Kenalan Sama Alan Turing, Sang Pemecah Kode Enigma!

Alan Turing

Bagi pecinta film di luar sana, kamu pasti tidak asing dengan The Imitation Game. Film keluaran 2014 yang berhasil memenangi Academy Awards kategori Best Adapted Screenplay ini berkisah tentang Alan Turing, bapak dari computer science.

Selain itu, Alan Turing rupanya juga dianggap sebagai pelopor artificial intelligence (AI). Konsep yang digagas oleh Turing kini dikenal sebagai Mesin Turing. Kisah hidup dan kontribusi Alan Turing terhadap kemajuan teknologi patut diacungi jempol. 

Sebelum mulai membahas topik yang serius, lebih baik kita berkenalan dulu dengan siapa sosok Alan Turing!

Baca juga: Fakta Red Panda, Hewan Lucu yang Punya Film

Kenalan dengan Alan Turing

Pemilik nama lengkap Alan Mathison Turing ini merupakan matematikawan dan ahli logika asal Inggris yang lahir pada 23 Juni 1912 di London dan meninggal pada umur 41 tahun pada 7 Juni.

Orang tua dari ahli matematika ini bernama Julius Mathison Turing dan Ethel Sara Turing. Ketika Turing lahir, Julius sedang cuti dari pekerjaannya sebagai pegawai negeri India. Julius adalah anak dari pendeta John Robert Turing. Sedangkan Ethel adalah anak dari insinyur Madras Railway.

Baca juga: 16 Rumus Luas dan Keliling Bangun Datar

Pendidikan Alan Turing

Sebelum menjadi matematikawan, orang tua Turing mendaftarkan dirinya di sekolah dasar St Michael’s. Ia bersekolah di sana dari umur 6 sampai 9 tahun. Kepala sekolah St Michael’s menyadari bahwa Turing adalah anak yang berbakat.

Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya di Hazelhurst Preparatory School dari tahun 1922 sampai 1926. Hingga, ia menjadi murid Sherbonne School, sebuah asrama di Sherbonne, Dorset.

Alan Turing
Foto dari BBC

Uniknya, kemahiran Turing di bidang matematika dan sains tidak dianggap oleh beberapa guru di Sherbonne School karena mereka lebih menekankan pendidikan di bidang sastra klasik.

Bapak dari computer science ini melanjutkan pendidikan perguruan tingginya di University of Cambridge untuk belajar matematika pada tahun 1931. Ketika lulus pada tahun 1934, ia dipilih untuk mengikuti program beasiswa di King’s College, salah satu college University of Cambridge yang telah menjadi tempat belajar Turing sejak 1931.

Baca juga: 18 Contoh Teks Eksposisi Singkat beserta Strukturnya

Kematian Alan Turing

Pada tahun 1952, Alan Turing menghadapi hukuman atas orientasi seksualnya. Akibatnya, ia harus menjalani terapi hormon selama 12 bulan. Nama Turing pun tercoreng karena homoseksualitasnya. Sehingga, ia tidak lagi bisa bekerja untuk Government Communications Headquarters (GCHQ).

Di tengah pencapaian hebatnya, Turing ditemukan dalam keadaan meninggal. Berdasarkan laporan, ia meninggal karena mengonsumsi sianida. Keputusan akhir dari kematian matematikawan ini adalah meninggal akibat bunuh diri.

Tadi adalah perjalanan hidup Alan Turing hingga ajalnya. Kini, saatnya membahas apa saja kontribusi yang telah diberikan oleh dirinya. Yuk, simak selengkapnya!

1. Alan Turing Pemecah Kode Enigma

alan turing
Foto dari channel YouTube Studio Canal UK

Pria kelahiran 1912 ini menyelamatkan nyawa dari banyak masyarakat Inggris ketika ia direkrut di Bletchley Park. Pekerjaan yang ia lakukan di fasilitas itu sangat rahasia. Tapi, fokus utamanya adalah untuk memecahkan kode Enigma.

Enigma adalah mesin yang digunakan oleh tentara Jerman untuk mengirim pesan dengan aman. Peran Alan Turing untuk memecahkan kode ini adalah menciptakan mesin Bombe, yang ia kerjakan bersama Gordon Welchman.

Baca juga: Rumus Lengkap Sudut Istimewa Trigonometri dengan Contoh Soal

Kontribusi yang dilakukan di fasilitas Bletchley Park selama Perang Dunia II pada pertengahan tahun 1940 adalah membaca sinyal dari tentara AU Jerman. Informasi yang diperoleh tersebut membantu upaya perang. 

2. Mesin Turing

alan turing
Foto dari Lateral Magazine

Pada tahun 1936, Turing menemukan perangkat komputasi teoretis. Pemecah kode enigma ini melanjutkan penelitian dalam bidang ini setelah Perang Dunia II berakhir. Ia memanfaatkan ilmu yang didapatkan selama perang berlangsung dan pengetahuan yang sudah ia miliki sebelumnya untuk membuat “Mesin Turing Universal”.

Mesin yang kini dikenal dengan “Mesin Turing”, istilah yang diciptakan oleh Alonzo Church, dirancang secara khusus untuk mempermudah permasalahan yang berhubungan dengan matematika. 

Baca juga: Mengejar Karir yang Lebih Baik: Capai Tujuan Magang yang Efektif

3. Pelopor Kecerdasan Buatan

artificial intelligence
Foto oleh rawpixel.com dari Freepik

Berdasarkan kesaksian rekan Alan Turing di Bletchley, Donald Michie, Turing sering membicarakan bagaimana komputer dapat belajar dari pengalaman serta memecahkan masalah baru melalui proses pemecahan masalah heuristik.

Pada tahun 1948, ia memperkenalkan banyak konsep pokok artificial intelligence dalam laporan berjudul Intelligent Machinery, namun ia tidak mempublikasikan riset ini. Banyak ide milik Alan Turing yang kemudian diciptakan kembali oleh orang lain.

Baca juga: 3 Tips buat Kamu yang Homesick saat Merantau

Gagasan yang ia miliki terhadap machine intelligence diilustrasikan dengan mengacu pada catur. Meskipun Alan Turing bereksperimen dengan merancang program catur, ia harus puas dengan teori tanpa adanya komputer untuk menjalankan program caturnya.

Itu tadi adalah informasi singkat tentang Alan Turing yang perlu kamu ketahui. Meskipun ia adalah tokoh penting, tapi matematikawan ini harus menghadapi kehidupan yang tragis.

alan turing
Klik gambar di atas untuk mendaftar!

Nantikan artikel berikutnya dari edufund! Daftarkan dirimu agar dapat notifikasi terkait artikel baru dari edufund!

Artikel Terkait

Fakta Red Panda, Hewan Lucu yang Punya Film!

Fakta Red Panda, Hewan Lucu yang Punya Film!

Tanpa perlu melihat foto red panda (panda merah), kamu pasti sudah terbayang bagaimana bentuk hewan menggemaskan ini. Meskipun disebut panda, mamalia dengan nama Latin Ailurus fulgens ini memiliki ukuran tubuh