Negara dengan Perayaan Tahun Baru Termeriah

Cover Blog Tahun Baru scaled

Pergantian tahun sudah di penghujung waktu, diikuti dengan liburan yang dinanti-nanti. Semalam sebelum tahun baru biasanya dijadikan sebuah hari dengan penuh sukacita dan kesenangan, identik dengan kumpul bersama dan juga berpesta. Malam sebelum tahun baru bisa juga menjadi malam yang lebih hangat dan dihabiskan dengan berkumpul bersama orang-orang terdekat saja.

Mengakhiri tahun 2022 pastinya ingin melakukan aktivitas menyenangkan yang bisa berkesan sampai tahun 2023, bukan? Nah, negara-negara ini merayakan tahun baru dengan sangat meriah yang pastinya akan berkesan sampai tahun berikutnya! Simak terus untuk mengetahui negara apa saja, ya!

1. Dubai, UEA

Perayaan tahun baru di Dubai dimeriahkan dengan kembang api
Perayaan tahun baru di Dubai dimeriahkan dengan kembang api (Gambar dari EliteTraveler)

Saat jam menunjukkan pukul 12, banyak tempat di Dubai yang menyajikan kerlap kerlip kembang api yang bervariasi, dan tentunya menyenangkan untuk dilihat. Pertunjukan megah di depan Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia dan juga Dubai Fountain yang sangat modern bisa disaksikan setiap perayaan tahun baru. Biasanya, kebanyakan orang berkumpul di depan Dubai Fountain untuk menyaksikan salah satu perayaan tahun baru terbaik di dunia, yaitu, pertunjukan lampu di Burj Khalifa dilengkapi dengan pertunjukan air yang enggak kalah menarik.

Enggak perlu khawatir kalau takut akan terlalu ramai, karena untuk menikmati perayaan yang megah ini, orang-orang biasanya juga menontonnya melalui restoran yang terletak di dekat Dubai Fountain. Makan malam sambil menonton pertunjukan di tahun baru? Siapa yang enggak mau, sih?

Baca juga: 5 Mahakarya Arsitektur Islam Termegah di Dunia

2. New York, AS

Perayaan Tahun Baru di Times Square, New York dilengkapi dengan ribuan orang.
Perayaan Tahun Baru di Times Square, New York dilengkapi dengan ribuan orang (Gambar dari REUTERS/Lucas Jackson)

Merayakan tahun baru di kota yang biasa disebut Big Apple ini, biasanya sangat ramai dilakukan di Times Square. Setiap tanggal 31 Desember, One Times Square akan menurunkan bola yang berada di atap gedungnya, sebagai salah satu penanda pergantian tahun, yang biasa disebut dengan Times Square Ball Drop. Banyak sekali orang yang berkumpul dari berbagai belahan dunia datang untuk melihat aksi yang sudah mendunia ini.

New York juga menyiapkan kembang api yang memukau di Central Park dan juga New York Harbor. Jika Times Square terlalu padat, masih ada tempat lain untuk melakukan dan menikmati suasana tahun baru yang meriah. Merayakan tahun baru di New York memiliki beberapa opsi yang enggak akan membuat orang bosan.

Mulai dari makan malam di sebuah kapal di Staten Island sambil memandang pemandangan dan gemerlap kembang api. Sampai bersenang-senang di banyaknya bar dan restoran rooftop untuk melihat kembang api yang dipersiapkan khusus di malam pergantian tahun.

3. Sydney, Australia

Kumpulan kapal pesiar di sekitar Pearl Harbour, Sydney untuk perayaan tahun baru.
Kumpulan kapal pesiar di sekitar Pearl Harbour untuk perayaan tahun baru (Gambar dari AAP: Brendan Esposito)

Tahun baru di Sydney, Australia merupakan salah satu perayaan tahun baru terbesar di dunia. Sydney juga menyediakan pementasan kembang api terbesar di dunia, dengan durasi 12 menit yang pastinya pas banget untuk diabadikan dan dinikmati bersama orang-orang terdekat. Pertunjukan itu, menarik kurang lebih 1 juta orang, dan biasanya diadakan di Sydney Harbor atau jembatan Sydney Harbor

Selain merayakannya di Sydney Harbor, kamu juga bisa melihat kembang api melalui kapal pesiar yang menawarkan makanan mewah dan juga lokasi yang ikonik untuk merayakan tahun baru bersama. Selain itu, kalau kamu enggak pengin merayakan tahun baru di kapal pesiar, kamu juga bisa reservasi di restoran-restoran tepi laut untuk makan malam dengan memandang pertunjukkan kembang api yang megah.

Baca juga: Tradisi Hari Natal di Berbagai Penjuru Dunia

4. Paris, Prancis

Kembang api yang menyala di sekitar menara Eiffel.
Kembang api yang menyala di sekitar menara Eiffel (Gambar dari Yann Caradec)

Paris bisa dibilang menjadi tempat terbaik untuk merayakan tahun baru di dunia, apa lagi untuk para pasangan. Saat tahun baru, kembang api akan dinyalakan di jalan Champ-Elysées yang memeriahkan langit dengan letupan cahaya di tengah monumen Arc de Triomphe indah yang terletak di tengah jalan. Kembang api di sekitar Champ-Elysées membuat perayaan tahun baru menjadi lebih romantis, ditambah dengan julukan Paris sebagai kota yang romantis. Hitung mundur kedatangan tahun baru di lokasi paling ikonik di Paris, Champ-Elysées yang merupakan tempat “tradisional” rakyat Prancis untuk menunggu kedatangan tahun baru bersama. 

