3 Tips buat Kamu yang Homesick saat Merantau

homesick saat merantau min

Homesick adalah suatu perasaan yang timbul karena kehilangan hal-hal yang familiar, misalnya makanan yang biasanya disantap, orang-orang yang biasanya membuat kita tertawa, atau tempat-tempat yang biasanya kita kunjungi.

Baca Juga: Jadi Mahasiswi S3 Termuda ITB, Maya Nabila Jadi Inspirasi!

Sebagai anak rantau, homesick sesuatu yang sering dirasakan. Wajar apabila tiba-tiba kamu merasakan homesick. Jadi, kamu nggak perlu menahan atau merasa malu untuk mengakui kalau kamu kangen rumah. Berikut ini tips untuk mengatasi homesick, terutama untuk kamu yang baru menjadi anak rantau.

1. Cari Kesibukan

Kamu bisa mengatasi homesick-mu dengan menyibukkan diri ikut dalam suatu komunitas atau unit kegiatan mahasiswa di kampus. Melakukan kegiatan positif merupakan salah satu cara untuk mengatasi rasa kangen kamu dengan rumah. Selain kamu bisa aktif di kampus atau komunitas, kamu juga mempunyai banyak teman yang bisa mengusir rasa kesepian karena tinggal sendirian.

2. Telepon Orang Tua

Sekarang, kamu nggak hanya bisa teleponan dengan orangtuamu, tapi kamu juga bisa video call dan melihat wajah mereka walau hanya dari layar handphone, setidaknya bisa membantumu mengurangi rasa kangen terhadap orangtua, dan mengetahui kabar satu sama lain.

Komunikasi dengan orangtua memang penting, tapi kamu harus coba mengurangi intensitas waktu meneleponnya, ya. Selain bisa membantumu hidup hemat, ini juga untuk melatih menjadi mandiri.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Magang

Cobalah ingat-ingat lagi apa tujuan awalmu merantau, tanamkan dalam hati dan pikiran kalau kamu harus bisa meraih cita-cita di tempat yang kamu tinggali sekarang. Ingat-ingat juga tujuanmu untuk membanggakan orang-orang di kampung halaman, terutama orangtuamu.

Mencoba fokus dengan kuliahmu dan melakukannya dengan maksimal akan mengurangi sedikit rasa kangen kamu dengan rumah.

3. Curhat dengan Sesama Anak Rantau

Kalau rasa kangen kamu dengan rumah begitu kuat, dan rasanya kamu pengin nangis, jangan kamu tahan, ya. Kamu bisa menangis sampai kamu merasa lega dan tenang. Enggak ada salahnya kamu menangis, karena beradaptasi untuk hidup mandiri itu memang butuh waktu.

Cara lainnya, kamu bisa curhat ke teman sesama anak rantau dan saling berbagi pengalaman serta keluh-kesah. Curhat dengan teman sesama anak rantau bisa mengerti perasaan dan kondisi satu sama lainnya.

Baca Juga: 5 Tempat Nongkrong Outdoor yang Instagramable di Jakarta

Itulah 3 tips buat kamu yang homesick saat merantau. Semoga membantu!

Artikel Terkait

4 Manfaat Pendapatan Nasional, Kenali Komponennya

4 Manfaat Pendapatan Nasional, Kenali Komponennya

Hey guys, balik lagi sama blog ekonomi favorit kalian! Artikel kali ini kita akan membahas tentang (manfaat) pendapatan nasional. Pernah denger istilah ini sebelumnya? Pendapatan Nasional itu gampangnya adalah total

Rumus Percepatan dalam Fisika, Pengertian, dan Contoh Soal

Rumus Percepatan dalam Fisika, Pengertian, dan Contoh Soal

Dalam fisika, percepatan didefinisikan sebagai perubahan kecepatan dalam satuan waktu tertentu. Percepatan merupakan besaran vektor, sehingga memiliki besar dan arah. Sebelum kita bahas rumus percepatan, ketahui terlebih dahulu lebih detil

Rumus GLBB dalam Fisika dengan Contoh Soal dan Pembahasan

Rumus GLBB dalam Fisika dengan Contoh Soal dan Pembahasan

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus yang percepatannya konstan. Artinya, kecepatan benda berubah secara beraturan dari waktu ke waktu. Lantas, bagaimana rumus GLBB? Gerak

18 Contoh Teks Eksposisi Singkat beserta Strukturnya

18 Contoh Teks Eksposisi Singkat beserta Strukturnya

Teks eksposisi adalah salah satu jenis teks yang bertujuan untuk menjelaskan atau memaparkan suatu topik tertentu secara objektif. Teks ini biasanya digunakan dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, jurnalistik, dan sains.