9 Perbedaan Utama antara Kristen Protestan dan Katolik

Blog Ilustrasi Perbedaan Katolik dan Protestan

Kristen Protestan dan Katolik adalah dua agama Kristen yang terbesar di dunia, namun keduanya memiliki banyak kesamaan, tetapi juga memiliki beberapa perbedaan yang mendasar.

Baca juga: Inspirasi Kombinasi Warna Hijau Sage untuk Interior dan Fashion

Berikut adalah 9 perbedaan Kristen Protestan dan Katolik:

1. Kitab Suci

perbedaan katolik dan protestan: Alkitab
Alkitab (Detik)

Kristen Protestan hanya mengakui Alkitab sebagai sumber otoritas tertinggi dalam iman dan praktik mereka. Alkitab terdiri dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

Sementara itu, Katolik mengakui Alkitab sebagai sumber otoritas tertinggi, tetapi juga mengakui tradisi Gereja sebagai sumber otoritas yang setara. Tradisi Gereja terdiri dari ajaran-ajaran para Bapa Gereja, keputusan-keputusan Konsili Gereja, dan praktik-praktik liturgis yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Baca juga: Doodle Champion Island Games: Permainan Google yang Seru

2. Paus

perbedaan katolik dan protestan: Paus
Paus (Tatoli)

Kristen Protestan tidak mengakui otoritas Paus sebagai kepala tertinggi Gereja. Mereka percaya bahwa setiap orang Kristen memiliki hubungan langsung dengan Tuhan dan tidak perlu melalui perantara.

Sementara itu, Katolik mengakui otoritas Paus sebagai wakil Kristus di dunia. Paus memiliki otoritas untuk mengajar, memimpin, dan mengurus Gereja secara universal.

Baca juga: Binsik Adalah, Bahasa Gaul yang Makin Populer

3. Sakramen

perbedaan katolik dan protestan: Sakramen
Sakramen (Gereja Katolik Santo Yakobus)

Kristen Protestan hanya mengakui dua sakramen, yaitu baptisan dan perjamuan kudus. Baptisan adalah tanda lahir baru, sedangkan perjamuan kudus adalah tanda persekutuan dengan Kristus.

Sementara itu, Katolik mengakui tujuh sakramen, yaitu pembaptisan (permandian), ekaristi (komuni kudus), penguatan (krisma), pernikahan (perkawinan), imamat (pentahbisan), dan rekonsiliasi (pengakuan dosa dan sakramen tobat).

Baca juga: 12 Link Nonton Anime Sub Indo Resmi, Jangan Anoboy!

4. Perjamuan Kudus

perbedaan katolik dan protestan: Perjamuan Kudus
Perjamuan Kudus (RBM)

Dalam perjamuan kudus, Kristen Protestan percaya bahwa roti dan anggur yang dibagikan hanyalah simbol tubuh dan darah Kristus. Mereka percaya bahwa Kristus hadir secara spiritual dalam perjamuan kudus, tetapi tidak secara fisik.

Sementara itu, Katolik percaya bahwa roti dan anggur yang dibagikan dalam perjamuan kudus adalah tubuh dan darah Kristus yang sesungguhnya. Mereka percaya bahwa Kristus hadir secara fisik dalam perjamuan kudus.

Baca juga: Feeling Lonely: Artinya, Penyebab, dan Tips Mengatasinya

5. Sola Fide

perbedaan katolik dan protestan: Sola Fide
Sola Fide (Community Bible Church)

Kristen Protestan percaya bahwa keselamatan hanya diperoleh melalui iman kepada Yesus Kristus. Mereka percaya bahwa perbuatan baik tidak dapat menyelamatkan seseorang.

Sementara itu, Katolik percaya bahwa keselamatan diperoleh melalui iman dan perbuatan baik. Mereka percaya bahwa perbuatan baik adalah tanda dan buah iman.

Baca juga: [Quiz] Kuis Gambar Tebak Cerita Masa Lalu yang Menghantuimu

6. Sola Gratia

Sola Gratia
Sola Gratia (Community Bible Church)

Kristen Protestan percaya bahwa keselamatan adalah pemberian Allah secara cuma-cuma. Mereka percaya bahwa manusia tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri.

