4 Tips Ampuh Mengelola Keuangan untuk Generasi Sandwich!

Blog Ilustrasi Cover 4 Tips Mengelola keuangan untuk generasi sandwich

Generasi sandwich telah menjadi istilah yang umum digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang tidak hanya bertanggung jawab terhadap keuangan pribadi mereka, tetapi juga keluarga inti (jika sudah menikah) dan orang tua mereka. Lantas, adakah tips bagi generasi sandwich untuk mengelola keuangan?

Bagi generasi sandwich, mengelola keuangan dengan seimbang bisa menjadi tantangan yang signifikan, terutama jika pendapatan atau gaji yang diterima tidak besar.

Oleh karena itu, diperlukan sejumlah tips dan trik agar generasi sandwich tetap dapat mencapai kemandirian finansial meskipun harus menanggung tanggung jawab yang berat.

Berikut ini adalah empat cara mengatur keuangan bagi generasi sandwich agar tetap merdeka secara finansial, seperti yang dikutip dari lifepal.co.id.

1. Buat Rencana Anggaran

tips keuangan generasi sandwich: top view budget planning note with pens gray surface job copybook school student business work college money budget
Image by mdjaff on Freepik

Bagi generasi sandwich, penting untuk membuat rencana anggaran yang mencakup pengeluaran bulanan yang akan dihadapi.

Rencana anggaran ini penting karena sebagai generasi sandwich, kamu akan menghadapi berbagai situasi yang memaksa kamu untuk mengeluarkan biaya yang tidak terduga.

Dalam rencana anggaran ini, kamu dapat membagi penghasilanmu untuk keperluan dana darurat, tabungan, investasi, kehidupan sosial, dan kebutuhan sehari-hari.

Pastikan juga untuk menyesuaikan alokasi anggaran tersebut dengan proporsi dan kebutuhan masing-masing. Sebagai aturan umum, pastikan total anggaran yang kamu tetapkan tidak melebihi 60 persen dari penghasilanmu.

2. Pisahkan Rekening Tabungan dan Pengeluaran

tips keuangan generasi sandwich: word made wooden cubes with jar shopping cart
Image by Freepik

Sebagai generasi sandwich, penting bagi kamu untuk memiliki komitmen yang kuat dalam mengelola keuangan. Artinya, setiap pengeluaran harus sesuai dengan rencana dan kebutuhan yang telah ditetapkan.

Oleh karena itu, disarankan untuk memisahkan rekening yang digunakan untuk menabung dan rekening yang digunakan untuk pengeluaran sehari-hari.

Pemisahan rekening ini dapat membantu menghindari pengeluaran berlebihan dan menjaga konsistensi dengan rencana anggaran yang telah kamu buat sebelumnya.

3. Prioritaskan Perlindungan Diri Sendiri

people with icons theme security
Image by rawpixel.com on Freepik

Sebagai generasi sandwich, kamu akan merasa bertanggung jawab untuk memberikan pendapatan bagi orang-orang yang kamu tanggung.

Karena itu, sangat penting untuk memberikan perlindungan dan asuransi untuk dirimu sendiri. Salah satu opsi yang bisa dipertimbangkan adalah asuransi kesehatan.

Jika asuransi kesehatan terlihat mahal, kamu bisa mempertimbangkan untuk memanfaatkan BPJS Kesehatan yang premi yang masih terjangkau sesuai anggaranmu. Selain itu, kamu juga dapat menjaga keuangan dengan baik dan mengajukan pinjaman EduCash jika kamu mengalami kekurangan dalam keuangan.

4. Mulai Melakukan Investasi

graph growth development improvement profit success concept
Image by rawpixel.com on Freepik

Meskipun kamu memiliki tanggung jawab finansial yang besar, bukan berarti kamu tidak bisa berinvestasi. Investasi tetap penting bagi generasi sandwich.

Idealnya, alokasikan sekitar 10 persen dari penghasilan bulananmu untuk investasi. Namun, angka ini dapat disesuaikan dengan kemampuanmu. Pastikan investasi tidak memberikan beban finansial tambahan.

Terdapat banyak instrumen investasi dengan sifat konservatif, seperti deposito, reksa dana pasar uang, dan surat berharga negara (SBN). Selain itu, kamu juga dapat berinvestasi dalam logam mulia, seperti emas.

Itulah empat tips bagi generasi sandwich untuk mengelola keuangan dengan baik dan tetap mencapai kemandirian finansial. Selain itu, jika kamu mengalami kekurangan dalam keuangan, kamu juga dapat mengajukan pinjaman online ke Edufund, yaitu EduCash.

Melalui EduCash, kamu bisa mengajukan hingga Rp50 juta dengan bunga kompetitif. Tak hanya itu, kamu pun bisa mencicil hingga 24 bulan. Sangat menarik, ‘kan?

Hebatnya lagi, Edufund pun juga menawarkan produk pinjaman dana pendidikan untuk sekolah, kuliah, dan kursus. Kamu bisa menggunakan EduCollege untuk solusi dari segala kebutuhan finansial pendidikan.

Baca Juga

Investasi untuk Pengusaha: Jenis-jenis hingga Contoh Sukses

Finable by Edufund: Solusi Pinjaman Modal Ringan dan Terpercaya

Renovasi Rumah Tanpa Biaya: Tips Hemat yang Efektif

Artikel Terkait

3 Digit Berapa Rupiah? Mengungkap Makna di Balik Istilah Gaji

3 Digit Berapa Rupiah? Mengungkap Makna di Balik Istilah Gaji

Pernahkah Anda mendengar seseorang menyebutkan gaji mereka dengan istilah “3 digit”? Jika ya, mungkin Anda bertanya-tanya, “3 digit berapa rupiah sih?”. Pada artikel ini, kita akan mengupas makna di balik

Perbedaan Bank Syariah dan Konvensional & Contoh Bank Syariah

Perbedaan Bank Syariah dan Konvensional & Contoh Bank Syariah

Produk perbankan semakin beragam seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu pilihan yang kini diminati masyarakat adalah perbankan syariah. Bank syariah beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam, menawarkan alternatif pengelolaan keuangan yang

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan: Modal Usaha Mudah & Cepat!

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan: Modal Usaha Mudah & Cepat!

Di era modern, akses keuangan bagaikan kunci untuk membuka pintu menuju peluang dan kesuksesan. Namun, kenyataan pahitnya, banyak individu dan kelompok yang masih tertinggal dalam mendapatkan akses ini. Bagi mereka,

Atasi Akun DANA Dibekukan! Temukan Alternatifnya di Sini!

Atasi Akun DANA Dibekukan! Temukan Alternatifnya di Sini!

Di era digital ini, DANA telah menjelma menjadi platform pembayaran digital terdepan di Indonesia. DANA menawarkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi, mulai dari transfer uang, pembayaran tagihan, hingga pembelian pulsa dan