Hari Ibu: Kegiatan dan Hadiah yang Menyentuh Hati

Cover Blog Hari Ibu scaled

Hari ibu kerap dirayakan setiap tahunnya untuk menghormati perjuangan seorang perempuan hebat di keluarga. Hari spesial ini menjadi kesempatan untuk kamu melakukan kegiatan bersama dengannya. Sebenarnya, banyak sekali yang bisa dilakukan untuk merayakan, dan tentunya bisa banget dilakukan selain di Hari Ibu. Namun, kalau melakukannya pada momennya pasti lebih menyentuh hati!

Sebelum membahas tentang kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan di Hari Ibu, kenali terlebih dahulu asal-usul adanya Hari Ibu, yuk!

Sejarah Hari Ibu

Tiap negara memiliki tanggal yang berbeda untuk memperingati Hari Ibu. Indonesia menetapkan pada tanggal 22 Desember. Ternyata, kebanyakan negara merayakannya di bulan Maret atau Mei, seperti negara-negara di Eropa dan Amerika Serikat. 

Hari Ibu bermula sejak masa Yunani dan Romawi kuno yang melakukan perayaan untuk menghormati Dewi Rea (bahasa Yunani: Ῥέα) dan Kibele (bahasa Yunani: Κυβέλη, Κυβήβη, Κύβελις). Rea adalah saudari dan istri dari Kronos (Titan dalam mitologi Yunani), sedangkan Kibele adalah “ibu bumi” dalam kepercayaan Frigia.

Melompat jauh pada akhir abad ke-19, Amerika Serikat mulai merayakan Hari Ibu, yaitu ketika Anna Jarvis mengadakan hari pertama dari pelayanan ibadah di Andrews Methodist Episcopal Church di Virginia Barat.

Pengesahan adanya Hari Ibu di Indonesia oleh Presiden Soekarno saat ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia pada tahun 1928. Nah, jadi, hari ibu nasional itu sebenarnya diadakan pada hari pertama ulang tahun pertama kali pembukaan Kongres Perempuan Indonesia, apakah kamu tahu tentang fakta ini?

Baca juga: Suka Bingung Apa Itu Gangguan Mental? Lihat Penjelasan Ini!

Rekomendasi Kegiatan di Hari Ibu

Gambar menunjukkan sepasang ibu dan anak yang sedang berpelukan, menggambarkan hari ibu.
Gambar menunjukkan sepasang ibu dan anak yang sedang berpelukan (Gambar dari Freepik)

Manfaatkan Hari Ibu sebagai momen menyenangkan hati perempuan hebat dengan cara menghabiskan waktu bersama. Lantas, kegiatan apa saja yang dimaksud? Simak terus uraian di bawah ini!

1. Memasak Bersama

Memasak bersama dapat memberikan kamu kesempatan untuk belajar sekaligus bersenang-senang. Selama memasak, kamu dapat bercerita tentang pengalaman yang kamu dapatkan selama sepekan sebelumnya atau bercerita hal-hal yang ingin kamu sampaikan, tapi belum sempat dilakukan.

Nikmati tiap prosesnya hingga menciptakan memori yang indah. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, memasak bersama ibu!

2. Jalan-jalan

Ajak jalan-jalan ke tempat yang sangat ingin dikunjunginya adalah langkah yang tepat. Namun, pergi ke tempat favorit dari ibu kamu bukanlah sebuah pilihan yang buruk pula. Jangan lupa abadikan tiap momennya sebagai kenang-kenangan.

Mau pergi jalan-jalan, tapi budget terbatas? Tenang, ada EduCash dari Edufund yang siap membantu kamu merayakan Hari Ibu. EduCash adalah sebuah pinjaman dana yang aman dan mudah dengan limit pengajuan hingga Rp70 juta. Ajukan sekarang!

Baca juga: Arsitektur Islam Termegah: Masjid Al-Hambra Dari Mana Sih?

3. Bersantai dengan Minum Teh Bersama

Seorang wanita yang menuangkan teh kepada anak kecil menggambarkan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di hari ibu.
Seorang wanita yang menuangkan teh kepada anak kecil (Gambar dari Pexels)

Hari Ibu adalah hari tanpa stres untuk ibu. Bersantailah sejenak dengan minum teh di sore hari sambil menyantap camilan manis sebagai pelengkap. Meminum teh dapat membuat badan dan pikiran menjadi lebih rileks, sehingga akan membuat hari menjadi lebih tenang.

Bercanda menertawakan masa lalu ditemani dengan teh dan camilan manis sambil sesekali mempertanyakan soal masa depan. Tertarik mencobanya?

