UMR Cikarang 2023: Kalahkan UMR DKI Jakarta

Blog Ilustrasi UMR Cikarang 2023

Cikarang adalah area di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang merupakan salah satu kawasan industri terbesar di Indonesia. Tak heran, kota ini menjadi tujuan banyak orang untuk mencari pekerjaan. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan para pencari kerja adalah besaran upah minimum yang berlaku di Cikarang. Lantas, berapa UMR Cikarang 2023?

Baca juga: 8 Sumber Kekayaan Livy Renata, Brand Ambassador Alter Ego

Besaran UMR Cikarang 2023

Ilustrasi Gaji Bisnis.com
Ilustrasi Gaji (Bisnis.com)

UMR atau Upah Minimum Regional adalah upah minimum yang berlaku di suatu wilayah atau provinsi. UMR ditetapkan oleh pemerintah untuk menjamin kesejahteraan pekerja.

Berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 561.7/Kep.776-Kesra/2022, besaran UMR Cikarang 2023 ditetapkan sebesar Rp5.137.575,44. Nominal ini naik 7,2% dari UMR Cikarang 2022 yang sebesar Rp4.791.843. Berlaku untuk semua jenis industri di wilayah Kabupaten Bekasi.

Peningkatan UMR Cikarang ini didorong oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bekasi yang cukup tinggi. Kabupaten Bekasi merupakan salah satu kabupaten dengan perekonomian terkuat di Indonesia. Pada tahun 2022, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bekasi mencapai 5,3%, lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 4,5%.
  • Kenaikan harga kebutuhan pokok. Harga kebutuhan pokok di Indonesia terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kenaikan harga bahan baku, inflasi, dan kenaikan pajak.
  • Tuntutan dari serikat pekerja. Serikat pekerja di Kabupaten Bekasi menuntut kenaikan UMR yang lebih tinggi untuk menjamin kesejahteraan pekerja.

Baca juga: Hapsoro Sukmonohadi: Bisnis Suami Puan Maharani

Dasar Penetapan UMR Cikarang 2023

Dasar penetapan UMR Cikarang 2023 adalah hasil dari rapat pleno Dewan Pengupahan Kabupaten Bekasi. Rapat ini dihadiri oleh perwakilan dari pemerintah, pengusaha, dan pekerja.

Rapat pleno Dewan Pengupahan Kabupaten Bekasi mempertimbangkan beberapa faktor dalam menetapkan UMR Cikarang 2023, yaitu:

  • Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bekasi.
  • Kemampuan perusahaan.
  • Kebutuhan hidup minimum pekerja.
  • Pendapatan per kapita.

Baca juga: Biodata Jhon LBF, Pengusaha Sukses yang Viral di TikTok

Perbandingan UMR Kabupaten Bekasi dengan Daerah/ Kabupaten Jawa Barat Lainnya

Berikut adalah perbandingan UMR Cikarang dengan UMR daerah/ kabupaten lain di Jawa Barat:

Daerah/ KabupatenUMR 2023
Kabupaten KarawangRp5.176.179,07
Kota BekasiRp5.158.248,20
Kabupaten BekasiRp5.137.575,44
Kota DepokRp4.694.493,70
Kota BogorRp4.639.429,39
Kabupaten BogorRp4.520.212,25
Kabupaten PurwakartaRp4.464.675,02
Kota BandungRp4.048.462,69

Dari tabel di atas, dapat dilihat bahwa UMR Cikarang merupakan yang tertinggi ketiga di Jawa Barat setelah Karawang dan Bekasi.

Baca juga: Perbedaan BI FAST dan Realtime Online dalam Transaksi

Dampak Kenaikan UMR Cikarang

Ilustrasi Buruh Lampung Post
Ilustrasi Buruh (Lampung Post)

Kenaikan UMR Cikarang 2023 tentu memiliki dampak yang signifikan bagi berbagai pihak, baik pekerja, pengusaha, maupun pemerintah.

Bagi pekerja, kenaikan UMR Cikarang tentu merupakan kabar baik. Kenaikan UMR ini akan meningkatkan pendapatan mereka dan membantu mereka memenuhi kebutuhan hidup.

Bagi pengusaha, kenaikan UMR Cikarang dapat menimbulkan dampak positif dan negatif. Di satu sisi, kenaikan UMR dapat meningkatkan biaya produksi dan menurunkan profitabilitas perusahaan. Di sisi lain, kenaikan UMR dapat meningkatkan produktivitas pekerja dan meningkatkan daya saing perusahaan.

Bagi pemerintah, kenaikan UMR Cikarang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan pekerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Mengenal Ritel: Definisi, Jenis, dan Peranannya dalam Ekonomi

UMR Cikarang 2023 ditetapkan sebesar Rp5.137.575,44. Nominal ini naik 7,2% dari UMR Cikarang 2022. Kenaikan UMR Cikarang lebih tinggi dari rata-rata kenaikan UMR di Indonesia.

Meningkatnya UMR Cikarang didorong oleh beberapa faktor, yaitu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bekasi yang cukup tinggi, kenaikan harga kebutuhan pokok, dan tuntutan dari serikat pekerja.

Kenaikan UMR Cikarang tentu memiliki dampak yang signifikan bagi berbagai pihak. Bagi pekerja, kenaikan UMR ini tentu merupakan kabar baik. Sedangkan, bagi pengusaha, kenaikan UMR dapat menimbulkan dampak positif dan negatif. Bagi pemerintah, kenaikan UMR Cikarang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan pekerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Demi mendukung keuangan EduFriends, Edufund menyediakan pinjaman dana online untuk kamu yang terkendala finansial. Edufund menawarkan berbagai macam jenis produk, mulai dari pinjaman dana pendidikan, kursus, KTA, bahkan modal usaha. Yuk, ketahui lebih lanjut dengan klik di sini.

Artikel Terkait

Gaji Guru SMA: Berapa Idealnya dan Realita di Indonesia?

Gaji Guru SMA: Berapa Idealnya dan Realita di Indonesia?

Menjadi guru merupakan sebuah profesi mulia yang dedikasi dan pengabdiannya patut diapresiasi. Di balik peran pentingnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, gaji guru SMA di Indonesia masih menjadi topik hangat yang

Panduan Lengkap Menjadi Community Officer Era Digital!

Panduan Lengkap Menjadi Community Officer Era Digital!

Di era digital yang serba terkoneksi ini, peran Community Officer (CO) semakin vital dalam berbagai organisasi dan komunitas. CO bagaikan jembatan penghubung yang menjembatani kesenjangan antara organisasi/komunitas dengan para anggotanya.

Berapa Harga Franchise Mixue? Ini Syarat dan Caranya!

Berapa Harga Franchise Mixue? Ini Syarat dan Caranya!

Siapa yang tidak kenal Mixue? Brand asal China ini telah menjadi sensasi global dengan tawaran teh dan es krimnya yang lezat dan terjangkau. Konsep bisnis franchise Mixue telah terbukti sukses,

Tips Menyusun Struktur Organisasi Perusahaan dengan Contoh

Tips Menyusun Struktur Organisasi Perusahaan dengan Contoh

Pernahkah Anda membayangkan sebuah perusahaan tanpa struktur organisasi? Kekacauan, kebingungan, dan ketidakefisienan akan merajalela. Setiap orang akan bekerja tanpa arah dan tujuan yang jelas, dan perusahaan akan terhambat dalam mencapai