Kartu Kredit dan Kartu Debit, Pilih Apa?

kartu kredit dan kartu debit

Kartu kredit dan debit adalah alat pembayaran yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Keduanya memungkinkan kita untuk melakukan pembelian secara online maupun di toko-toko fisik. Namun, terkadang sulit untuk memutuskan mana yang lebih baik digunakan dalam pengeluaran kita sehari-hari.

Artikel ini bertujuan untuk membantu kamu memahami perbedaan antara kartu kredit dan debit dan memberikan panduan untuk memilih yang lebih sesuai dengan kebutuhan keuangan kamu. Mimin akan membahas keuntungan dan kerugian dari masing-masing serta faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih.

Baca Juga: Catat! Tips Mengatur Keuangan di Bulan Ramadan saat Pandemi

Perbedaan Antara Kartu Kredit dan Kartu Debit

kartu kredit dan kartu debit: Black Payment Terminal
Photo by energepic.com

Ketika datang ke alat pembayaran, kartu kredit dan debit adalah dua jenis metode pembayaran yang paling umum digunakan. Namun, meskipun mereka memiliki fungsi yang sama, ada beberapa perbedaan signifikan yang membedakan satu sama lain.

A. Definisi dan cara kerja kartu kredit

Kartu kredit adalah metode pembayaran yang dikeluarkan oleh bank atau lembaga keuangan yang memungkinkan kamu untuk meminjam uang hingga batas tertentu yang disebut sebagai limit kredit. Kamu dapat menggunakan untuk melakukan pembelian barang atau jasa dan kemudian membayar kembali pinjaman tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Ketika kamu menggunakan kartu kredit, bank memberikan kamu cicilan untuk jangka waktu tertentu dan membebankan biaya bunga atas pinjaman tersebut jika kamu tidak membayar pinjaman tersebut dalam jangka waktu yang ditentukan.

Banner Blog KTA (Kartu Kredit dan kartu debit)
Daripada kartu kredit, pakai KTA di Edufund aja!

B. Definisi dan cara kerja kartu debit

Kartu debit, di sisi lain, adalah kartu yang terhubung langsung ke rekening bank kamu. Dengan kartu debit, kamu dapat melakukan pembelian hanya jika kamu memiliki saldo yang cukup di rekening kamu. Setiap kali kamu menggunakan kartu debit, uang akan langsung dipotong dari rekening kamu tanpa perlu membayar biaya bunga.

Baca juga: Dapat THR Jangan Kalap, Ini Cara Alokasi Agar Tidak Boncos

C. Perbedaan dalam batas pengeluaran kartu kredit dan kartu debit

Salah satu perbedaan utama antara kartu kredit dan debit adalah batas pengeluaran. Dengan kartu kredit, kamu memiliki limit kredit yang diberikan oleh bank atau lembaga keuangan, sehingga kamu dapat meminjam uang melebihi jumlah yang sebenarnya kamu miliki dalam rekening bank kamu.

Namun, batas pengeluaran pada kartu debit tergantung pada saldo yang ada di rekening kamu. Dengan kata lain, kamu tidak dapat mengeluarkan uang yang lebih dari apa yang kamu miliki dalam rekening bank kamu.

D. Perbedaan dalam biaya dan bunga

Biaya dan bunga juga menjadi perbedaan signifikan antara kartu kredit dan debit. Kamu akan dikenakan biaya bunga atas setiap tagihan yang belum dibayar pada akhir jangka waktu yang ditentukan. Selain itu, juga dapat dikenakan biaya-biaya lain seperti biaya tahunan, biaya penarikan tunai, dan biaya keterlambatan.

Sementara pada kartu debit, kamu tidak akan dikenakan biaya bunga atau biaya tahunan, namun beberapa bank mungkin mengenakan biaya-biaya tertentu seperti biaya transfer antar bank atau biaya pengambilan uang tunai dari mesin ATM yang tidak berafiliasi.

E. Perbedaan dalam proteksi pembayaran

Kartu kredit umumnya memberikan perlindungan lebih banyak terhadap penipuan atau kesalahan pembayaran. Dalam kebanyakan kasus, bank atau lembaga keuangan akan melindungi kamu dari pembelian yang tidak sah atau penipuan pembayaran dengan membatalkan transaksi dan mengembalikan uang kamu.

Sedangkan pada kartu debit, proses klaim mungkin lebih rumit dan memakan waktu lebih lama. Selain itu, jika uang kamu telah dipotong dari rekening kamu karena kesalahan atau penipuan, kamu mungkin harus menunggu hingga proses investigasi selesai untuk mendapatkan pengembalian uang.

