Hapsoro Sukmonohadi: Bisnis Suami Puan Maharani

Blog Ilustrasi Hapsoro Sukmonohadi

Hapsoro ‘Happy’ Sukmonohadi adalah pebisnis terkenal di pasar modal yang juga merupakan suami dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Puan Maharani. Happy mempunyai bisnis di berbagai bidang, mulai dari perhotelan hingga migas.

Namanya semakin dikenal sejak gencar bermanuver di pasar modal dengan aksi mencaplok saham-saham pada tengah tahun politik.

Begini profil, deretan usaha, dan total kekayaannya saat ini!

Baca juga: Perbedaan BI FAST dan Realtime Online dalam Transaksi Transfer Antar Bank

Profil Hapsoro ‘Happy’ Sukmonohadi

Hapsoro Sukmonohadi
Foto dari Rakyat Merdeka

Happy adalah seorang anak dari pengusaha properti dan jasa forwarding, Bambang Sukmonohadi. Bapak dari Happy menjalankan usaha ini di sebuah gedung bertingkat miliknya yang berlokasi di kawasan bekas Bandara Kemayoran, Jakarta Pusat. Gedung itu bernama Blossom Residence.

Hapsoro Sukmonohadi menikahi Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi sebulan sebelum jatuhnya era Orde Baru. Situasi gejolak politik tahun 1998 tidak menghalangi Putri dari Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Happy Hapsoro untuk mengikat janji suci. Acara sakral itu dilangsungkan di Kebagusan, Jakarta Selatan.

Suami dari Puan Maharani ini merupakan seorang pebisnis ulung yang memiliki berbagai bidang usaha di Indonesia. Bersama istrinya, Hapsoro dikaruniai dua orang anak, yaitu Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari dan Praba Diwangkara Caraka Putra Soma.

Kisah pribadi dari Happy Hapsoro sangat tertutup. Tak banyak diungkap publik, begitu pula di Google dan media sosial Happy maupun Puan. Namun, disebutkan bahwa Happy adalah sosok di balik layar.

Baca juga: Mengenal Ritel: Definisi, Jenis, dan Peranannya dalam Ekonomi

Sepak Terjang

PT Basis Utama Prima
PT Basis Utama Prima

Bekerja di balik layar, tepatnya bergerak di dunia bisnis adalah hal yang dilakukan oleh Hapsoro Sukmonohadi. Seperti yang tertulis di atas, bahwa hasil pencarian mesin pencari dengan namanya itu tidak banyak, hanya muncul beberapa konten bahwa dia adalah mantu dari mantan Presiden, Megawati Soekarnoputri.

Begitu pula catatannya dalam dunia bisnis, tidak banyak. Tertulis bahwa ia menjadi pengusaha properti, akan tetapi tidak diketahui secara pasti, kapan ia menjadi pewaris perusahaan properti. Itu semua telah berubah, baru-baru ini namanya melejit di pasar modal setelah mendirikan perusahaan holding dan rajin ‘menyerok’ saham-saham di lantai bursa.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2017 ini bernama PT Basis Utama Prima, atau lebih dikenal sebagai Basis Investment. Sebesar 99% saham digenggamnya, jadi operasi bisnis ini hampir sepenuhnya dikendalikan oleh Happy.

Baca juga: 5 Peluang Usaha Menjanjikan di 2023, Dijamin Cuan Terus!

Agresivitas di Pasar Modal

Idx
Foto dari Gramedia

Pada tahun politik, bukan hanya politikus yang bermanuver lincah. Hal tersebut pun dilakukan oleh Happy dalam menjalankan bisnisnya. Melalui korporasinya, ia menyaplok satu per satu saham di lantai bursa.

Bermanuver sejak tahun lalu, Basis Investment berhasil mengamankan saham 2 perusahaan di Bursa Efek Indonesia. PT Sanurhasta Mitra Tbk (MINA) sebesar 45,71% dan PT Singaraja Putra Tbk sebesar 28%. Bahkan, akusisi kedua saham perusahaan tersebut dilakukan berdekatan, 19 September dan 22 November 2022 secara berurutan.

