Apa Itu Relawan? Pengertian hingga Sejarah Sukarelawan

Cover Blog apa itu relawan

Kamu pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya relawan? Sebenarnya apa itu relawan? Seperti namanya, kegiatan yang dilakukan secara sukarela ini dilakukan jika kamu dapat meluangkan waktu untuk melakukan sesuatu untuk membantu memberikan layanan untuk suatu orang, komunitas, atau organisasi.

Setiap orang memiliki hak untuk menjadi seorang relawan. Menjadi seorang relawan bisa dilakukan dari segala rentang umur atau latar belakang, kamu bisa menjadi seorang relawan walaupun kamu masih menjadi siswa ataupun seorang karyawan.

Harus digarisbawahi bahwa relawan bukanlah seorang karyawan, karena, mereka melakukan pekerjaan relawan dengan kemauan sendiri tanpa paksaan dari manapun. Kalau kamu tertarik nggak untuk menjadi relawan? Dengan menjadi relawan kamu bisa membantu sesama hingga mendapatkan relasi baru lho!

Baca juga: Hari Perempuan Internasional: Saatnya Wujudkan Kesetaraan!

Apa Itu Relawan atau Volunteer?

Apa itu relawan: Sekelompok sukarelawan dari berbagai negara di Asia memegang kotak sumbangan untuk penggalangan dana dalam situasi darurat seperti membantu korban banjir di Ukraina, acara amal makanan untuk anak-anak.
Image by partystock on Freepik

Apa itu relawan atau volunteer? relawan adalah sebuah aksi sukarela dari seorang individu atau sebuah kelompok yang secara bebas memberikan waktu dan tenaga kerja mereka untuk pelayanan masyarakat. Meluangkan waktu tanpa adanya paksaan alias kemauan sendiri merupakan artian singkat dari relawan. Namun, ada juga yang bekerja di bidang yang kebetulan ada jika dibutuhkan saja, seperti tanggapan darurat ketika ada bencana alam.

Apakah maksud dari kemauan sendiri? Menjadi seorang relawan berarti kamu menawarkan sesuatu yang tidak diikat dengan paksaan atau kewajiban. Kebanyakan relawan dilatih di bidang yang mereka kerjakan, seperti pendidikan, edukasi, dan penyelamatan darurat. Tahukah kamu bahwa empati dan kesadaran seringkali menjadi salah satu alasan untuk menjadi seorang relawan lho!

Menjadi relawan berarti kamu akan bekerja dengan yang lainnya, oleh karena itu, dengan menjadi relawan dapat menghubungkan kamu dengan mereka yang memiliki tujuan yang sama denganmu. Melalui aksi yang kamu berikan melalui relawan kamu dapat memberikan manfaat bagi orang lain dan tentu saja diri sendiri. Setiap relawan memiliki alasan tersendiri untuk membantu sesama, seperti:

  1. Mendapatkan pengalaman untuk bekerja
  2. Memberikan bantuan untuk sesuatu yang penting (menurut pribadi masing-masing)
  3. Mendapatkan tambahan relasi baru
  4. Memberikan kontribusi kepada komunitas lokal
  5. Mengubah sesuatu menjadi hal yang lebih baik
  6. Menggunakan pengalaman atau keterampilan yang dipunya untuk menolong sesama
  7. Mencoba hal baru
  8. Mempelajari skill baru

Nah, apakah kamu memiliki salah satu dari alasan di atas? Jika iya, mungkin kamu harus mencoba untuk menjadi relawan. Relawan menjadi suatu alat yang baik untuk kamu yang ingin mengembangkan diri. Tapi, kapankah pertama kali relawan dikenal di masyarakat? Simak tulisan selanjutnya ya!

Baca juga: Imlek 2024: Sejarah, Tradisi, dan Pantangan

Sejarah Relawan

Apa itu relawan: Relawan memposting di media sosial
Image by rawpixel.com on Freepik

Awal mulanya, relawan terjadi ketika adanya perang, dan dalam peristiwa mengenaskan itu memberikan jalan untuk para pemuda, khususnya wanita yang mengatur bagaimana cara untuk membantu para prajurit yang terluka dan mengumpulkan persediaan untuk mengobati mereka. Bentuk kerelawanan yang terorganisir mulai pada abad ke-19 seperti organisasi YMCA atau yang sekarang populer disebut The Y.