Kembang api hanya akan dinyalakan di menara Eiffel pada tanggal 14 Juli saat Bastille Day atau hari nasional Prancis. Hitung mundur ini biasanya disaksikan bersama dan diproyeksikan di Arc de Triomphe. Tahun baru juga menjadi waktu yang tepat untuk menonton pertunjukan kabaret, dan Paris mempunyai salah satu pertunjukan kabaret terbaik di dunia.

Kalau tertarik, kamu bisa pergi ke Moulin Rouge dan menikmati pertunjukan dari penyanyi dan vokalis yang berbeda. Tahun baru di Paris juga terkenal dengan parade yang diadakan di akhir tahun. Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan untuk merayakan tahun baru di negara ini, bukan? 

5. London, Inggris

Kembang api yang meriah untuk merayakan tahun baru di London Eye.
Kembang api yang meriah untuk merayakan tahun baru di London Eye (Gambar dari Wikipedia)

Perayaan tahun baru di London, Inggris dilengkapi dengan berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan. London Eye adalah salah satu destinasi untuk merayakan tahun baru di Inggris, komidi putar raksasa yang menarik ribuan pengunjung untuk melihat pemandangan London di malam hari. Kembang api biasanya dinyalakan di sekitar London Eye. 

Pada sore hari, sebelum adanya kembang api, terdapat parade tahun baru yang dimulai dari Westminster dan selesai di Green Park. Malam tahun baru di London juga dilengkapi dengan kembang api yang meriah di depan jam besar yang juga merupakan salah satu ikon dari Inggris, yaitu Big Ben. Ketika pergantian tahun terjadi, Big Ben akan membunyikan bunyi “Bong” yang cukup besar untuk menandakannya.

Baca juga: Kenapa Bahasa Inggris menjadi Bahasa Internasional?

6. Berlin, Jerman

Tahun baru dimeriahkan dengan kembang api di Jerman
Perayaan tahun baru dimeriahkan dengan kembang api di Jerman (Gambar dari iamexpat)

Tahun baru di Berlin berlangsung di seluruh kota, tetapi acara utamanya berlangsung di antara Gerbang Brandenburg dan Victory Column. Perayaan ini merupakan salah satu perayaan pesta outdoor terbesar di Eropa, yaitu sekitar 1,6 mil atau 2 km. Acara utama itu ditemani dengan pertunjukan musik live, laser, dan juga DJ yang dijamin akan membuat perayaan tahun baru makin meriah, dan tentunya yang tidak dilupakan, kembang api yang akan mengawali pergantian tahun.

Acara ini juga gratis, dan akan berlangsung hingga jam 3 pagi! Setiap tahunnya, acara ini dipenuhi dengan banyak sekali peminat, dengan estimasi 1 juta orang yang semangat menikmati perayaan gratis ini. Semua yang menyenangkan ada di perayaan ini, mulai dari pertunjukkan sulap hingga makanan yang menggugah selera. Wah, sepertinya seru banget tahun baruan di Berlin, kamu tertarik?

Pergantian tahun sudah di depan mata, untuk kamu yang ingin merayakan tahun baru dengan keluarga, teman, atau pasangan, jangan khawatir kalau dompet kamu tipis! Edufund selalu ada untuk kamu di mana pun kamu berada!

Artikel Terkait

Gerhana Matahari Hibrida: Pengertian hingga Waktu Terjadinya

Gerhana Matahari Hibrida: Pengertian hingga Waktu Terjadinya

Mungkin fenomena gerhana sudah terdengar sangat familiar di telinga, namun, apakah Gerhana Hibrida itu? Gerhana Hibrida adalah saat ketika bulan berada di antara matahari dan bumi yang kemudian menghalangi cahaya

Ramadan: Arti, Kegiatan, dan Pentingnya Bulan Suci

Ramadan: Arti, Kegiatan, dan Pentingnya Bulan Suci

Bulan Ramadan adalah  bulan yang paling dinanti-nanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Bulan kesembilan dalam kalender Islam atau kalender Hijriah ini dikenal sebagai bulan untuk melakukan amalan-amalan baik. Seluruh

Hari Nyepi: Tradisi, Makna, dan Kegiatan selama 24 Jam di Bali

Hari Nyepi: Tradisi, Makna, dan Kegiatan selama 24 Jam di Bali

Setiap tahunnya ada satu hari ketika umat Hindu khususnya di pulau Bali dan juga Lombok tidak keluar dari rumah selama satu hari dan juga tidak menyalakan lampu dan alat elektronik

Konser BLACKPINK di Jakarta: Pengalaman Tak Terlupakan

Konser BLACKPINK di Jakarta: Pengalaman Tak Terlupakan

Siapa yang tak kenal dengan BLACKPINK? girlband populer yang berasal dari Korea Selatan dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Girlband satu ini berada di bawah naungan YG Entertainment, salah