Apa Itu Firma? Ini Contoh Berdasarkan Jenisnya di Indonesia

Contoh Firma

Terdapat banyak perusahaan di Indonesia dengan industri yang beragam. Setiap perusahaan yang didirikan mempunyai proses administrasi yang berbeda-beda. Sebagai pebisnis, ada banyak contoh firma yang bisa dipilih untuk didirikan.

Beberapa contoh firma yang ada di Indonesia antara lain PT Astra International Tbk, PT Telkom Indonesia, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, dan masih banyak lagi. Artikel ini akan membahas contoh firma berdasarkan jenisnya di Indonesia.

Definisi Firma

contoh firma
Foto oleh pressfoto dari Freepik

Sebelum melihat contoh firma, mari kita simak definisi firma terlebih dahulu. Istilah “firma” diambil dari bahasa Belanda, vennootschap onder firma (VOF). Dilansir dari blog Gramedia, bahasa Belanda ini berarti perserikatan dagang antara beberapa perusahaan.

Perserikatan ini terdiri dari dua perusahaan atau lebih yang bernaung dalam satu nama bersama. Saat membangun firma, para anggota akan menyumbangkan kekayaan pribadi berdasarkan yang tertera pada akta pendirian perusahaan. Setiap anggota juga wajib bertanggung jawab apabila firma berakhir pailit.

Baca juga: Panduan Lengkap Menjadi Community Officer Era Digital!

Dalam konteks bisnis, firma adalah organisasi bisnis yang memungkinkan dua atau lebih individu untuk mengaryakan perusahaan bersama dengan usaha patungan. Tujuan dari mendirikan firma adalah untuk melakukan kegiatan ekonomi agar mendapatkan keuntungan.

Aturan mengenai firma juga sudah ditetapkan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD); diatur pada Pasal 16 hingga Pasal 35; dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata); diatur pada Pasal 1618-1652. 

Para ahli – Willem Molengraaff, Wery, dan Slagter – setuju bahwa pendirian firma melibatkan perjanjian kerja sama dari para anggotanya untuk mengoperasikan perusahaan dengan menggunakan nama yang sama. Menurut KUHD, firma adalah perserikatan yang didirikan di bawah satu nama bersama.

Contoh Firma Berdasarkan Jenisnya Indonesia

Perkembangan ekonomi di Indonesia dicirikan dengan adanya beberapa firma besar. Salah satu contoh firma terkenal di Indonesia adalah PT Astra International Tbk. contoh firma ini bergerak di industri otomotif. Mari simak contoh firma berdasarkan jenisnya di Indonesia!

Firma Dagang (Trading Partnership)

Contoh firma pertama adalah firma dagang atau trading partnership. Bidang usaha ini bergerak di ranah perdagangan jual beli produk. Anggota firma dagang terlibat dalam aktivitas perdagangan demi mendapatkan keuntungan dari proses jual beli barang.

Pasti Anda mengenal beberapa contoh firma dagang ini: Nike, Diadora, Puma, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: 10 Ide Jualan dari Rumah, Gak Perlu Bisa Masak!

Nike

Perusahaan asal Amerika Serikat ini menjual berbagai atribut olahraga. Produk ternama Nike adalah sepatu. Logo centang dari Nike dengan slogan just do it sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia.

Berdiri sejak tahun 1962, Nike masih menjadi salah satu merek favorit orang-orang. Dengan inovasi yang selalu dilakukan serta desain yang trendy, bisnis ini dapat bertahan. Jadi, tidak perlu heran kalau toko Nike ada di seluruh dunia.

Vans

Penggemar skate pasti sudah kenal dengan brand ini. Pada awalnya, Vans fokus memproduksi sepatu khusus untuk skateboard. Kini, produknya masih banyak digunakan oleh masyarakat dengan toko yang tersebar di seluruh dunia.

Puma

Brand asal Jerman ini didirikan oleh saudara pendiri Adidas. Produk-produk yang dijual oleh Puma umumnya melengkapi kebutuhan olahraga mulai dari sepatu, jaket, jersey. Toko Puma banyak ditemukan di Indonesia dengan kualitas yang tidak perlu diragukan.

