10 Ide Jualan dari Rumah, Gak Perlu Bisa Masak!

Ide Jualan

Keinginan semua orang adalah untuk hidup dengan cukup; cukup untuk memenuhi kebutuhan sandang dan pangan. Tapi, tidak bisa dipungkiri kalau harga bahan pokok semakin mahal. Maka dari itu, kita membutuhkan penghasilan sampingan. Orang-orang pun mencari ide jualan dengan modal kecil.

Selain itu, keinginan untuk berbelanja pakaian, menghadiri konser, atau nonton di bioskop juga membutuhkan pendapatan ekstra. Tapi, semua ini bisa ditangani apabila kita mempunyai pemasukan tambahan untuk rekreasi.

Baca juga: Gaji Masinis: Mengungkap Rahasia di Balik Profesi Menantang Ini

Ada banyak ide jualan yang bisa dilakukan. Baik itu tanpa modal, perlu modal, online, atau offline. Semua dapat kamu pilih sesuai dengan kesibukan, usia, atau preferensimu. Artikel ini akan membahas rekomendasi ide jualan yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Meskipun kamu anak kos yang tidak punya kompor, kamu tetap bisa berjualan. Yuk, simak artikel ini untuk mendapatkan 10 rekomendasi ide jualan!

Rekomendasi Ide Jualan

Ide-ide bisnis ini berpotensi membawa keuntungan kecil hingga besar, semua bisa kamu atur! 

Penerjemah Bahasa Asing

ide jualan
Foto dari Freepik

Kalau kamu punya keahlian selain bahasa Indonesia dan percaya diri dengan kemampuan bahasamu, kamu bisa coba untuk menjual jasa sebagai penerjemah. Selain bahasa Inggris, kini banyak perusahaan yang mencari orang dengan kemahiran bahasa Mandarin, Korea, dan Jepang. Ide jualan ini tak perlu modal, tapi butuh keahlian.

Kalau kamu lulusan sastra, hal ini akan menjadi nilai tambah. Tapi, kalau kamu pernah mengikuti kursus bahasa dan mendapatkan sertifikat, hal ini juga dapat menjadi bukti kemahiran tersebut. Kamu belajar bahasa dari film? Tentu saja bisa juga!

Tetapi, kalau kamu ingin menjadi penerjemah dokumen-dokumen penting, tentunya kamu butuh sertifikat penerjemah tersumpah. Kamu bisa mulai mencoba untuk menjadi penerjemah dokumen tidak resmi seperti jurnal ataupun menjadi alih bahasa.

Guru Les Bimbel

Banyak orang tua yang butuh guru bimbingan belajar untuk membantu anaknya agar tidak tertinggal pelajaran di sekolah. Solusinya adalah dengan mendaftarkan anak ke tempat bimbel atau mencari guru untuk dipanggil ke rumah. 

Baca juga: Gaji Pramugari Kereta Api: Berapa Besar dan Syarat Menjadinya?

Untuk mencari klien pertama, kamu bisa menawarkan diri ke rekan-rekan orang tua atau saudaramu. Kamu dapat mengajar dari bangku sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, atau membuka kelas preparation untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri. Ide jualan ini cocok untuk mahasiswa!

Konsultasi Motivation Letter

Bagi kamu yang diterima universitas luar negeri, kamu juga dapat membuka jasa konsultasi penulisan motivation letter. Banyak calon mahasiswa S2 yang butuh mentor dalam penulisan motivation letter ketika sedang berjuang untuk mendapatkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri.

Selain itu, universitas di luar negeri juga mewajibkan calon mahasiswa S1 untuk mengumpulkan motivation letter ketika mendaftar. Tentunya, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika menulis motivation letter dan sebagai orang awam, kita membutuhkan masukan dari orang yang berpengalaman.

Baca juga: Aplikasi (APK) Penghasil Uang Gratis dan Terbaik 2023

Kemampuan bahasa kamu akan sangat diuji di sini. Jadi, pastikan kalau kamu memahami grammar dasar dan idiom yang dapat mempercantik motivation letter calon klien, ya! Kalau kamu berhasil lolos dengan motivation letter buatanmu, kamu bisa mempertimbangkan untuk memulai ide jualan ini.

Jualan Baju Bekas Impor

ide jualan
Foto dari Freepik

Bagi pecinta thrifting, kamu juga bisa menjadikan hobi kamu sebagai sumber cuan! Kamu bisa menjual kembali pakaian yang dibeli dengan harga yang sudah ditentukan berdasarkan kualitas barang yang kamu temukan. Tentunya, ide jualan ini butuh energi lebih.

Pilihan lainnya, kamu bisa kenalan dengan supplier pakaian bekas impor agar kamu tidak perlu berdesak-desakkan dengan orang lain di tempat biasa kamu thrifting. Tentunya, kamu akan butuh mengeluarkan modal agar dapat memutar uang tersebut.

Kamu akan perlu waktu untuk melakukan foto produk dan mengunggah ke media sosial. Untuk foto produk sendiri, kamu dapat menjadi model bagi pakaianmu! Kamu juga dapat berkreasi untuk membuat studio foto. Seru, kan?

Baca juga: UMR Cikarang 2023: Kalahkan UMR DKI Jakarta

Bisnis ini juga dapat kamu lakukan bersama temanmu yang sama-sama mempunyai passion untuk blusukan di tempat thrifting dan mencari pakaian-pakaian unik. Modal yang dikeluarkan dan keuntungannya tentu harus kamu bagi bersama temanmu.

