Ternyata Begini Cara Membuat Resolusi Keuangan

cara membuat resolusi dan rencana keuangan di awal tahun min 1

Membuat resolusi keuangan atau yang juga bisa kamu sebut dengan financial planning adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai tujuan di bidang pengelolaan keuangan. Hal ini guna mencapai tujuan yang ingin kamu raih, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Baca Juga: Investasi untuk Pemula, Pilih Emas atau Reksadana?

Financial planning berguna dalam hal mengatur keuangan dalam jangka panjang. Rencana keuangan ini bisa membantu dalam mengontrol pemasukan dan juga pengeluaran. Hal ini tentunya penting, karena akan mempengaruhi kestabilan finansial seseorang sehingga tujuan kamu pun bisa lebih mudah tercapai karena adanya rencana yang jelas.

Tujuan dalam Membuat Resolusi Keuangan

tujuan resolusi keuangan
Tujuan dalam Membuat Resolusi Keuangan, foto dari Pexels

Setiap orang tentunya memiliki tujuan dan keinginan yang berbeda-beda. Di tahun depan, kamu mungkin memiliki beberapa tujuan besar yang berpengaruh terhadap keuangan seperti menikah, liburan ke luar negeri, membeli rumah, atau hal lainnya. Tujuan ini bisa kamu capai jika memiliki perencanaan keuangan yang jelas.

Tujuan dan keinginan tersebut bisa kamu gunakan sebagai resolusi keuangan. kamu bisa menggunakannya untuk membuat goals yang jelas sehingga bisa membuat perencanaan keuangan yang jelas. Perlu kamu ingat, bahwa dalam membuat resolusi ini, kamu perlu untuk merencanakannya secara realistis dan detil. Hal ini akan membantu kamu dalam mewujudkannya.

Sebagai contoh, kamu ingin mengumpulkan uang sebesar Rp30 juta di tahun depan. Kamu bisa membuat resolusi yang realistis, mulai dari jangka waktu menabung dan jumlah minimal simpanan per bulan. Resolusi kamu akan lebih mudah terwujud jika membuat perencanaan keuangan dengan detil.

Perhatikan Hal Ini dalam Membuat Resolusi Keuangan

Perhatikan Hal Ini dalam Membuat Resolusi Keuangan
Perhatikan Hal Ini dalam Membuat Resolusi Keuangan, foto dari Unsplash

Membuat rencana keuangan adalah kegiatan yang perlu kamu lakukan, jika ingin stabil secara finansial. Selain resolusi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membuat rencana keuangan, yaitu sebagai berikut.

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan saat Memiliki Cicilan!

1. Jumlah Penghasilan

Penghasilan memiliki pengaruh besar dalam rencana keuangan yang akan kamu buat. Karena itu, kamu perlu memperhatikan jumlah pendapatan, supaya bisa membuat rencana keuangan yang sesuai. Jangan sampai kamu membuat financial plan yang lebih dari penghasilan.

2. Anggaran untuk Kebutuhan

Hal lain yang perlu kamu perhatikan dalam membuat rencana keuangan adalah anggaran kebutuhan. Kamu tentunya memiliki kebutuhan yang harus terpenuhi seperti untuk makan, belanja, uang sekolah, asuransi, pajak, dan lain-lain. Pastikan kamu memiliki anggaran untuk hal-hal penting tersebut ketika membuat rencana keuangan.

3. Utang dan Kredit

Jika memiliki utang atau cicilan, pastikan kamu memperhitungkannya ketika membuat perencanaan keuangan, sebab akan mempengaruhi keadaan finansialmu sendiri. Kamu perlu menyisihkan sejumlah uang tertentu untuk melunasi utang dan cicilan sebelum menggunakannya untuk hal lain.

Baca Juga: Lakukan Ini Jika Ingin Mencapai Financial Freedom!

Resolusi Keuangan

Jika kamu memiliki kendala dalam merencanakan keuanganmu, jangan khawatir. Edufund hadir, aplikasi pendanaan online yang telah berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan. Edufund menawarkan aplikasi pemberian dana yang cepat cair hingga Rp25 juta, dengan bunga hanya 0,05% per hari, dengan tenor hingga 24 bulan.

Tunggu apa lagi? Segera nikmati kemudahan pengajuan pembiayaan melalui Edufund!

Artikel Terkait

3 Digit Berapa Rupiah? Mengungkap Makna di Balik Istilah Gaji

3 Digit Berapa Rupiah? Mengungkap Makna di Balik Istilah Gaji

Pernahkah Anda mendengar seseorang menyebutkan gaji mereka dengan istilah “3 digit”? Jika ya, mungkin Anda bertanya-tanya, “3 digit berapa rupiah sih?”. Pada artikel ini, kita akan mengupas makna di balik

Perbedaan Bank Syariah dan Konvensional & Contoh Bank Syariah

Perbedaan Bank Syariah dan Konvensional & Contoh Bank Syariah

Produk perbankan semakin beragam seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu pilihan yang kini diminati masyarakat adalah perbankan syariah. Bank syariah beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam, menawarkan alternatif pengelolaan keuangan yang

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan: Modal Usaha Mudah & Cepat!

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan: Modal Usaha Mudah & Cepat!

Di era modern, akses keuangan bagaikan kunci untuk membuka pintu menuju peluang dan kesuksesan. Namun, kenyataan pahitnya, banyak individu dan kelompok yang masih tertinggal dalam mendapatkan akses ini. Bagi mereka,

Atasi Akun DANA Dibekukan! Temukan Alternatifnya di Sini!

Atasi Akun DANA Dibekukan! Temukan Alternatifnya di Sini!

Di era digital ini, DANA telah menjelma menjadi platform pembayaran digital terdepan di Indonesia. DANA menawarkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi, mulai dari transfer uang, pembayaran tagihan, hingga pembelian pulsa dan