Sementara itu, Katolik percaya bahwa keselamatan adalah pemberian Allah, tetapi juga melibatkan usaha manusia. Mereka percaya bahwa manusia harus bekerja sama dengan rahmat Allah untuk memperoleh keselamatan.

Baca juga: Jangan Oploverz, Ini 5 Link Nonton Anime yang Aman

7. Sola Scriptura

Sola Scriptura
Sola Scriptura (Bibleinfo.com)

Kristen Protestan percaya bahwa Alkitab adalah satu-satunya sumber kebenaran yang mutlak. Mereka percaya bahwa Alkitab harus ditafsirkan secara literal.

Sementara itu, Katolik percaya bahwa Alkitab adalah sumber kebenaran yang penting, tetapi bukan satu-satunya sumber kebenaran. Mereka percaya bahwa tradisi Gereja juga dapat digunakan untuk menafsirkan Alkitab.

Baca juga: Arti Hukum Mengucapkan Barakallah Fii Umrik di Hari Ulang Tahun

8. Imago Dei

Imago Dei
Imago Dei (TDRE Boss Blog)

Kristen Protestan percaya bahwa manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Mereka percaya bahwa manusia memiliki potensi untuk menjadi seperti Allah.

Sementara itu, Katolik percaya bahwa manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah, tetapi gambar dan rupa itu telah rusak karena dosa. Mereka percaya bahwa manusia perlu dilahirkan kembali melalui baptisan untuk memulihkan gambar dan rupa Allah dalam dirinya.

Baca juga: [Quiz] Mental Age Test: Yuk, Cari Tahu Berapa Usia Mental Kamu!

9. Pengakuan Dosa

Pengakuan Dosa
Pengakuan Dosa (Reformata)

Kristen Protestan percaya bahwa pengakuan dosa dapat dilakukan kepada Tuhan secara langsung. Mereka percaya bahwa tidak perlu ada perantara untuk mengakui dosa kepada Tuhan.

Sementara itu, Katolik percaya bahwa pengakuan dosa dapat dilakukan kepada imam. Mereka percaya bahwa imam adalah wakil Kristus yang dapat mengampuni dosa.

Baca juga: Apa Itu Warna Coksu? Definisi hingga Tips Menggunakannya

Kristen Protestan dan Katolik adalah dua agama Kristen yang memiliki banyak kesamaan, tetapi juga memiliki beberapa perbedaan yang mendasar. Perbedaan-perbedaan tersebut telah menyebabkan terjadinya perpecahan antara kedua agama tersebut pada abad ke-16.

Artikel Terkait

5 Tanda Keberadaan Dunia Paralel yang Mencengangkan

5 Tanda Keberadaan Dunia Paralel yang Mencengangkan

Pernahkah kamu merasakan deja vu, seperti kamu pernah mengalami suatu kejadian di masa lalu, padahal kamu yakin itu tidak pernah terjadi? Atau, pernahkah kamu merasa ada seseorang yang sangat mirip

Bacaan Niat Umroh dan Tata Caranya Menurut Sunnah

Bacaan Niat Umroh dan Tata Caranya Menurut Sunnah

Umroh adalah salah satu ibadah yang diwajibkan bagi umat Islam yang telah mampu. Ibadah ini dilaksanakan di Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi. Umroh memiliki beberapa kesamaan dengan ibadah haji, seperti

Warna Nude: Cocok untuk Fashion, Kecantikan, & Dekorasi Rumah

Warna Nude: Cocok untuk Fashion, Kecantikan, & Dekorasi Rumah

Tren mode dan kecantikan selalu berubah seiring dengan perkembangan zaman. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti gaya hidup, budaya, dan teknologi. Dalam beberapa tahun terakhir, tren mode dan kecantikan

Orangtua Sisca Kohl, Pengusaha Kaya Raya atau Pejabat?

Orangtua Sisca Kohl, Pengusaha Kaya Raya atau Pejabat?

Sisca Kohl adalah seorang selebritas TikTok yang terkenal dengan konten kulinernya yang unik dan mewah. Ia kerap mengunggah video-video memasak yang menggunakan bahan-bahan yang mahal, seperti emas, intan, dan berlian.