Piala Dunia Dimeriahkan oleh JungKook BTS: Lagu Dreamers

cover

Pembukaan Piala Dunia di tahun 2022 ini dimeriahkan oleh salah satu personel dari BoyBand terkenal asalh Korea Selatan. Sebelum membahas lebih lanjut, apa itu Piala Dunia? FIFA World Cup atau Piala Dunia merupakan turnamen sepak bola yang dilaksanakan selama 4 tahun sekali oleh berbagai negara yang merupakan anggota FIFA (Fédération Internationale de Football Association).

Setelah turnamen sebelumnya yang dilaksanakan pada tahun 2018 di Rusia, pada kesempatan kali ini Qatar mendapatkan giliran untuk menjadi tuan rumah dari turnamen bergengsi yang ke-22 ini. Pada tahun ini, bintang tamu yang berkesempatan untuk meramaikan turnamen internasional adalah tidak lain dari anggota termuda dari boyband mendunia yaitu BTS, Jung Kook.

Alasan dari penampilan Jung Kook sebagai penyanyi solo adalah karena para anggota BTS yang saat ini sedang dalam masa hiatus yang diumumkan pada bulan Juni kemarin. Para anggota BTS mengumumkan bahwa mereka akan lebih fokus pada proyek-proyek solo sampai setiap anggota menyelesaikan kewajiban mereka sebagai warga negara untuk menjalani Wajib Militer.

Guna meramaikan dan menghibur penonton, setiap tahunnya Piala Dunia mengundang bintang tamu untuk meriahkan pembukaan turnamen. Nah, siapa saja sih bintang tamu yang pernah tampil di pembukaan Piala Dunia setiap tahunnya?

Baca juga: Hari Guru 2023: Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar

Bintang Tamu Piala Dunia Terdahulu

1. Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan

Pembukaan turnamen pada Piala Dunia ke-19 ini dilakukan 2 jam sebelum pertandingan pembuka pada 11 Juni 2010 di stadium Soccer City Johannesburg. Acara pembukaan ini dimulai pada pukul 14.00 waktu lokal dan berjalan selama 40 menit. Uniknya, terdapat 1500 penampil yang meliputi berbagai bintang terkenal seperti Thandiswa Mazwai, Timothy Moloi, Hugh Masekela, dan 5 penampil lainnya.

Sehari sebelum pertandingan dimulai yaitu pada tanggal 10 Juni 2010, terdapat Konser Perayaan Kick-Off Piala Dunia FIFA yang pertama yang digelar di Stadion Orlando. Konser tersebut dimulai pada pukul 20.00 SAST yang dimeriahkan oleh bintang terkenal seperti Alicia Keys, The Black Eyed Peas, Shakira, dan 14 penampil lainnya.

2. Piala Dunia 2014 di Brazil

Kemudian untuk pembukaan Piala Dunia 2015 ini memiliki tema yang bisa dibilang unik loh! Tema yang diambil adalah menghargai keindahan alam Brazil, untuk merealisasikan temanya, para penampil berpakaian sebagai beberapa tipe pohon dan bunga. Pembukaan ini berlangsung selama 30 menit dan dilengkapi dengan 660 penari, yang terdiri dari 3 bagian terpisah.

Pertama, muncul Claudia Leitter yang bernyanyi selama beberapa menit yang kemudian diikuti oleh Jennifer Lopez dan juga Pitbull yang membawakan lagu official turnamen “We Are One (Ole Ola)”.

3. Piala Dunia 2018 di Rusia

Pada Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia ini bintang yang memeriahkan pembukaan adalah Robbie Williams dan Aida Garifullina. Robbie Williams membawakan lagu “Let Me Entertain You” dan beberapa potongan dari lagu hitsnya “Feel”. Kemudian, kedua bintang membawakan lagu “Angels” bersama dengan para penampil yang mengenakan bendera dari total 38 tim yang bertuliskan nama dari masing-masing negara. Penampilan ditutup oleh pembawaan “Rock DJ” yang menandakan permulaan dari pertandingan pertama Piala Dunia ke-21, wah seru banget kan?

4. Piala Dunia 2022 di Qatar

Nah, pada tahun ini, tepatnya pada pembukaan Piala Dunia yang ke-22 berlangsung pada 20 November 2022 di Al Bayt Stadium. Kali ini, pembukaan dimulai sambutan khas budaya Arab, mulai dari pertunjukan musik, budaya, hingga visual kontemporer.

Penghujung acara dimeriahkan oleh Jung Kook, salah satu personil dari boyband BTS yang sukses membawakan lagu soundtrack FIFA 2022 “Dreamers”.

Baca juga: Hari Pahlawan: Sejarah dan Makna 10 November

Siapakah BTS itu?

BTS
Foto dari ibighit.com

Sebelum membahas lebih lanjut, yuk, kenalan dulu dengan BTS! Bangtan Boys atau Bangtan Sonyeondan “Beyond The Scene”, atau yang biasa dikenal dengan sebutannya BTS, adalah boyband yang berasal dari Korea Selatan yang melakukan debut mereka untuk pertama kali pada tahun 2013 dibawah naungan BigHit Entertaiment. K-pop grup ini terdiri dari 7 anggota yaitu, Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V, dan yang termuda, Jung Kook. 

