Pekerjaan yang Dibutuhkan di Masa Depan: Ada Content Creator?

281222 Banner Blog Pekerjaan masa depan 2 cover scaled

Zaman yang terus menerus berubah tentu saja mempengaruhi kebutuhan pekerjaan yang mengikuti pengembangan zaman. Bukan sebuah kemungkinan lagi kalau pekerjaan masa lalu belum tentu bertahan hingga saat ini. Lantas, apa pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan kelak?

Perbandingan masa lalu dan kini ternyata sudah lumayan banyak, lho! Simak di bawah ini, ya!

Perbandingan Masa Lalu dan Kini

Tentu saja masa lalu dan kini sangatlah berbeda, misalnya, di masa lalu teknologi belum berkembang pesat seperti sekarang ini. Belum ada yang namanya media sosial, ataupun gadget yang futuristic seperti saat ini. Selain itu, transportasi zaman sekarang juga makin mempermudah kehidupan sehari-hari. 

Masa lalu, kamu butuh waktu sekitar sebulan untuk berpergian ke luar negeri, tapi, di masa kini kamu bisa pergi ke bagian dunia lainnya hanya dengan hitungan hari. Contoh lainnya seperti apa yang sudah ada di kehidupan sehari-hari. 

Mulai dari bagaimana kita berpakaian yang pastinya berbeda dengan masa lalu, kemudian cara berkomunikasi yang bisa lebih mudah dilakukan dan juga belajar yang bisa dilakukan di mana aja. 

Seperti yang kamu tau, masa kini kamu bisa belajar bersama teman-teman di seluruh dunia dari rumah dengan menggunakan internet. Tentu aja masa lalu kamu belum bisa melakukan itu dari rumah, kamu harus pergi merencanakannya secara matang terlebih dahulu dan pergi ke tempat perjanjian. Banyak banget perbedaan masa lalu dan masa kini, ‘kan?

Pekerjaan Masa Lalu dan Kini

Kamu tau enggak pekerjaan zaman dulu yang sekarang itu udah punah alias udah enggak ada karena perkembangan zaman. Pekerjaan tersebut sudah termakan oleh waktu karena udah enggak dibutuhkan lagi sekarang, udah digantiin sama teknologi. Apa aja sih pekerjaan yang udah enggak ada?

1. Knocker Up atau Manusia Alarm

Kamu enggak salah baca kok, masa lalu memang ada yang namanya manusia alarm. Seperti namanya, pekerjaan dari manusia alarm ini adalah untuk membangunkan orang-orang dari tidurnya. Masa lalu, pekerjaan ini banyak diminati karena, pekerjaan ini bisa menyelamatkan para pekerja untuk bekerja tepat waktu. 

Para manusia alarm ini akan menggunakan tongkat panjang yang akan digunakan untuk mengetok jendela atau pintu klien mereka. Mereka enggak akan meninggalkan rumah klien mereka jika enggak ada respon dari klien. Jadi kamu bisa pastikan kamu akan bangun di pagi hari dengan kehadiran manusia alarm ini.

2. Human Computer atau Manusia Komputer

Pekerjaan ini, mengerjakan hitungan matematika sebelum komputer elektronik berada di pasaran. Sebuah tim, biasanya wanita merupakan pekerja dibalik nama manusia komputer ini, mereka melakukan pekerjaan penghitungan yang panjang dan rumit. 

Setelah akhir abad ke 20-an sebutan “Manusia Komputer” menempel ke individu dengan ilmu aritmetika yang sangat kuat, biasa dikenal dengan kalkulator mental.

Manusia komputer di NASA contohnya, bertanggung jawab untuk mengkalkulasi, atau menentukan seperti berapa jumlah roket yang dibutuhkan untuk membuat sebuah pesawat terbang. Biasanya, mereka melakukan kalkulasi di sebuah kertas, dan hal ini bisa memakan waktu hampir seminggu!

3. Leech Collector atau Pengumpul Lintah

Para pengumpul lintah ini adalah mereka yang mengumpulkan lintah obat, dengan jumlah permintaan yang tinggi pada abad ke-19 di Eropa. Ini digunakan untuk prosesi pertumpahan darah, sebuah operasi yang mengambil darah terapeutik dan enggak gampang untuk ditemukan oleh para praktisi medis. 

Para pengumpul ini biasanya mengumpulkan lintah dengan menariknya dari kaki binatang, biasanya kuda tua.

Banyak kasus lainnya yang menggunakan kaki mereka sendiri, lalu mengumpulkan lintah setelah sudah minum banyak darah. Mereka mengalami efek kehilangan darah dan mendapatkan infeksi dari lintah-lintah tersebut. 

Pekerjaan di Masa Depan

Setelah mengetahui pekerjaan yang sudah punah di masa lalu, pastinya kamu ingin mengetahui apa pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan, bukan? Simak di bawah ini untuk mengetahuinya, ya!

1. Software Developer

Seseorang yang sedang melakukan coding
Seseorang yang sedang melakukan coding (Gambar dari Freepik)

Kamu tau enggak, ternyata coding menjadi salah satu skill yang sangat dibutuhkan di perusahaan teknologi dan di antara kelompok peneliti, lho! Sebuah survei dengan lebih dari 500 pekerja tech dan pencari kerja dari remote, 37% diantaranya berkata kalau Software Developer akan menjadi pekerjaan teknologi paling penting di masa depan!

