NFT: Pengertian hingga Fakta Menarik

nft non fungible token min

Apa yang ada dalam pikiranmu saat mendengar NFT atau Non-Fungible Token? Apakah langsung teringat akan kisah Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang? Siapa lagi kalau bukan Sultan Gustaf Al Ghozali, yang sukses meraup keuntungan hingga Rp1,5 miliar dari penjualan swasfoto dirinya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Metaverse dan Bagaimana Cara Kerjanya

Tentu tidak ada yang salah dengan hal tersebut, karena memang benar adanya bahwa swafoto milik Ghozali Everyday yang dikumpulkan selama 5 tahun terjual lewat NFT OpenSea dengan nilai yang sangat fantastis.

Tapi, NFT tidak hanya tentang menjual swafoto sebagai aset digital saja. Lalu, apa yang sebenarnya dimaksud dengan Non-Fungible Token ini? Apakah nilainya sepadan dengan kepopulerannya? Biar kamu tidak semakin penasaran, langsung saja simak ulasan berikut ini!

Pengertian NFT

NFT adalah salah satu salah satu aset investasi turunan kripto yang mempunyai kode identifikasi serta metadata unik dan berbeda satu sama lain (one of the kind). Dikutip dari Forbes, Non-Fungible Token sendiri diartikan sebagai aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti lukisan, seni musik, item dalam game, hingga video pendek yang diperjual-belikan secara online.

Aset digital tersebut digadang-gadang sedang menyebabkan efek fenomena tulip mania di antara para investor muda. Mereka kerap kali dibayar dengan cryptocurrency dan diperjualbelikan secara online serta dikodekan menggunakan software dasar yang serupa dengan berbagai aset crypto.

NFT juga umumnya dinilai sebagai salah satu dari banyaknya proses transaksi yang sangat terbatas dan memiliki kode pengenal yang unik. Meski fakta tersebut sangat bertolak belakang dengan kebanyakan kreasi digital yang pasokannya hampir selalu tak terbatas, hal ini tetap membuat banyak orang menginginkan Non-Fungible Token karena memungkinkan pembeli memiliki item aslinya.

Fakta Menarik NFT

Karena NFT merupakan bagian dari blockchain, maka pembeli Non-Fungible Token bisa melakukan verifikasi bahwa ia merupakan pemilik tunggal dari aset yang ia beli. Penggunaan blockchain berarti tidak ada yang dapat membatalkan hak kepemilikan atas Non-Fungible Token yang dipegang oleh pembeli setelah dibayarkan. Tidak sampai di situ, berikut ini fakta menarik tentang Non-Fungible Token lainnya yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Kartu Kredit vs Debit, Mana yang Dipilih?

1. Berpeluang Bagi Para Seniman

Suatu karya seni digital yang sudah menjadi NFT tidak dapat diduplikasi lagi alias menghindari praktik pemalsuan karya digital karena sifatnya yang unik dan tidak dapat diganti.

Dengan menandai token dalam karya digital mereka, maka para seniman memiliki hak untuk mengatur siapa yang dibolehkan membeli karya mereka dan siapa yang boleh menggunakannya di masa depan.

2. Diakui oleh Merek Dunia

Hampir sebagian merek terkenal di dunia seperti NBA, Gucci, Louis Vouitton, dan sebagainya sudah mulai memasuki dunia per-NFT-an ini. Hal ini di dasari karena harganya yang cenderung tinggi dan laris manis dalam waktu yang singkat.

3. Dimanfaatkan Banyak Selebriti

Tidak hanya merek terkenal, sejumlah selebriti juga turut meramaikannya. Mereka yang tidak akan mampu mencapai kesuksesannya sekarang jika hanya fokus mengembangkan karier sebagai seorang aktris pun memutuskan untuk berinvestasi NFT dan menganggap ini merupakan keputusan terbaik.

4. Salah Satu Bentuk Revolusi

NFT juga dikatikan dengan bentuk revolusi kepemilikan item digital. Singkatnya, ini menjadi pemecah sejumlah masalah terkait konten digital yang saat ini beredar di internet, karena banyak aspek yang mengalami digitalisasi, muncul kebutuhan untuk mereplikasi kepemilikan barang fisik dari segi kelangkaan, keunikan, dan bukti kepemilikan.

5. Nilai Terus Meningkat

NFT akan terus berkembang dari tahun ke tahun, karena terus adanya perubahan teknologi dan semakin banyak peminatnya. Produknya sendiri pun masih terbatas sehingga akan membuat nilainya akan menjadi naik.

Baca Juga: 6 Tips Menggunakan Pinjaman Online dengan Aman

Fakta Menarik Tentang NFT (Non-Fungible Token)

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai NFT yang di tahun 2022 menjadi semakin populer di kalangan investor muda. Kamu sudah lebih paham lagi bahwa Non-Fungible Token tidak hanya selalu berhubungan dengan menjual swafoto saja, bukan?

Artikel Terkait

Gaji Guru SMA: Berapa Idealnya dan Realita di Indonesia?

Gaji Guru SMA: Berapa Idealnya dan Realita di Indonesia?

Menjadi guru merupakan sebuah profesi mulia yang dedikasi dan pengabdiannya patut diapresiasi. Di balik peran pentingnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, gaji guru SMA di Indonesia masih menjadi topik hangat yang

Panduan Lengkap Menjadi Community Officer Era Digital!

Panduan Lengkap Menjadi Community Officer Era Digital!

Di era digital yang serba terkoneksi ini, peran Community Officer (CO) semakin vital dalam berbagai organisasi dan komunitas. CO bagaikan jembatan penghubung yang menjembatani kesenjangan antara organisasi/komunitas dengan para anggotanya.

Berapa Harga Franchise Mixue? Ini Syarat dan Caranya!

Berapa Harga Franchise Mixue? Ini Syarat dan Caranya!

Siapa yang tidak kenal Mixue? Brand asal China ini telah menjadi sensasi global dengan tawaran teh dan es krimnya yang lezat dan terjangkau. Konsep bisnis franchise Mixue telah terbukti sukses,

Tips Menyusun Struktur Organisasi Perusahaan dengan Contoh

Tips Menyusun Struktur Organisasi Perusahaan dengan Contoh

Pernahkah Anda membayangkan sebuah perusahaan tanpa struktur organisasi? Kekacauan, kebingungan, dan ketidakefisienan akan merajalela. Setiap orang akan bekerja tanpa arah dan tujuan yang jelas, dan perusahaan akan terhambat dalam mencapai