Album single pertama mereka “2 Cool for School” pertama rilis pada 2013. Kemudian, dilanjutkan dengan album studio Korea pertama mereka “Dark & Wild”. Setelah itu, mereka merilis album Jepang pertama pada 2014 yang berjudul “Wake Up”. Pada tahun 2016, boyband ini kembali merilis album studio Korea kedua mereka yaitu, “Wings” yang merupakan album pertama mereka yang menghasilkan penjualan hingga jutaan copy di Korea Selatan. 

Pada tahun 2017, BTS mulai meluncur ke dunia Internasional dan menimbulkan Korean Wave di Amerika Serikat. Nah apa sih Korean Wave? Seperti arti namanya “gelombang Korea” yaitu peningkatan jumlah popularitas budaya Korea Selatan yang disebabkan oleh dunia hiburan yang mendunia. Mulai dari K-Drama, hingga K-Pop yang menjadikan mereka sebagai sumber hiburan dari berbagai orang di dunia.

BTS merupakan pemusik korea pertama yang mendapatkan Gold Certification dari Recording Industry Association of America (RIAA) dengan single “Mic Drop”. Selain itu BTS menjadi grup Korea Selatan pertama yang berhasil menjuluki Billboard Hot 100 dan Billboard Global 200. Tidak berhenti di situ saja, BTS juga mendapatkan nominasi Grammy loh!

Selain berkecimpung di dunia musik, BTS juga berhasil membuat dampak positif melalui aktivitas  seperti campaign “Love MySelf” yang mendukung Unicef untuk melakukan kampanye melawan kekerasan terhadap anak-anak dan remaja di seluruh dunia. Harapannya dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik melalui musik yang mereka hasilkan.

Baca juga: Sumpah Pemuda: Pengertian, Sejarah, Isi, Makna, dan Nilai

Kenalan lebih dekat dengan Jung Kook, Sang Performer di World Cup 2022

pembukaan piala dunia 2022 yang dibuka oleh Jungkook
Foto dari Instagram bts.bighitofficial

Army atau penggemar BTS pasti sudah tidak asing lagi dengan Jeon Jung-Kook atau yang biasa dikenal dengan Jung Kook. Bagaimana tidak? Jung Kook dengan mudah berhasil mendapatkan hati para penggemar setianya lewat talenta dan parasnya. Penyanyi yang berasal dari Korea Selatan ini lahir pada 1 September 1997 dan merupakan anggota termuda dari BTS. 

Selain menjadi anggota boyband, ia juga merilis beberapa lagu sebagai penyanyi solo yaitu “Begin” di 2016, “Euphoria” di 2018, dan yang terakhir “My Time” di 2020.

Baru-baru ini Jung Kook berkolaborasi dengan Charlie Puth, penyanyi asal Amerika Serikat dengan satu lagu yang berjudul “Left and Right”. 

Tak hanya itu, tahun ini Jung Kook menyanyikan soundtrack untuk Piala Dunia ke-22 yang berjudul “Dreamers”, menjadikannya penyanyi Korea Selatan pertama yang merilis lagu untuk Piala Dunia.

Setelah penampilannya di pembukaan Piala Dunia 2022, video klip “Dreamers” akan dirilis pada hari yang sama pada YouTube ofisial dari FIFA.

Nah, bagaimana apakah kamu sudah ikut jatuh hati dengan si Maknae Jung Kook? Selain jatuh hati padanya kamu juga bisa menambatkan hati pada produk-produk di Edufund karena banyak promo menarik. Langsung aja daftarkan dirimu di sini.

Artikel Terkait

Gerhana Matahari Hibrida: Pengertian hingga Waktu Terjadinya

Gerhana Matahari Hibrida: Pengertian hingga Waktu Terjadinya

Mungkin fenomena gerhana sudah terdengar sangat familiar di telinga, namun, apakah Gerhana Hibrida itu? Gerhana Hibrida adalah saat ketika bulan berada di antara matahari dan bumi yang kemudian menghalangi cahaya

Ramadan: Arti, Kegiatan, dan Pentingnya Bulan Suci

Ramadan: Arti, Kegiatan, dan Pentingnya Bulan Suci

Bulan Ramadan adalah  bulan yang paling dinanti-nanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Bulan kesembilan dalam kalender Islam atau kalender Hijriah ini dikenal sebagai bulan untuk melakukan amalan-amalan baik. Seluruh

Hari Nyepi: Tradisi, Makna, dan Kegiatan selama 24 Jam di Bali

Hari Nyepi: Tradisi, Makna, dan Kegiatan selama 24 Jam di Bali

Setiap tahunnya ada satu hari ketika umat Hindu khususnya di pulau Bali dan juga Lombok tidak keluar dari rumah selama satu hari dan juga tidak menyalakan lampu dan alat elektronik

Konser BLACKPINK di Jakarta: Pengalaman Tak Terlupakan

Konser BLACKPINK di Jakarta: Pengalaman Tak Terlupakan

Siapa yang tak kenal dengan BLACKPINK? girlband populer yang berasal dari Korea Selatan dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Girlband satu ini berada di bawah naungan YG Entertainment, salah