Hal ini menjadi sebuah urgensi yang enggak hanya kalangan pekerja yang menyadari.  Dunia pendidikan pun menyadari hal ini! Contohnya, beberapa negara di Eropa sudah menambahkan coding sebagai mata pelajaran wajib di sekolah. Inggris enggak kalah lagi, suatu sekolah pernah memanggil seorang anak yang jago coding untuk mengajar di sekolah tersebut.

Enggak kalah mencengangkan lagi, umur anak yang mengajar itu ternyata 10 tahun! Beberapa negara sudah menyadari pentingnya dari kebutuhan teknologi di masa depan, dan sudah bisa dipastikan pekerjaan ini akan menjadi yang paling dicari-cari. Tanpa para developer, teknologi di era sekarang enggak akan sama, karena mereka berada dibalik bisnis dan jasa.

2. Data Analis

Siapa yang masih asing dengan pekerjaan yang satu ini? Data analis adalah pekerjaan untuk mengumpulkan informasi digital tentang manusia dan perilakunya kemudian menceritakan kembali dengan lebih mudah dan dimengerti. Tugas utama data analis adalah untuk membuat data yang kompleks menjadi mudah dimengerti untuk orang biasa.

Pekerjaan ini sangat dibutuhkan apa lagi untuk pengembangan bisnis. Melihat banyaknya data dan menganalisisnya, mereka bisa memberikan prediksi yang akurat dan memberi informasi yang tepat kepada pebisnis untuk membuat keputusan yang tepat. Kamu tertarik enggak sama pekerjaan yang satu ini?

3. Content Creator

Sebuah studio untuk membuat konten yang kosong, sebuah tempat kerja untuk content creator
Sebuah studio untuk membuat konten yang kosong, sebuah tempat kerja untuk content creator (Gambar dari Freepik)

Dunia yang semakin hari semakin canggih enggak lagi terkejut dengan tren atau berita yang sekarang gampang banget untuk diakses. Melalui media sosial semuanya bisa mengetahui apa yang baru terjadi di bagian dunia ujung ke ujung. 

Content Creator mempunyai tugas untuk membuat konten untuk banyaknya media digital atau media sosial yang digemari oleh hampir semua manusia di muka bumi. Menunjukkan kreativitas, hingga edukasi bisa dilakukan dengan sebuah konten yang dibuat oleh para Content Creator.

Setiap tahunnya, banyak perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya dan mereka membutuhkan seorang Content Creator untuk menyebarluaskan bisnis mereka dengan cara dan ide yang kreatif dan sesuai dengan tren. 

Tentunya, membuat sebuah konten tetap harus dilakukan oleh manusia, karena, AI atau robot enggak bisa mengambil alih pekerjaan yang satu ini! Jadi, bisa dibilang pekerjaan yang satu ini akan aman dari ancaman akan digantikan oleh robot.

Tertarik untuk mengemban pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan?

Apakah Upgrade Diri Penting untuk Mengikuti Perkembangan Zaman?

Tentunya, sebagai manusia yang hidup di zaman modern, kita harus bisa untuk mengikuti perkembangan zaman. Kamu harus bisa untuk menggunakan teknologi untuk bisa beradaptasi dengan zaman yang modern ini. Kamu juga harus bisa Bahasa Inggris, karena, semakin hari bahasa ini makin sering datang ke kehidupan kamu.

Enggak hanya itu saja, kamu juga harus bisa untuk berkomunikasi dengan baik supaya kamu enggak ketinggalan zaman dan menghambat pertumbuhan diri sendiri. Banyak banget kan yang harus kamu bisa lakukan? Oleh karena itu, meng-upgrade diri sendiri di zaman sekarang sangatlah penting.

Banner Pekerjaan yang Dibutuhkan di Masa Depan

Mengikuti kursus-kursus online adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan diri. Kalau dana kamu enggak cukup, jangan khawatir karena ada EduCourse yang siap bantu kamu! Yuk, upgrade diri sendiri supaya masa depan cerah!

Artikel Terkait

Pemasaran Berbayar dengan PPC: Apa Itu dan Cara Kerja yang Efektif

Pemasaran Berbayar dengan PPC: Apa Itu dan Cara Kerja yang Efektif

PPC adalah sebuah singkatan dari Pay-per-click yang merupakan sebuah bentuk iklan berbayar. Menggunakan PPC berarti website yang diiklankan akan berada di halaman hasil mesin pencari (SERP) ketika ada seseorang yang

Cara Jitu Menjadi Vendor yang Profesional

Cara Jitu Menjadi Vendor yang Profesional

Kata vendor seringkali disebutkan oleh masyarakat luas, namun, apa itu vendor sebenarnya? Menurut KBBI, vendor berarti orang yang menjual rumah, tanah, dan sebagainya.  Namun, di Indonesia vendor juga dikenal sebagai

Peran UMKM dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia

Peran UMKM dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia

Apa itu UMKM? Apa kepanjangan dari UMKM? Adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering banget muncul di kalangan masyarakat. UMKM adalah sebuah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pada istilah dalam perekonomian,

Pekerjaan yang Cocok untuk Zodiak Capricorn? Apa Aja Sih?

Pekerjaan yang Cocok untuk Zodiak Capricorn? Apa Aja Sih?

Seperti yang diketahui, zodiak atau tanda bintang itu adalah bagian dari astrologi. Nah, Capricorn adalah zodiak ke-10 dari total 12 zodiak. Kamu yang lahir pada tanggal 22 Desember – 19