Tertarik jadi Data Scientist? Pastikan Kamu Punya Skill Ini!

data scientist 1

Beberapa tahun belakangan ini, data scientist menjadi sebuah profesi yang banyak digandrungi millennials dan generasi Z. Tak dapat dipungkiri, pekerjaan ini banyak dicari berbagai perusahaan. Tentunya untuk jadi seorang data scientist harus punya beberapa skill yang mendukung.

Baca Juga: Yuk, Buat Resolusi Keuangan Tiap Tahunnya

Baik korporasi, maupun digital startup dengan gaji yang menggiurkan dan perkembangan teknologi yang terus berkembang.

Tak heran, data scientist menjadi salah satu profesi yang diperhitungkan saat ini. Kira-kira apa saja, ya, skill yang harus dimiliki untuk jadi data scientist andal yang banyak dicari? Yuk, simak disini selengkapnya!

Pemprograman

Kemampuan akan programming sudah menjadi suatu keharusan. Seorang data scientist harus memahami tools of trade yang digunakan secara mendalam.

Ini berarti data scientist paling tidak harus menguasai bahasa pemrograman seperti R ataupun Python serta bahasa database querying seperti SQL.

Statistik, Kalkulus dan Aljabar

Pemahaman yang menyeluruh mengenai statistika, kalkulus, dan aljabar linear merupakan sesuatu hal yang paling penting bagi seorang data scientist.

Ilmu statistika digunakan untuk menentukan algoritma yang akan digunakan dan diperlukan untuk mengembangkan software machine learning yang berfungsi sebagai pusaka seorang data scientist.

Sedangkan, kalkulus dengan fungsi yang dapat diterapkan di banyak variabel dan aljabar linear merupakan konsep yang paling dasar dan sederhana bagi data science.

Baca Juga: Semua Orang Bisa Mencapai Financial Freedom, Lho. Begini Caranya!

Machine Learning

Perusahaan yang produknya bersifat data driven seperti Google Maps, Netflix, atau Uber pasti sangat membutuhkan machine learning. Seorang data scientist tidak mungkin menentukan algoritma dari data yang tak terstruktur dengan jumlah yang sangat besar satu per satu.

Maka dari situlah harus bisa mengembangkan machine learning untuk mengolah banyaknya data tak terstruktur tadi dan apabila machine learning yang dikembangkan memungkinkan bisa dipakai untuk sebuah konsep artificial intelegence (AI) oleh seorang data scientist.

Pemetaan, Komunikasi, dan Visualisasi Data

Terkadang data yang didapatkan tidaklah sesempurna yang terkira. Secara penulisan kata “Yogyakarta” dan “Jogja” berbeda tapi secara konsep memiliki makna yang sama.

Dan ingat, komputer itu tidak sepintar manusia. Sebagai seorang data scientist kita harus membuat data tersebut dikenali oleh komputer.

Untuk itulah pemilahan data diperlukan untuk menjaga “kebersihan” data. Bagi manajemen yang data-driven terutama di perusahaan yang masih tergolong baru, data scientist di perusahaan mereka sering dimintai bantuan dalam menentukan arah kebijakan suatu perusahaan.

Maka tak heran jika data scientist harus pandai memvisualisasikan dan mempresentasikan data hasil olahannya sendiri.

Itulah beberapa skill penting yang harus mulai kamu miliki dan pelajari untuk jadi data scientist.

Baca Juga: 6 Tips Menggunakan Pinjaman Online dengan Aman

Sekarang, apakah kamu sudah siap untuk menjadi seorang data scientist yang andal? Belajar di Algoritma Data Science School dan ajukan program cicilanmu hingga 12 bulan di Edufund sekarang juga!

Artikel Terkait

Gaji Guru SMA: Berapa Idealnya dan Realita di Indonesia?

Gaji Guru SMA: Berapa Idealnya dan Realita di Indonesia?

Menjadi guru merupakan sebuah profesi mulia yang dedikasi dan pengabdiannya patut diapresiasi. Di balik peran pentingnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, gaji guru SMA di Indonesia masih menjadi topik hangat yang

Panduan Lengkap Menjadi Community Officer Era Digital!

Panduan Lengkap Menjadi Community Officer Era Digital!

Di era digital yang serba terkoneksi ini, peran Community Officer (CO) semakin vital dalam berbagai organisasi dan komunitas. CO bagaikan jembatan penghubung yang menjembatani kesenjangan antara organisasi/komunitas dengan para anggotanya.

Berapa Harga Franchise Mixue? Ini Syarat dan Caranya!

Berapa Harga Franchise Mixue? Ini Syarat dan Caranya!

Siapa yang tidak kenal Mixue? Brand asal China ini telah menjadi sensasi global dengan tawaran teh dan es krimnya yang lezat dan terjangkau. Konsep bisnis franchise Mixue telah terbukti sukses,

Tips Menyusun Struktur Organisasi Perusahaan dengan Contoh

Tips Menyusun Struktur Organisasi Perusahaan dengan Contoh

Pernahkah Anda membayangkan sebuah perusahaan tanpa struktur organisasi? Kekacauan, kebingungan, dan ketidakefisienan akan merajalela. Setiap orang akan bekerja tanpa arah dan tujuan yang jelas, dan perusahaan akan terhambat dalam mencapai