Kekayaan dari MrBeast, sang YouTuber Kaya yang Dermawan!

Blog Ilustrasi Kekayaan Mr Beast

Siapa yang tidak kenal dengan MrBeast? Seorang YouTuber dengan kekayaan yang melimpah dan jumlah penonton yang sangat banyak ditambah dengan jumlah pengikut yang juga tak kalah besar. Mempunyai nama asli James Stephen Donaldson, YouTuber terkenal yang satu ini berdarah daging Amerika dan lahir di Carolina, Amerika Serikat. 

Umur tidak menjadikannya halangan, karena di umurnya yang masih bisa dibilang muda, 24 tahun MrBeast dikategorikan sebagai YouTuber terkaya di dunia! Keren banget bukan? Nah, untuk mengetahui MrBeast lebih dekat, baca artikel ini sampai selesai, ya!

Permulaan Karir di YouTube 

Awal mulanya, debut karirnya di dunia YouTube, James, atau MrBeast, mulai mengunggah video pertamanya di bulan Februari 2012 pada umur 13 tahun. Pada debutnya di YouTube, James memulai unggahan YouTube dengan nama MrBeast6000, tak kalah jauh kan dengan namanya yang sekarang?

Permulaan kontennya difokuskan dengan jenis konten Let’s Play alias video yang merekam alur main sebuah game yang dilengkapi dengan menunjukan muka pemain tersebut.  Game yang dimainkan juga banyak digemari orang-orang dari segala rentang umur, yaitu, Minecraft dan juga Call of Duty: Black Ops II.

Tak hanya itu, selain jenis konten Let’s Play, MrBeast juga membuat konten video yang unik. Konten tersebut adalah mengestimasi jumlah kekayaan para YouTuber lain. Tentu saja ada jenis konten lain yang dibuatnya, yaitu memberikan tips-tips. Tips tersebut ditujukan untuk mereka yang tertarik untuk menjadi kreator di YouTube, yang familiar disebut YouTuber. Jenis konten lain yang ia buat adalah memberikan semacam komentar pada drama-drama yang sering terjadi di YouTube.  

Konsistensi dan juga jerih payahnya ternyata tidak sia-sia, di tahun 2015 dan 2016, MrBeast mulai mendapatkan sorotan publik dengan salah satu kategori kontennya, yaitu series yang mengomentari intro-intro pada video-video di YouTube dengan nama “Worst intros on YouTube”. Pada 2016, MrBeast mulai mendapatkan kurang lebih 30.000 pengikut alias subscriber di YouTube. 

Sayangnya, di 2016, MrBeast lebih memilih untuk meninggalkan pendidikannya dan keluar dari universitasnya untuk fokus pada karirnya di bidang YouTube. Saking seriusnya dirinya dengan dunia YouTube, ia sempat berkata pada ibunya, bahwa ia lebih baik menjadi miskin dibandingkan tidak mengejar impiannya di dunia YouTube. Hal ini tentunya tidak disetujui ibunya, karena, ibunya menyuruhnya untuk pergi dari rumah keluarganya.

Baca juga: Content Marketing: Strategi Pemasaran yang Efektif

Citra MrBeast di Dunia Maya

MrBeast yang merupakan YouTuber dengan kekayaan yang fantastis.
MrBeast (Dexerto)

Mempunyai nama atau branding yang baik, MrBeast dibuktikan melalui beberapa survey yang menunjukkan kalau MrBeast adalah salah satu YouTuber yang paling disukai, lho!  Ditambah lagi, pada 2023, namanya masuk pada majalah besar dunia yaitu Time, sebagai salah satu orang dari Time 100. Time 100 sendiri adalah list atau deretan orang-orang yang paling berinfluental di dunia, dan MrBeast masuk di dalamnya.

Tentunya, tak semua opini menunjukan reaksi yang positif, pria yang berasal dari Carolina ini juga pernah beberapa kali mendapatkan teguran dari publik atas aksinya yang kurang senonoh. Mulai dituduh sebagai orang yang rasis, hingga homofobik adalah sebutan-sebutan yang menghantui MrBeast. Beberapa kali juga ada laporan bahwa ia sempat menindas rekan kerjanya dengan memberikan nama-nama yang tidak wajar.