Baca juga: Toko Buku Gunung Agung: Menjual Rokok hingga Sukses di BEI

Manuver Tahun Politik

Happy Hapsoro dan Keluarga
Happy Hapsoro dan Keluarga (foto dari Harian Haluan)

Para politisi giat meningkatkan elektoralnya, sedangkan Happy fokus bermanuver di dunia usaha. Terang saja, pada tahun 2023 ini, nilai transaksinya tercatat fantastis. Seluruh transaksi hampir menyentuh angka Rp1 triliun.

Melalui perusahaan Sanurhasta Mitra (MINA), Happy mengakuisisi PT Dwi Daya Swakarsa (SINI) dengan nilai Rp899 miliar atau setara dengan 75% saham dari Dwi Daya Swakarya (SINI) yang dimiliki oleh PT Barito Energy.

Diketahui bahwa tujuan akuisisi ini untuk memenuhi permintaan kebutuhan batu bara oleh pasar domestik dan mancanegara dalam jangka waktu ke depan.

Tak hanya pada bidang pertambangan, ia ternyata juga berkecimpung di dunia pehotelan dengan ‘mencaplok’ Bukit Uluwatu Villa Tbk (BUVA) dengan persentase menyentuh angka 64,86% total saham.

Baca juga: Strategi Email Marketing yang Menarik Perhatian Pelanggan

Deretan Bisnis

Hapsoro Sukmonohadi menanamkan sahamnya di sejumlah perusahaan. Berikut deretan bisnisnya:

List Perusahaan Hapsoro Sukmonohadi
List Perusahaan Hapsoro Sukmonohadi

Baca juga: 10 Tips Sukses Mengumpulkan Modal Usaha untuk Memulai Bisnis

Kekayaan

Happy Hapsoro punya jabatan tinggi di beberapa perusahaan. Pada sektor migas, Happy punya perusahaan Odira Energy Persada sebagi komisaris. Happy menjadi presiden komisaris dari perusahaan operator hotel jaringan merek Red Planet, PT Red Planet Indonesia Tbk dan PT Pusako Tarinka Tbk. Sederet bisnisnya membuat kekayaan Happy meningkat tiap tahun, diperkirakan sekarang Rp1,03 triliun.

Baca juga: Tingkatkan Pendapatan Bisnis dengan Affiliate Marketing

Artikel Terkait

Gaji Guru SMA: Berapa Idealnya dan Realita di Indonesia?

Gaji Guru SMA: Berapa Idealnya dan Realita di Indonesia?

Menjadi guru merupakan sebuah profesi mulia yang dedikasi dan pengabdiannya patut diapresiasi. Di balik peran pentingnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, gaji guru SMA di Indonesia masih menjadi topik hangat yang

Panduan Lengkap Menjadi Community Officer Era Digital!

Panduan Lengkap Menjadi Community Officer Era Digital!

Di era digital yang serba terkoneksi ini, peran Community Officer (CO) semakin vital dalam berbagai organisasi dan komunitas. CO bagaikan jembatan penghubung yang menjembatani kesenjangan antara organisasi/komunitas dengan para anggotanya.

Berapa Harga Franchise Mixue? Ini Syarat dan Caranya!

Berapa Harga Franchise Mixue? Ini Syarat dan Caranya!

Siapa yang tidak kenal Mixue? Brand asal China ini telah menjadi sensasi global dengan tawaran teh dan es krimnya yang lezat dan terjangkau. Konsep bisnis franchise Mixue telah terbukti sukses,

Tips Menyusun Struktur Organisasi Perusahaan dengan Contoh

Tips Menyusun Struktur Organisasi Perusahaan dengan Contoh

Pernahkah Anda membayangkan sebuah perusahaan tanpa struktur organisasi? Kekacauan, kebingungan, dan ketidakefisienan akan merajalela. Setiap orang akan bekerja tanpa arah dan tujuan yang jelas, dan perusahaan akan terhambat dalam mencapai