Keuntungan dan Kerugian dari Kartu Kredit

kartu kredit dan kartu debit: Happy woman shopping online at home
Photo by Andrea Piacquadio

Kartu kredit dan debit masing-masing memiliki keuntungan dan kerugian dalam penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian dari penggunaan kartu kredit.

A. Keuntungan dari Penggunaan Kartu Kredit

1. Reward dan Cashback

Salah satu keuntungan besar dari penggunaan kartu kredit adalah adanya program reward dan cashback. Biasanya menawarkan hadiah atau diskon khusus untuk penggunaan dalam berbagai kategori seperti makanan, belanja, dan perjalanan. Program-program ini dapat memberikan keuntungan besar bagi pengguna yang sering menggunakan.

2. Membantu Meningkatkan Skor Kredit

Penggunaan kartu kredit yang tepat dapat membantu meningkatkan skor kredit kamu. Skor kredit adalah indikator penting bagi kreditor untuk menentukan apakah kamu layak mendapatkan pinjaman atau kredit. Dengan menggunakan secara bijak dan membayar tagihan secara tepat waktu, kamu dapat meningkatkan skor kredit kamu dan memperoleh kemudahan untuk mendapatkan pinjaman di masa depan.

3. Perlindungan Pembelian dan Asuransi

Kartu kredit sering kali dilengkapi dengan perlindungan pembelian dan asuransi. Ini berarti jika kamu melakukan pembelian menggunakan kartu kredit dan barang tersebut rusak atau hilang, kamu dapat mengklaim pengembalian uang atau penggantian barang. Selain itu, beberapa bank juga menawarkan asuransi perjalanan dan asuransi kesehatan.

B. Kerugian dari Penggunaan Kartu Kredit

1. Biaya Bunga dan Denda

Salah satu kerugian besar dari penggunaannya adalah adanya biaya bunga dan denda yang harus dibayarkan jika tagihan tidak dibayar tepat waktu. Biaya bunga bisa sangat tinggi, terutama jika kamu membawa saldo yang tinggi. Jika kamu tidak mampu membayar tagihan tepat waktu, maka bunga dan denda yang dikenakan akan semakin memperburuk situasi keuangan kamu.

2. Memperburuk Masalah Keuangan

Kartu kredit dapat memperburuk masalah keuangan jika digunakan secara tidak bijak. Jika kamu tidak dapat mengendalikan pengeluaran kamu, kamu mungkin akan mengalami kesulitan dalam membayar tagihan kamu dan memperburuk situasi keuangan kamu. Selain itu, juga dapat membuat kamu mudah terjebak dalam jerat utang.

3. Memungkinkan Pengeluaran Berlebihan

Kartu kredit juga memungkinkan pengeluaran berlebihan. Karena diberikan batas kredit yang jauh lebih tinggi daripada saldo rekening kamu, kamu mungkin akan tergoda untuk melakukan pembelian yang melebihi kemampuan finansial kamu. Hal ini dapat menyebabkan kamu terjebak dalam utang yang besar dan sulit untuk melunasinya.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian dari penggunaan kartu kredit. Sebelum mengambil keputusan, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan dengan cermat manfaat dan risiko yang terkait dengan penggunaannya.

Baca Juga: Rekomendasi Investasi untuk Pemula. Emas atau Reksadana?

Keuntungan dan Kerugian dari Kartu Debit

Woman in Black Hoodie Holding a Bank Card
Photo by Tima Miroshnichenko

Kartu debit juga merupakan alat pembayaran yang umum digunakan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian dari penggunaan kartu debit.

A. Keuntungan dari Penggunaan Kartu Debit

1. Tidak Ada Biaya Bunga

Salah satu keuntungan besar dari penggunaan kartu debit adalah tidak adanya biaya bunga. Kamu hanya dapat menggunakan uang yang tersedia di rekening bank kamu dan tidak akan dikenakan biaya bunga.

2. Kontrol Pengeluaran yang Lebih Baik

Kartu debit dapat membantu kamu mengontrol pengeluaran kamu dengan lebih baik. Karena kamu hanya dapat menggunakan uang yang tersedia di rekening bank kamu, kamu tidak akan tergoda untuk melakukan pembelian yang melebihi kemampuan finansial kamu.

3. Tidak Memperburuk Masalah Keuangan

Karena tidak ada biaya bunga yang dikenakan pada kartu debit, kartu ini tidak akan memperburuk masalah keuangan kamu. Dengan menggunakan kartu debit, kamu hanya akan menggunakan uang yang tersedia di rekening bank kamu dan tidak akan terjebak dalam utang yang besar.