4. Beres-beres rumah

Menjadikan ibu kamu sebagai ratu dalam sehari mungkin bisa menjadi opsi yang dapat kamu lakukan. Salah satu hal termudah adalah dengan melakukan pekerjaan rumah, seperti mencuci piring, menyapu, mencuci pakaian, menyetrika, dan lain-lain.

Nah, selain kegiatan-kegiatan di atas, memberikan hadiah dijamin bisa membuatnya makin senang! Lanjut baca untuk tahu rekomendasi dari Edufund!

Rekomendasi Hadiah untuk Ibu

Hadiah bukan hal soal nominal, melainkan niat dan makna di baliknya. Berikut rekomendasi hadiah untuk ibu pada hari spesialnya:

1. Bunga

Bunga melambangkan kasih sayang. Tentukan jumlah, varian, dan warna yang tepat. Rangkai secantik mungkin. Selipkan secarik surat dengan beberapa kalimat yang menyentuh hati.

2. Peralatan Masak

Masakan ibu sering kali menjadi hal yang dirindukan. Maka dari itu, memberi hadiah peralatan masak menjadi hal yang tepat. Terlebih lagi, kalau ibu kamu suka memasak, pastinya itu sangat berarti.

Baca juga: Hari Anti Korupsi, Yuk, Kupas Tuntas Sejarah Korupsi

3. Barang Handmade 

Rekomendasi terakhir ini sangatlah unik, karena hanya ada satu di dunia. Yup, barang buatan sendiri atau handmade, hanya ada satu di dunia, ‘kan?

Kamu bisa memberikan hadiah yang kamu buat sendiri, lho. Misalnya, kamu dapat memberikan makanan buatanmu sendiri, lilin aroma terapi buatan sendiri, atau membuat vas bunga dan mug sendiri! Memang terdengar susah untuk dilakukan, tapi, usahamu dijamin tidak akan sia-sia, ibumu pasti akan menyukai pemberianmu. Apa lagi ketika mengetahui jika itu adalah buatanmu!

Tahukah bahwa kamu bisa pergi ke museum untuk membuat keramik sendiri? Museum Seni Rupa dan Keramik di Jakarta Barat menawarkan pembuatan keramik dengan harga Rp50.000 aja! Kamu bisa banget membuat keramik di museum ini lalu memberikannya untuk ibumu. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, buat keramik sendiri!

Meskipun ini adalah hari yang spesial untuk Ibumu, jangan lupa bahwa kamu tidak harus bersikap baik hanya saat ini saja, ya! Jadilah anak yang berbakti dan tentunya sayang dengan kedua orangtuamu. Berkat mereka kamu bisa menjadi diri yang sekarang. Selamat Hari Ibu untuk semua perempuan hebat di luar sana!

Banner Hari Ibu

Masih pusing mikirin budget untuk merayakan Hari Ibu? Enggak perlu risau, Edufund sebagai penyedia layanan pinjam meminjam hadir untuk memberikan solusi dari segala masalah finansial kamu.

Informasi lebih lanjut bisa langsung kamu cek dengan klik gambar di atas ini!

Artikel Terkait

Kegunaan Mesin Coding untuk UMKM di Indonesia

Kegunaan Mesin Coding untuk UMKM di Indonesia

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang biasa dikenal dengan UMKM adalah sebuah sebutan untuk badan usaha yang dimiliki oleh seorang individu atau perorangan. Istilah familiarnya dikenal sebagai jenis usaha

Edufund x Green Academy: New Potential Skill in 2023

Edufund x Green Academy: New Potential Skill in 2023

Pada awal tahun 2023, Edufund melakukan kerja sama dengan salah satu akademi kursus yaitu Green Academy. Green Academy sendiri adalah sebuah akademi yang menawarkan beberapa program untuk meningkatkan macam-macam keterampilan

Gerhana Matahari Hibrida: Pengertian hingga Waktu Terjadinya

Gerhana Matahari Hibrida: Pengertian hingga Waktu Terjadinya

Mungkin fenomena gerhana sudah terdengar sangat familiar di telinga, namun, apakah Gerhana Hibrida itu? Gerhana Hibrida adalah saat ketika bulan berada di antara matahari dan bumi yang kemudian menghalangi cahaya

Ramadan: Arti, Kegiatan, dan Pentingnya Bulan Suci

Ramadan: Arti, Kegiatan, dan Pentingnya Bulan Suci

Bulan Ramadan adalah  bulan yang paling dinanti-nanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Bulan kesembilan dalam kalender Islam atau kalender Hijriah ini dikenal sebagai bulan untuk melakukan amalan-amalan baik. Seluruh