5 Peluang Usaha Menjanjikan di 2023, Dijamin Cuan Terus!

Blog Ilustrasi Cover 5 Peluang Usaha Menjanjikan 2023

Tingkat kemajuan teknologi yang begitu pesat telah mengubah dunia dengan sangat cepat. Dampaknya terasa di semua sektor, termasuk dalam dunia bisnis. Beberapa pekerjaan telah menghilang dan digantikan oleh bidang yang sepenuhnya baru. Lantas, apa peluang usaha di 2023 ini?

Peluang usaha yang muncul berkat perkembangan teknologi juga menawarkan potensi keuntungan yang fantastis. Dengan sikap proaktif dan tingkat kreativitas yang tinggi, berikut adalah lima peluang usaha yang bisa kamu coba untuk meraih keuntungan di tahun 2023.

1. Affiliate Marketing

peluang usaha 2023: businesswoman is using laptop offic
Image by rawpixel.com on Freepik

Meskipun mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, strategi pemasaran ini sebenarnya telah ada sejak tahun 1989. Affiliate marketing diperkenalkan oleh William J. Tobin, seorang pebisnis Amerika Serikat yang pada saat itu memiliki toko bunga online bernama PC Flowers and Gift.

Melihat kesuksesan strategi pemasaran ini, banyak pengusaha lain kemudian mengadopsi program affiliate marketing untuk bisnis mereka. Dalam era digitalisasi yang semakin berkembang pesat, affiliate marketing menjadi semakin dikenal dan menjadi ladang cuan bagi banyak orang.

Konsep dasar dari affiliate marketing cukup sederhana. Modelnya adalah revenue sharing atau pembagian keuntungan dari setiap penjualan yang dihasilkan melalui upaya pemasaran yang dilakukan oleh seorang afiliator. Ini bisa berupa kode referal atau tautan e-commerce yang disebarluaskan melalui berbagai platform, seperti media sosial.

Untuk menjadi afiliator yang handal, kamu perlu menciptakan konten yang bisa mempengaruhi audiens untuk membeli produk yang kamu promosikan menggunakan kode referal atau tautan yang disediakan. Tipsnya, buatlah konten yang bersifat tidak terlalu memaksa dan gunakan cerita yang bisa mempengaruhi audiens secara emosional.

2. Content Creator

peluang usaha 2023: smiling videography expert showing camera ways mount fluid head plate influencer making online internet content about video equipment web subscribers distribution digital vlog talk
Image by DCStudio on Freepik

Peningkatan penggunaan media sosial telah membuat pekerjaan sebagai content creator menjadi ladang cuan yang menarik dan cepat. Bahkan dengan modal minim, kamu bisa menciptakan konten yang menghasilkan keuntungan jutaan hingga miliaran rupiah.

Pendapatan seorang content creator biasanya berasal dari endorsemen. Semakin besar jumlah pengikut yang kamu miliki, semakin besar pula kesempatan kamu untuk bekerja sama dengan berbagai merek.

Namun, di balik potensi keuntungan yang menjanjikan ini, menjadi content creator juga memiliki tantangan tersendiri. Membangun akun media sosial dari awal secara organik tentu tidak mudah. Kamu perlu memastikan konten yang kamu buat autentik dan diminati oleh audiens. Itulah sebabnya riset yang mendalam dan daya kreativitas yang tinggi sangat diperlukan.

3. Bisnis Franchise

peluang usaha 2023 handshake
Image by pressfoto on Freepik

Jika kamu ingin berbisnis tanpa harus memulai dari nol, bisnis franchise bisa menjadi pilihan yang menarik. Kamu dapat menjalankan usaha yang sudah terbukti sukses dan memiliki reputasi yang baik sehingga tidak perlu mengeluarkan usaha besar untuk membangun merek dari awal.

Dalam sistem bisnis franchise, pemilik usaha akan memberikan dukungan berupa merek, produksi dan operasional, serta manajemen sumber daya manusia. Sebagai gantinya, kamu akan membayar royalti sesuai kesepakatan yang telah ditetapkan.

Yang menarik, ada berbagai pilihan bisnis franchise dengan modal yang bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Bahkan dengan modal sekitar Rp10 juta, kamu sudah bisa memulai peluang usaha di 2023 ini.