B. Kerugian dari Penggunaan Kartu Debit

1. Tidak Ada Reward atau Cashback

Salah satu kerugian dari penggunaan kartu debit adalah tidak adanya program reward atau cashback. Dalam hal ini, kamu tidak akan mendapatkan manfaat yang sama.

2. Proteksi Pembayaran yang Lebih Sedikit

Kartu debit biasanya tidak dilengkapi dengan perlindungan pembelian dan asuransi. Ini berarti jika kamu melakukan pembelian menggunakan kartu debit dan barang tersebut rusak atau hilang, kamu mungkin tidak dapat mengklaim pengembalian uang atau penggantian barang.

3. Batas Pengeluaran yang Terbatas

Kartu debit memiliki batas pengeluaran yang terbatas. Kamu hanya dapat menggunakan uang yang tersedia di rekening bank kamu dan tidak dapat menggunakan uang yang melebihi jumlah tersebut. Jika kamu perlu melakukan pembelian yang melebihi jumlah yang tersedia di rekening bank kamu, maka kamu harus mencari cara lain untuk membayar.

Baca Juga: 5 Tips Bayar Cicilan, Dijamin Keuangan Aman!

Kartu Kredit dan Kartu Debit, Mana yang Kamu Pilih?

Dalam artikel ini, kita telah membahas perbedaan antara kartu kredit dan debit, serta keuntungan dan kerugian dari penggunaannya. Keduanya memiliki manfaat dan risiko yang terkait dengan penggunaannya, dan penting bagi kamu untuk mempertimbangkan dengan cermat sebelum memutuskan menggunakan kartu kredit atau debit.

Jika kamu dapat mengendalikan pengeluaran kamu dengan baik dan membayar tagihan kartu kredit tepat waktu, maka dapat memberikan manfaat yang besar, seperti program reward dan perlindungan pembelian. Namun, jika kamu tidak dapat mengendalikan pengeluaran kamu dan tidak dapat membayar tagihan tepat waktu, maka kartu kredit dapat memperburuk masalah keuangan kamu.

Di sisi lain, kartu debit dapat membantu kamu mengontrol pengeluaran kamu dengan lebih baik dan tidak memiliki risiko biaya bunga atau utang yang besar. Namun, kamu mungkin kehilangan manfaat seperti program reward dan proteksi pembayaran yang lebih terbatas.

Dalam memilih kartu kredit atau debit, pertimbangkan gaya hidup dan kebutuhan finansial kamu. Jika kamu dapat mengontrol pengeluaran kamu dengan baik dan membayar tagihan tepat waktu, maka kartu kredit dapat menjadi pilihan yang baik. Namun, jika kamu lebih suka menghindari risiko biaya bunga dan utang, serta ingin mengendalikan pengeluaran kamu dengan lebih baik, maka kartu debit mungkin menjadi pilihan yang lebih tepat.

Tentu saja, kamu juga dapat menggunakan keduanya secara bergantian sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu. Selalu ingat untuk membayar tagihan tepat waktu dan mengontrol pengeluaran kamu dengan baik, sehingga kartu kredit atau debit dapat membantu kamu dalam mengatur keuangan kamu dengan lebih baik.

Artikel Terkait

3 Digit Berapa Rupiah? Mengungkap Makna di Balik Istilah Gaji

3 Digit Berapa Rupiah? Mengungkap Makna di Balik Istilah Gaji

Pernahkah Anda mendengar seseorang menyebutkan gaji mereka dengan istilah “3 digit”? Jika ya, mungkin Anda bertanya-tanya, “3 digit berapa rupiah sih?”. Pada artikel ini, kita akan mengupas makna di balik

Perbedaan Bank Syariah dan Konvensional & Contoh Bank Syariah

Perbedaan Bank Syariah dan Konvensional & Contoh Bank Syariah

Produk perbankan semakin beragam seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu pilihan yang kini diminati masyarakat adalah perbankan syariah. Bank syariah beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam, menawarkan alternatif pengelolaan keuangan yang

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan: Modal Usaha Mudah & Cepat!

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan: Modal Usaha Mudah & Cepat!

Di era modern, akses keuangan bagaikan kunci untuk membuka pintu menuju peluang dan kesuksesan. Namun, kenyataan pahitnya, banyak individu dan kelompok yang masih tertinggal dalam mendapatkan akses ini. Bagi mereka,

Atasi Akun DANA Dibekukan! Temukan Alternatifnya di Sini!

Atasi Akun DANA Dibekukan! Temukan Alternatifnya di Sini!

Di era digital ini, DANA telah menjelma menjadi platform pembayaran digital terdepan di Indonesia. DANA menawarkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi, mulai dari transfer uang, pembayaran tagihan, hingga pembelian pulsa dan