Dibalik itu semua, kembali lagi bahwa MrBeast juga hanyalah manusia biasa yang kerap melakukan kesalahan. Opini-opini buruk tentangnya juga tidak bisa menutupi hal baik yang ternyata banyak dilakukan pria satu ini. Hal tersebut ditunjukan dengan SurveyMonkey pada 2021 yang menunjukan bahwa 70% responden mengatakan bahwa mereka memiliki pandangan yang baik terhadapnya. MrBeast juga dikenal karena melakukan aksi amal untuk orang-orang yang membutuhkan.

Total Kekayaan MrBeast

Tentu saja total kekayaan MrBeast menjadi pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh para penggemar hingga orang yang baru saja mengetahuinya. Net worth atau total kekayaan bersih dari YouTuber tersensasional ini tidak main-main. Tentu saja banyak yang mencoba menentukan secara akurat kekayaan bersih MrBeast, Net Worth-nya mulai dari 50 juta dollar hingga 500 juta dollar karena selain membuat video di YouTube, ia juga berkecimpung di dunia bisnis.

Jika dirupiahkan 500 juta dollar adalah sekitar 7,5 triliun! Banyak banget bukan? Tentu saja, setiap net worth harus mencakup liabilitas dan juga aset, sehingga hal ini hanyalah sebuah perkiraan. Kekayaan MrBeast datang dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa sumbernya:

AdSense

Tahukah kamu, karena konten MrBeast mengeluarkan budget yang tidak kecil, hal ini  mengharuskannya untuk menghasilkan banyak uang untuk mempertahankan videonya. Sama seperti YouTuber lain, salah satu sumber pendapatan didapatkan melalui AdSense alias iklan-iklan yang dimunculkan atau ditampilkan pada kontennya.

Penghitungannya ditentukan oleh jumlah penayangan video dan tarif CPM, yang menentukan berapa banyak uang yang diterima YouTube per seribu video tersebut ditayangkan. MrBeast memperoleh persentase pendapatan yang diperoleh platform video Google dari iklan-iklan ini. 

Kerja Sama dengan Brand Besar

Metode lainnya untuk mendapatkan kekayaannya yang luar biasa adalah melakukan kerja sama dengan brand. Perusahaan besar dan kecil berbondong-bondong mencari konten yang relevan untuk menjadikan produk mereka dikenal. MrBeast adalah pilihan yang sempurna untuk brand yang menginginkan dampak yang besar dan dapat menjangkau setidaknya 75 juta penonton dalam satu video.

Berkat aspek-aspek unik nan jenius pada konten buatannya, semakin banyak merek yang ingin bekerja sama dengannya. Tentu saja semakin banyak dan semakin terkenal seseorang, biaya yang didapatkan juga semakin besar. 

Bisnis

MrBeast burger, salah satu bisnis yang menyebabkan kekayaan meroket.
MrBeast Burger (CNN)

MrBeast ternyata tidak puas dengan menjadi seorang YouTuber saja, total kekayaan MrBeast ini juga didapatkannya dengan menjadikan dirinya lebih dari seorang YouTuber. Ia kemudian meluncurkan bisnis makanan yang dinamakan MrBeast Burger, di seluruh Amerika Serikat. Setelah memulai dengan 300 lokasi di Amerika Serikat, merek ini kemudian memiliki 1.000 toko saat berekspansi ke Eropa dan seluruh Amerika Utara.

Tentu saja bisnisnya ini terbukti sukses dengan MrBeast Burger yang meraih pendapatan 100 juta dollar pada bulan Juli 2022. Tak hanya itu, MrBeast juga mengeluarkan bisnis makanan lain yaitu coklat batangan yang dinamakan Feastable atau MrBeast Bars.

