja Sama Internasional

Masuk ke abad 20, yaitu masa di mana berkembangnya kerja sama internasional dengan berdirinya Liga Bangsa-bangsa yang sekarang menjadi Persatuan Bangsa-bangsa sangat mendorong penggunaan Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional.

Pada tahun 1914, perkembangan ekonomi dan industri di Inggris dan Amerika Serikat membuat mereka melakukan kerja sama secara internasional. Hal ini menjadikan Inggris dan Amerika Serikat sebagai imperialis baru di dunia ekonomi. Sehingga, Bahasa Inggris jadi berkembang di berbagai bidang, khususnya di bidang ekonomi, investasi, dan hubungan internasional.

3. Perkembangan Teknologi Memengaruhi Bahasa

Teknologi sudah sangat berkembang sekarang ini, apa lagi di saat telah memasuki abad ke-20. Perkembangan teknologi memudahkan informasi tersebar secara luas dan cepat.

Terlebih lagi, bahasa yang digunakan pada teknologi-teknologi menggunakan Bahasa Inggris, sehingga para pengguna harus belajar Bahasa Inggris untuk dapat mengoperasikannya.

Penyebaran informasi yang cepat dan luas menjadikan akses belajar Bahasa Inggris jauh lebih mudah. Bahkan, melalui hal-hal informal seperti musik, film, radio, televisi, dan internet. Khususnya anak muda yang melek akan perkembangan zaman, akan lebih mudah untuk mengakses konten Berbahasa Inggris.

Selain belajar melalui media informal, kamu juga bisa belajar Bahasa Inggris melalui media semi-formal seperti kursus, lho. Sekarang ini, banyak sekali kursus Bahasa Inggris yang tersedia. Namun, Mimin sangat menyarankan untuk kursus Bahasa Inggris di English First (EF).

“Memangnya kenapa, sih, kita harus kursus di EF?”

Nah, di sini mimin akan bedah satu persatu alasan kenapa kamu harus kursus di EF. Baca uraiannya di bawah ini, ya!

Baca Juga: TXT, Grup Vokal yang Beranggotakan 5 Pria Cerdas dan Berbakat!

Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Bahasa Inggris di EF

buku buku bahasa inggris
Foto dari Pixabay

Reputasi EF yang Menjanjikan

English First telah berdiri lebih dari 50 tahun. Awalnya, EF berdiri di Swedia. Sejak berdirinya EF, reputasinya semaking berkembang tiap tahun. Termasuk juga kualitas pengajarnya.

English First sangat memperhatikan kualitas tim pengajar mereka. Seluruh pengajar sudah memiliki sertifikat bernama Teaching English as a Foreign Language (TEFL), yaitu kredensial profesional yang diakui secara internasional. Para pengajar yang telah memiliki sertifikat ini telah memenuhi syarat untuk mengajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

Segudang Fasilitas yang EF Punya

Kursus Bahasa Inggris terkemuka ini tersedia dalam 2 jenis pembelajaran, yaitu online dan offline. Kamu dapat bebas memilih jenis pembelajaran yang ada, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaanmu.

Apabila kamu memutuskan untuk memilih jenis pembelajaran secara offline, kamu akan mendapatkan 7 keuntungan ini:

  1. Bebas kelas tambahan tanpa booking
  2. English-only environment di semua lokasi
  3. Akses untuk ikut kelas di semua EF Adults Centers (cross center booking)
  4. Jaringan profesional dari murid lain
  5. Personal service consultant membantu proses belajar
  6. Internet
  7. Free coffee

Wah, keuntungannya sangat banyak, ‘kan? Namun, tahukah kamu bahwa kelas offline di EF nggak seperti kelas kuno pada umumnya, lho. Metode pembelajaran di EF terbilang khusus, karena menerapkan Learn, Try, and Apply.

Apa Itu Learn, Try, and Apply?

Belajar di EF sering menggunakan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Serta, dibantu dengan penggunaan aplikasi yang dapat kamu akses secara online. Lalu, apa itu learn, try, and apply?