4. Reseller atau Dropshipper

delivery service working with papers among parcels table
Image by jcomp on Freepik

Meskipun sudah ada dalam waktu yang cukup lama, kedua jenis usaha ini masih sangat menguntungkan. Jika kamu ingin memulai bisnis dengan potensi keuntungan yang menjanjikan tetapi tidak dapat memproduksi barang sendiri, kamu bisa mencoba menjadi reseller atau dropshipper sebagai alternatif.

Sebagai reseller, kamu akan membeli produk dari produsen dengan harga yang kompetitif untuk dijual kembali. Sementara itu, dropshipper akan menjual produk tanpa perlu menyimpan stok barang. Keduanya masih populer karena tidak memerlukan modal besar dan pemasarannya dapat dilakukan secara online, memberikan fleksibilitas yang tinggi.

5. Monetisasi Hobi

jar with savings coins table
Image by Freepik

Berita baik bagi mereka yang memiliki hobi, kamu dapat menghasilkan uang dari hobi yang kamu geluti. Apakah kamu suka menulis? Kamu bisa mencoba menjadi penulis. Apakah kamu suka fotografi? Kamu bisa menjual karya fotografi di platform berbayar dan menjadi seorang fotografer yang handal. Suka masak? Kamu bisa memulai usaha makanan dan minuman dari dapur rumah.

Jika belum menemukan hobi yang cocok, kamu dapat menjelajahi berbagai hobi lainnya seperti melukis, kerajinan tanah liat, traveling, berkebun, dan masih banyak lagi. Meskipun dilakukan sebagai waktu luang, kamu dapat menghasilkan uang jika kamu mengambilnya dengan serius. Jadi, kamu dapat melakukan apa yang kamu sukai dan mendapatkan cuan sekaligus.

Sekarang tidak ada alasan lagi untuk bingung mencari sumber penghasilan. Ada banyak pilihan usaha yang bisa kamu coba, bahkan dengan modal yang minim dan dapat dilakukan dari rumah. Apa yang menarik minatmu? Jangan ragu untuk mencobanya! Jika kekurangan biaya, kamu juga dapat mengajukan Finable by Edufund yang dapat memberikan lebih dari Rp2 miliar untuk memulai usahamu.

Baca Juga

Toko Buku Gunung Agung: Menjual Rokok hingga Sukses di BEI

Strategi Email Marketing yang Menarik Perhatian Pelanggan

10 Tips Sukses Mengumpulkan Modal Usaha untuk Memulai Bisnis

Artikel Terkait

Gaji Guru SMA: Berapa Idealnya dan Realita di Indonesia?

Gaji Guru SMA: Berapa Idealnya dan Realita di Indonesia?

Menjadi guru merupakan sebuah profesi mulia yang dedikasi dan pengabdiannya patut diapresiasi. Di balik peran pentingnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, gaji guru SMA di Indonesia masih menjadi topik hangat yang

Panduan Lengkap Menjadi Community Officer Era Digital!

Panduan Lengkap Menjadi Community Officer Era Digital!

Di era digital yang serba terkoneksi ini, peran Community Officer (CO) semakin vital dalam berbagai organisasi dan komunitas. CO bagaikan jembatan penghubung yang menjembatani kesenjangan antara organisasi/komunitas dengan para anggotanya.

Berapa Harga Franchise Mixue? Ini Syarat dan Caranya!

Berapa Harga Franchise Mixue? Ini Syarat dan Caranya!

Siapa yang tidak kenal Mixue? Brand asal China ini telah menjadi sensasi global dengan tawaran teh dan es krimnya yang lezat dan terjangkau. Konsep bisnis franchise Mixue telah terbukti sukses,

Tips Menyusun Struktur Organisasi Perusahaan dengan Contoh

Tips Menyusun Struktur Organisasi Perusahaan dengan Contoh

Pernahkah Anda membayangkan sebuah perusahaan tanpa struktur organisasi? Kekacauan, kebingungan, dan ketidakefisienan akan merajalela. Setiap orang akan bekerja tanpa arah dan tujuan yang jelas, dan perusahaan akan terhambat dalam mencapai