6 Tips Menggunakan Pinjaman Online dengan Aman

Tips Menggunakan Pinjaman Online

Harus diakui, bahwa memang ada kalanya kita terdesak oleh keperluan yang mendadak namun kondisi keuangan tidak memungkinkan. Meski dana darurat sejatinya harus dimiliki semua orang, tetapi kondisi mendesak bisa terjadi kapan saja, bahkan saat pengeluaran sedang menggunung. Sampai ada momen di mana kamu mencoba untuk menggunakan pinjaman online.

Baca Juga: Buatlah Resolusi Keuangan dengan Cara Ini

Untungnya, saat ini ada layanan pemberian dana secara online terpercaya yang bisa diandalkan sebagai solusi segala kebutuhan dadakan. Sayangnya, tidak semua masyarakat menjatuhkan pilihannya pada aplikasi pinjaman online terpercaya, karena alasan keamanan.

Edufund telah merangkum tips menggunakan pinjaman online dengan aman yang bisa kamu terapkan nantinya!

1. Memahami Skema Pinjaman Online

Meminjam uang kepada kerabat atau keluarga seringkali menjadi pilihan. Namun, bagaimana jika keduanya tidak memiliki uang lebih untuk dipinjamkan? Memang, ada produk pinjaman dari berbagai perusahaan perbankan yang tersedia.

Namun, seringnya pinjaman tersebut tersedia dalam nominal yang cukup besar sehingga tenor pinjaman berlangsung dalam waktu yang cukup panjang.

Sedangkan, pinjaman online menawarkan nominal yang lebih kecil dengan tenor yang lebih singkat dan dinilai lebih sesuai untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat mendadak.

Meskipun jumlahnya lebih kecil namun peminjam wajib melakukan pembayaran pinjaman secara tepat waktu sesuai dengan kesepakatan yang tertera saat mengajukan pinjaman.

2. Cari Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya

Sebelum melakukan pinjaman online, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu apakah aplikasi yang ingin digunakan telah terdaftar, berizin, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)?

Terdaftarnya suatu aplikasi pinjaman online di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan jaminan bahwa perusahaan aplikasi melakukan operasinya secara legal dan mengikuti peraturan yang berlaku, mulai dari cara penagihan, besaran bunga, dan data pribadi pengguna.

3. Pilih Pinjaman Online yang Memberikan Transparansi

transparansi Pinjaman Online
Pilih Pinjaman Online yang Memberikan Transparansi, photo by Pexels

Melakukan riset terlebih dahulu terhadap aplikasi pinjaman online yang akan digunakan adalah sebuah keharusan.

Pastikan kamu memilih aplikasi pinjaman yang terpercaya yaitu memberikan transparansi saat melakukan pengajuan pinjaman, seperti bunga pinjaman, potongan administrasi, dan jumlah pinjaman yang diberikan. 

Baca Juga: Ingin mencapai Financial Freedom? Begini Tipsnya

4. Pastikan Keamanan Privasi

Ketika melakukan instalasi, aplikasi tersebut akan meminta izin pengguna untuk mengakses beberapa fitur smartphone.

Permintaan akses tersebut dibuat agar pengguna bisa mendapatkan pengalaman penggunaan aplikasi dengan optimal. Perusahaan resmi hanya boleh mengakses camera, microphone, dan location.

5. Catat Jumlah Pinjaman dan Jadwal Jatuh Tempo

Agar kamu tidak kewalahan dalam melunasi pinjaman, kamu sangat disarankan untuk mencatat jumlah uang yang dipinjam dalam buku khusus. Selain itu, penting juga untuk kamu ketahui berapa besaran uang yang harus dibayarkan saat pelunasan. 

Aplikasi pinjaman online biasanya menawarkan berbagai pilihan produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Pastikan bahwa kamu memilih nominal pinjaman yang tepat dan sesuai dengan kemampuan pelunasan pinjaman.

Jangan lupa untuk mencatat dan mengingat tanggal jatuh tempo yang merupakan batas akhir pembayaran utang.

Apabila kamu lupa atau tidak dapat membayar pada tanggal yang ditentukan, akan ada konsekuensi berupa biaya keterlambatan dan bunga harian yang terus berjalan.

6. Pahami Kontrak Pinjaman

Meminjam uang ke perusahaan fintech mengharuskan kamu untuk menandatangani kontrak pinjaman. Kontrak inilah yang menjadi dasar hukum terjadinya pinjam-meminjam. Maka dari itu, kamu harus membaca dan memahami isi kontrak pinjaman dan mengajukan pertanyaan apabila belum jelas.

Kontrak tersebut dibuat agar peminjam dapat memahami risikonya. Kontrak ini memuat sanksi yang akan diberikan kepada peminjam apabila melanggar satu peraturan, seperti tidak dapat melunasi utang di waktu jatuh tempo.

Maka dari itu, penting untuk mempelajari dan memahami isi kontrak agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Baca Juga: Catat! Tips Mengatur Keuangan di Bulan Ramadan saat Pandemi

banner Pinjaman Online

Itulah berbagai tips menggunakan pinjaman online yang bisa kamu terapkan saat memutuskan untuk mencari dana tambahan yang terpercaya.

Jika kamu sedang mencari pendanaan online yang terpercaya, aman, dan sudah berizin serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, maka Edufund adalah jawabannya!

Artikel Terkait

3 Digit Berapa Rupiah? Mengungkap Makna di Balik Istilah Gaji

3 Digit Berapa Rupiah? Mengungkap Makna di Balik Istilah Gaji

Pernahkah Anda mendengar seseorang menyebutkan gaji mereka dengan istilah “3 digit”? Jika ya, mungkin Anda bertanya-tanya, “3 digit berapa rupiah sih?”. Pada artikel ini, kita akan mengupas makna di balik

Perbedaan Bank Syariah dan Konvensional & Contoh Bank Syariah

Perbedaan Bank Syariah dan Konvensional & Contoh Bank Syariah

Produk perbankan semakin beragam seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu pilihan yang kini diminati masyarakat adalah perbankan syariah. Bank syariah beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam, menawarkan alternatif pengelolaan keuangan yang

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan: Modal Usaha Mudah & Cepat!

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan: Modal Usaha Mudah & Cepat!

Di era modern, akses keuangan bagaikan kunci untuk membuka pintu menuju peluang dan kesuksesan. Namun, kenyataan pahitnya, banyak individu dan kelompok yang masih tertinggal dalam mendapatkan akses ini. Bagi mereka,

Atasi Akun DANA Dibekukan! Temukan Alternatifnya di Sini!

Atasi Akun DANA Dibekukan! Temukan Alternatifnya di Sini!

Di era digital ini, DANA telah menjelma menjadi platform pembayaran digital terdepan di Indonesia. DANA menawarkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi, mulai dari transfer uang, pembayaran tagihan, hingga pembelian pulsa dan