Penggunaan metode pembelajaran ini berguna untuk membangun rasa percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.

1. Learn

Kemajuan teknologi sangat dimanfaatkan oleh EF, yang di mana mereka membuat sebuah platform belajar yang mudah digunakan. Tujuannya untuk membantu para murid belajar kapapun dan di manapun.

2. Try

Nantinya para murid akan ada tahap pengujian mengenai kemampuannya dalam Berbahasa Inggris. Penerapan hal yang telah kamu pelajari pada level-level sebelumnya. Guna dari metode ini adalah untuk melatih kemampuan berbicara.

3. Apply

Penerapan Bahasa Inggris akan ada pada sesi Life Club. Membuat kamu akan lebih percaya diri atas apa yang telah kamu pelajari.

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, bahwa EF nggak menerapkan konsep kelas klasik. Lantas, konsep modern apa yang disediakan EF?

  1. Akses 24/7 di semua perangkat
  2. Smart interactive dengan voice recognition, berguna untuk pronunciation Bahasa Inggrismu.
  3. Life Club. Pada Life Club kamu bisa menyalurkan hobi apapun bersama dengan murid dan guru lain di EF Center. Nantinya, kamu bisa menjalani hobi sambi belajar Bahasa Inggris, lho!
  4. Sertifikat kursus bertaraf internasional. Setelah kamu resmi menyelesaikan kursus di EF, kamu akan mendapatkan sertifikat bertaraf internasional yang dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan maupun karier di skala internasional.

Baca Juga: Belajar Bahasa Jerman dan Edufund Berkolaborasi

Berbagai macam keuntungan yang bisa kamu dapat jika kursus di EF sangat menarik, ‘kan? Lantas apa lagi yang menunggumu untuk kursus di EF?

Terlebih lagi, Edufund sebagai partner resmi dari EF juga menawarkan pembiayaan kursus, lho. Selain itu, pada bulan Oktober ini, kamu akan mendapatkan berbagai penawaran menarik, karena EF sedang dalam bulan perayaan berdirinya.

Keuntungan yang akan kamu dapatkan jika mengajukan pembiayaan di EF melalui Edufund adalah seperti yang tertera pada gambar berikut ini. Klik gambar di bawah ini atau ketik tautan yang tertera pada gambar.

Banner Blog Bahasa Inggris EF x Edufund

Masih banyak lagi keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika mengajukan pendaan di Edufund. Yuk, ketahui lebih lanjut dengan klik di sini.

Artikel Terkait

Wujudkan Belajar Digital Marketing di RevoU dengan edufund

Wujudkan Belajar Digital Marketing di RevoU dengan edufund

Digital marketing telah menjadi salah satu tren pertumbuhan paling signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya penggunaan internet dan perangkat seluler oleh masyarakat. Menurut data dari Statista,

Biaya Terbaru 2024 Kursus Bahasa Inggris di English First

Biaya Terbaru 2024 Kursus Bahasa Inggris di English First

Di era globalisasi seperti saat ini, kemampuan bahasa Inggris menjadi semakin penting. Hal ini dikarenakan bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang digunakan dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, bisnis, dan

Skill Academy: Solusi Belajar Online Terlengkap dan Terpercaya

Skill Academy: Solusi Belajar Online Terlengkap dan Terpercaya

Skill Academy adalah platform belajar online yang menyediakan berbagai kursus dan pelatihan dari berbagai bidang, mulai dari teknologi, bisnis, kreatif, hingga personal development. Situs kursus/kelas online ini telah menjadi salah

Digital Marketing: Pengertian dan Jenis Program Kursus di Kuncie

Digital Marketing: Pengertian dan Jenis Program Kursus di Kuncie

Dalam era digital saat ini, keterampilan digital marketing menjadi sangat penting bagi bisnis dalam membangun brand awareness, menjangkau target audience secara efektif, meningkatkan traffic ke website, serta meningkatkan konversi dan