Fakta Red Panda, Hewan Lucu yang Punya Film!

Red Panda

Tanpa perlu melihat foto red panda (panda merah), kamu pasti sudah terbayang bagaimana bentuk hewan menggemaskan ini. Meskipun disebut panda, mamalia dengan nama Latin Ailurus fulgens ini memiliki ukuran tubuh seperti kucing rumahan, gak sebesar panda pada umumnya!

Kini, status panda merah sudah endangered (terancam punah). Hewan ini masuk dalam International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List, dengan jumlah populasi kurang dari 10.000 ekor.

Ingin memperkaya pengetahuanmu tentang panda merah? Yuk, baca fakta-fakta menarik tentang red panda!

Baca juga: 1 Liter Berapa KG? Ini Cara Menghitungnya

1. Red Panda dan Giant Panda, Serupa Tapi Tak Sama

red panda
Foto oleh wirestock dari Freepik

Meskipun mempunyai nama yang sama, red panda dan giant panda mempunyai kelompok taksonomi yang berbeda. termasuk dalam keluarga Ailuridae, sedangkan giant panda adalah Ursidae.

Selama bertahun-tahun, red panda menjadi bagian dari keluarga Procyonidae yang mencakup rakun dan hewan-hewan sejenisnya. Penelitian DNA membuktikan kalau panda merah berasal dari keluarga unik yang berbeda dari Ordo Karnivora lainnya, dan para ahli taksonomi menempatkan mereka dalam keluarga Ailuridae.

Berdasarkan penelitian terkini, ada dua jenis red panda, yakni red panda Tiongkok (Ailurus styani) dan red panda Himalaya (Ailurus fulgens). Pembeda dua red panda ini adalah bulu wajah red panda Tiongkok berwarna lebih merah dan mempunyai cincin ekor yang lebih menonjol.

Baca juga: 16 Rumus Luas dan Keliling Bangun Datar

2. Red Panda Ditemukan Lebih Dulu

red panda
Foto oleh wirestock dari Freepik

Red panda ditemukan terlebih dahulu dibandingkan giant panda. Padahal, giant panda atau panda berwarna hitam putih yang kita tahu mempunyai reputasi yang lebih terkenal daripada panda merah.

Ternyata, panda merah ditemukan pada tahun 1825. Nama Ailurus sendiri diambil dari bahasa Yunani ailouros yang berarti kucing, dan fulgens berarti cerah. Bulu berwarna putih yang ada di wajah panda merah “hampir bercahaya” dan dapat menuntun anak panda yang tersesat di tengah kegelapan.

Baca juga: Rumus Lengkap Sudut Istimewa Trigonometri dengan Contoh Soal

3. Red Panda Aktif di Malam Hari

Ailurus fulgens
Foto oleh DeJavu Designs dari Freepik

Hewan mamalia ini mempunyai gaya hidup yang sepertinya mirip dengan anak muda. Mereka adalah hewan penyendiri yang aktif di malam hari dan beraktivitas pada saat senja hingga dini hari.

Jangan harap kamu dapat melihat mereka bergerak saat matahari masih bersinar! Mereka biasa menggantung atau meringkuk di dahan pohon, atau istirahat di tanah.

Baca juga: Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli: Manfaat dan Tips

4. Ukuran Red Panda yang Kecil

Ailurus fulgens
Foto oleh wirestock dari Freepik

Seperti kucing, hewan mamalia ini memiliki panjang tubuh berkisar 50 sampai 64 centimeter. Untuk yang betina mempunyai berat sekitar 3 sampai 6 kilogram, sedangkan yang jantan sekitar 3,7 sampai 6,2 kilogram.

Ekor panda merah mempunyai ukuran sepanjang badannya sekitar 28 sampai 59 centimeter. Sangat menggemaskan, hewan ini menghangatkan diri dengan ekornya ketika tidur. Lucu banget, ‘kan!  

Baca juga: Rumus Percepatan dalam Fisika, Pengertian, dan Contoh Soal

5. Karnivora Pemakan Bambu

panda merah
Foto oleh DejaVu Designs dari Freepik

Secara biologis, red panda adalah hewan karnivora. Mereka mempunyai gigi yang diciptakan untuk merobek dan mencabik. 

Karena sering memakan bambu, tubuh mereka pun beradaptasi. Tulang pergelangan tangan memanjang dan akhirnya mereka mempunyai ibu jari yang berguna untuk menggenggam bambu, insiden ini disebut pseudo-thumb.

Karena alaminya mereka adalah hewan karnivora, sistem pencernaan hewan ini membuat mereka harus makan 20 sampai 30 persen dari berat badan mereka dalam bentuk bambu setiap harinya. Mereka harus mengkonsumsi bambu dalam jumlah banyak agar mendapatkan energi yang cukup.

Karena mempunyai sistem pencernaan yang pendek, hanya perlu beberapa jam saja setelah makan bagi panda merah untuk buang air besar.

Baca juga: 10 Perbedaan Utama antara Kristen Protestan dan Katolik

6. Saking Lucunya Sampai Punya Film

turning red
Foto dari IMDb

Dua tahun yang lalu, tepatnya pada 11 Maret 2022, Disney dan Pixar merilis film animasi berjudul Turning Red. Film karya sutradara Domee Shi memperlihatkan visual penuh warna dari kehidupan remaja 13 tahun bernama Meilin Lee – atau yang akrab dikenal sebagai Mei.

Kehidupan Mei pada awalnya terlihat sempurna. Tiba-tiba, ia berubah menjadi seekor panda merah raksasa yang emosional. Satu-satunya cara agar ia dapat kembali ke tubuh manusia normalnya adalah dengan mengontrol emosinya.

Baca juga: [Quiz] Tes IG untuk Mengetahui Seberapa Cerdas Kamu

Nah, itu tadi adalah beberapa fakta tentang panda merah yang tentunya harus kamu ketahui! Kamu juga dapat menonton film Turning Red kalau ingin melihat versi animasi dari hewan menggemaskan ini.

Design Banner blog CTA 03
Daftar sekarang!

Menarik sekali bukan artikelnya? Yuk, klik gambar di atas dan daftarkan dirimu untuk artikel lainnya!

Artikel Terkait

Kenalan Sama Alan Turing, Sang Pemecah Kode Enigma!

Kenalan Sama Alan Turing, Sang Pemecah Kode Enigma!

Bagi pecinta film di luar sana, kamu pasti tidak asing dengan The Imitation Game. Film keluaran 2014 yang berhasil memenangi Academy Awards kategori Best Adapted Screenplay ini berkisah tentang Alan