Membagikan Sebagian Harta untuk Hal yang Baik

Memenangkan hati para penontonnya, MrBeast memiliki julukan sebagai philanthropist alias dermawan. Video-videonya yang bisa disebut gila tentunya membuat orang tertarik, namun video filantropisnya juga mendapat banyak perhatian. Tentu saja tidak semua hal dermawan dilakukannya untuk konten, berikut adalah aksi dermawan yang dilakukan oleh YouTuber yang satu ini:

Team Trees

Pada tanggal 25 Oktober 2019, MrBeast dan mantan insinyur NASA (sekarang YouTuber) Mark Rober mengumumkan acara tantangan penggalangan dana kolaboratif di YouTube yang disebut #TeamTrees. Tujuannya adalah mengumpulkan dana sebesari 20 juta dollar untuk menanam pohon, yang nantinya akan disalurkan ke Arbor Day Foundation, mereka berjanji untuk menanam satu pohon untuk setiap dollar yang disumbangkan. 

Beast Philanthropy 

Salah satu bentuk dermawan yang dilakukan MrBeast
10.000 kalkun untuk Greenville

Beast Philanthropy merupakan saluran YouTube yang dibuat oleh MrBeast. Menurut deskripsi dari saluran ini, 100% pendapatan iklan, kerja sama dengan brand, dan penjualan merchandise disumbangkan untuk amal. Inisiatif penting yang dilakukan oleh Beast Philanthropy diantaranya adalah memberikan 10.000 kalkun ke kampung halamannya di Greenville. Ia juga  menyumbangkan 20.000 sepatu kepada anak-anak di Afrika, dan menghadiahkan berbagai macam teknologi senilai $300.000 ke berbagai sekolah.

Team Seas

Team Seas adalah acara tantangan kolaboratif di YouTube, tujuan dari proyek ini adalah untuk mengumpulkan 30 juta dolar untuk konservasi dan membersihkan laut. 30 juta dolar tersebut akan didanai untuk pembuangan 30 juta pon plastik dan sampah dari lautan, sungai, hingga pantai.  

Operasi Katarak

Pada bulan Januari 2023, MrBeast menimbulkan kontroversi lainnya. Ia membiayai operasi katarak untuk seribu orang yang memiliki keterbatasan penglihatan dan tidak mampu membiayai prosedur tersebut. Tentu saja publik memiliki opini yang sangat berbeda mengenai aksinya yang satu ini, ada yang memujinya, namun ada juga yang tidak menyukai aksi yang dianggap terpaksa ini.

Ternyata, kekayaan yang diperolehnya tidak membuat MrBeast menjadi tamak, malah sebaliknya, kekayaan tersebut digunakannya untuk melakukan hal baik untuk sesama. Bayangkan saja jika banyak orang yang dermawan di dunia ini seperti MrBeast, apakah dunia akan menjadi lebih baik l?

Baca juga:

Tingkatkan Bisnis Kamu dengan Influencer Marketing!

5 Peluang Usaha Menjanjikan di 2023, Dijamin Cuan Terus!

Artikel Terkait

Ini Dia Zodiak yang Jago Memengaruhi Orang Lain!

Ini Dia Zodiak yang Jago Memengaruhi Orang Lain!

Zodiak adalah 12 tanda yang dicantumkan dalam horoskop. Horoskop sendiri adalah sebuah diagram astrologi yang mewakili posisi matahari, bulan, planet dan aspek astrologi lainnya. Namun, dalam ranah umum, horoskop sendiri

Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat Menjajahi Layar Kaca

Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat Menjajahi Layar Kaca

Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat atau dalam Bahasa Inggris adalah The Subtle Art of Not Giving a F adalah sebuah buku laris manis karya Mark Manson. Saking laris

Arsitektur Islam Termegah: Masjid Al-Hambra Dari Mana Sih?

Arsitektur Islam Termegah: Masjid Al-Hambra Dari Mana Sih?

Agama Islam mulai menyebar di Jazirah Arab pada abad ke-7 Masehi. Berdirinya bangunan-bangunan arsitektur Islam menandai keberadaan Islam di suatu negara. Arsitektur Islam dapat ditemukan terutama di negara-negara Arab dan

Dampak PHK Bagi Perusahaan dan Karyawan

Dampak PHK Bagi Perusahaan dan Karyawan

Dampak PHK bagi karyawan yang baru saja terkena layoff tentu saja terpampang nyata, maraknya PHK makin tidak asing untuk didengar. Sebelumnya, apakah itu PHK? Pemutusan hubungan kerja atau yang biasa