Baca juga: Gaji Masinis: Mengungkap Rahasia Dibalik Profesi Menantang Ini

Firma Non Dagang/Jasa

Untuk contoh firma kedua adalah firma non dagang. Firma non dagang bergerak dalam industri jasa, di mana bisnis ini mengandalkan penjualankeahlian pada bidang tertentu. Keahlian yang ditawarkan disebut sebagai jasa atau layanan.

Beberapa contoh firma non dagang/jasa antara lain firma hukum, firma akuntansi, atau konsultan bisnis. Firma-firma ini juga merupakan perusahaan yang umum ditemukan di Indonesia.

Firma Hukum

contoh firma
Foto dari Freepik

Kantor yang bergerak di bidang hukum biasa disebut firma. Contohnya seperti kantor-kantor pengacara atau konsultan hukum. Pelayanan di bidang hukum ini biasa banyak ditemukan di setiap daerah perumahan. 

Firma Akuntansi

Firma akuntansi diciptakan untuk melayani masyarakat yang membutuhkan jasa akuntansi di luar perusahaan. Biasanya, pihak yang menggunakan jasa akuntansi adalah individu, lembaga, atau perusahaan.

Firma Umum (General Partnership)

Contoh firma berikutnya adalah firma umum. Anggota firma umum mempunyai kekuasaan dan tanggung jawab yang tak terbatas. Maka, setiap anggota firma umum mempunyai tanggung jawab penuh pada keberlangsungan perusahaan.

Firma Terbatas (Limited Partnership)

Hal yang membedakan firma umum dengan firma terbatas adalah adanya limitasi kekuasaan setiap anggotanya. Contoh firma terbatas yang ada di Indonesia yaitu Firma Multi Marketing, Firma Indo Eternity, dan Firma Panghudi Luhur.

Baca juga: Gaji Tukang Parkir Pesawat: Berapa Ya?

Itu tadi adalah informasi tentang definisi dan contoh firma berdasarkan jenisnya di Indonesia. Kira-kira, firma mana yang memikat hati Anda untuk memulai perusahaan?

contoh firma
Daftar sekarang!

Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan informasi lain terkait topik serupa, segera daftarkan diri Anda dengan klik gambar di atas!

Artikel Terkait

Bagaimana Cara Cek Hasil Rekrutmen Bersama BUMN 2024?

Bagaimana Cara Cek Hasil Rekrutmen Bersama BUMN 2024?

Beberapa waktu yang lalu, masyarakat menerima kabar bahagia. Rekrutmen Bersama BUMN 2024 yang diselenggarakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dibuka secara resmi. Periode pendafataran Rekrutmen Bersama BUMN yang resmi

Berapa Besar Gaji Dishub dan Tunjangannya? Cek Sekarang!

Berapa Besar Gaji Dishub dan Tunjangannya? Cek Sekarang!

Apakah Anda tertarik untuk bekerja sebagai Dinas Perhubungan (Dishub)? Menjadi Dishub adalah minat banyak orang. Ketertarikan untuk menjadi Dishub ini dipicu oleh besarnya gaji Dishub yang akan diperoleh. Perlu diketahui,

10 Ide Jualan dari Rumah, Gak Perlu Bisa Masak!

10 Ide Jualan dari Rumah, Gak Perlu Bisa Masak!

Keinginan semua orang adalah untuk hidup dengan cukup; cukup untuk memenuhi kebutuhan sandang dan pangan. Tapi, tidak bisa dipungkiri kalau harga bahan pokok semakin mahal. Maka dari itu, kita membutuhkan

Memangnya Elon Musk Orang Terkaya di Dunia? Simak Faktanya!

Memangnya Elon Musk Orang Terkaya di Dunia? Simak Faktanya!

Ada banyak fakta tentang Elon Musk yang akan membuatmu terheran-heran. Sebelum mulai membahas fakta-fakta lainnya, kamu harus tahu kalau kekayaan bersih Musk mencapai 182,6 miliar USD! Gila! Meskipun sekaya itu,