Jasa Pet Sitter

Mirip seperti babysitter, tugas pet sitter adalah untuk mengasuh. Bedanya, kamu tidak mengasuh bayi manusia, melainkan hewan. Ide jualan ini sangat cocok bagi kaum animal lover!

Biasanya, jasa pet sitter ramai dicari ketika musim liburan, seperti ketika menjelang hari Ramadhan, atau ketika tahun baru. Karena perjalanan jauh dapat membuat hewan stres, pemilik anabul biasanya menitipkan peliharaan mereka di pet sitter ataupun tempat penitipan hewan.

Baca juga: Intip Harga Buka Franchise Mie Gacoan & Cara Daftar 2023

Guru Les Privat Musik

business ideas
Foto dari Freepik

Bagi kamu yang jago bermain alat musik dan memahami teori-teori mengenai musik, kamu bisa banget memanfaatkan keahlianmu untuk dijadikan uang. Biasanya, banyak orang tua yang ingin anak kecilnya pandai bermain musik sehingga mereka aktif mencari guru musik.

Untuk tarifnya, kamu bisa sesuaikan dengan jam dan frekuensi mengajar. Semuanya juga bisa ditentukan sesuai kesepakatan bersama, ingin les secara offline atau online. Mau di hari biasa atau di akhir pekan, semua dapat ditentukan secara bersama.

Menjual Tulisan

Kamu bisa memulai karir penulis kamu dengan mencoba menjual tulisan kamu. Kamu bisa berkontribusi untuk menulis kolom di majalah-majalah atau menjadi ghost writer bagi penulis. Namun, kalau kamu jadi ghost writer nama kamu tidak akan tercantum sebagai penulis di karya yang kamu tulis.

Baca juga: 10 Tips Sukses Mengumpulkan Modal Usaha untuk Memulai Bisnis

Jasa Screenshot iPhone

Nah, yang ini adalah ide bisnis khusus pemilik iPhone. Bisnis ini sempat viral di tahun 2022. Penyedia jasa menawarkan bisnis untuk melakukan screenshot dari iPhone yang ia miliki. Klien dapat memilih ingin mode gelap atau terang untuk hasil screenshot yang diinginkan. Mungkin ide jualan ini bisa dicoba sama pengguna iPhone?

Jasa Bikin Nama Anak

Nama adalah doa. Namun, orang tua juga ingin menamai anaknya dengan nama tak umum. Bagi kamu yang mengerti bahasa-bahasa kuno, kamu dapat mencoba memulai bisnis jasa bikin nama anak.

Reseller Camilan

Ini adalah ide jualan yang sangat cocok bagi pekerja kantoran! Tentunya, di jam-jam sore rekan-rekan kantor suka mulai merasa lapar dan ingin jajan. Eits, di sini kamu akan hadir sebagai reseller camilan. Kamu bisa berjualan basreng, keripik tempe, keripik singkong, makaroni goreng, atau cemilan lainnya.

Untuk mendapatkan camilan ini, kamu bisa membeli dalam jumlah besar di warung atau toko khusus penjual camilan. Kamu ingin menjual secara online? Bisa juga! Karena camilan adalah makanan kering, kamu tidak perlu takut makanan ini akan basi selama di perjalanan. Mudah, bukan?

Baca juga: Gaji Tukang Parkir Pesawat: Berapa Ya?

Itu tadi adalah 10 rekomendasi ide jualan yang bisa kamu lakukan tanpa perlu bisa masak dan bisa dilakukan dari rumah! Kamu ingin memulai bisnis dengan modal lebih besar lagi? Edufund bisa membantumu!

ide jualan
Registrasi sekarang!

Kalau kamu tertarik untuk membaca artikel dengan topik serupa, segera daftarkan dirimu dengan klik gambar di atas!

Artikel Terkait

Bagaimana Cara Cek Hasil Rekrutmen Bersama BUMN 2024?

Bagaimana Cara Cek Hasil Rekrutmen Bersama BUMN 2024?

Beberapa waktu yang lalu, masyarakat menerima kabar bahagia. Rekrutmen Bersama BUMN 2024 yang diselenggarakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dibuka secara resmi. Periode pendafataran Rekrutmen Bersama BUMN yang resmi

Berapa Besar Gaji Dishub dan Tunjangannya? Cek Sekarang!

Berapa Besar Gaji Dishub dan Tunjangannya? Cek Sekarang!

Apakah Anda tertarik untuk bekerja sebagai Dinas Perhubungan (Dishub)? Menjadi Dishub adalah minat banyak orang. Ketertarikan untuk menjadi Dishub ini dipicu oleh besarnya gaji Dishub yang akan diperoleh. Perlu diketahui,

Apa Itu Firma? Ini Contoh Berdasarkan Jenisnya di Indonesia

Apa Itu Firma? Ini Contoh Berdasarkan Jenisnya di Indonesia

Terdapat banyak perusahaan di Indonesia dengan industri yang beragam. Setiap perusahaan yang didirikan mempunyai proses administrasi yang berbeda-beda. Sebagai pebisnis, ada banyak contoh firma yang bisa dipilih untuk didirikan. Beberapa

Memangnya Elon Musk Orang Terkaya di Dunia? Simak Faktanya!

Memangnya Elon Musk Orang Terkaya di Dunia? Simak Faktanya!

Ada banyak fakta tentang Elon Musk yang akan membuatmu terheran-heran. Sebelum mulai membahas fakta-fakta lainnya, kamu harus tahu kalau kekayaan bersih Musk mencapai 182,6 miliar USD! Gila! Meskipun sekaya itu,