Salah satu organisasi kemanusiaan yang paling terkenal, Red Cross diketahui memulai aksinya ketika Civil War. Gimana sih awal mulai Red Cross terbentuk? Awal mulanya, mereka membantu memberikan pengobatan gratis dibawah pengawasan Clara Barton. 

Clara merupakan wanita yang berbeda dari yang lainnya loh, mengapa demikian? malaikat di medan perang atau angel of the battlefield adalah sebuah julukan yang diberikan untuk Clara Barton. Ia adalah seorang perawat asal Amerika Serikat yang menjadi penemu dari Red Cross, keren banget kan!

Baca juga: Keunikan Perayaan Isra Miraj di 6 Daerah di Indonesia

Mengapa Kamu Harus Ikut Serta Menjadi Relawan?

Grafik Layanan Masyarakat Dukungan Relawan Helping Hands
Image by rawpixel.com on Freepik

Setelah membahas lebih dalam mengenai relawan dan sejarahnya, selanjutnya kita akan membahas manfaat menjadi seorang relawan yang tentunya bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba menjadi seorang relawan. Simak terus ya!

1. Menjadi Relawan Mengajarkan Keterampilan Hidup atau Life Skills

Menjadi sukarelawan memungkinkan kamu untuk memperoleh keterampilan dan pengetahuan baru di bidang yang kamu minati. Dengan melakukan sukarelawan kamu bisa mengembangkan keterampilan kepemimpinan, perencanaan proyek, dan juga memanajemen tugas. Menjadi relawan juga akan terlihat bagus di resume dan akan membantu mempersiapkan peluang apa pun di masa mendatang.

2. Menjadi Percaya Diri

Menjadi seorang relawan berarti kamu membantu orang lain atau komunitas yang secara alami memberikan perasaan sukses pada diri sendiri. Tidak hanya itu, dengan menjadi seorang relawan dapat memberikan rasa bangga terhadap diri sendiri. Perasaan bangga itu dapat menjadi sesuatu yang positif untuk dirimu dan juga rencana masa depan mu. Jika kamu ingin meningkatkan rasa percaya dirimu, mungkin menjadi relawan adalah pilihan yang tepat untuk kamu! 

3. Bertemu Relasi Baru

Menjadi relawan berarti bertemu dan bekerja dengan orang-orang yang belum kamu kenal sebelumnya. Berbagai jenis latar belakang hingga umur bisa kamu temukan ketika kamu menjadi relawan, oleh karena itu, kamu dapat berkenalan dan tentunya mendapatkan relasi baru. Kamu bisa bertemu dengan mereka yang memiliki ketertarikan yang sama denganmu, bukankah itu sangat menarik?

4. Mendapatkan Pengalaman Bekerja

Kegiatan sukarelawan dapat memberikan kamu kesempatan untuk mencoba pekerjaan baru tanpa membuat komitmen jangka panjang. Tentu saja menjadi relawan juga menjadi pilihan baik untuk mendapatkan pengalaman di bidang yang baru. Pekerjaan relawan yang kamu lakukan dapat membukakan jalan untuk karirmu, dengan melihat karir mu sebagai seorang relawan mungkin saja kamu dapat dilirik  untuk bekerja di suatu perusahaan/organisasi lho! Gimana masih nggak tertarik untuk ikut menjadi relawan?

5. Badan Tetap Sehat 

Studi menunjukkan bahwa mereka yang menjadi sukarelawan memiliki tingkat kematian yang lebih rendah daripada mereka yang tidak. Para relawan yang lebih tua cenderung lebih banyak berjalan kaki, mereka juga merasa lebih mudah untuk melakukan kegiatan sehari-hari. 

Mereka juga cenderung tidak mengalami tekanan darah tinggi, dan memiliki keterampilan berpikir yang lebih baik. Menjadi seorang relawan juga dapat mengurangi gejala sakit kronis dan mengurangi risiko penyakit jantung lho!

Baca juga: Natal: Makna, Tradisi, dan Hal-hal yang Harus Dilakukan

Jenis-Jenis Relawan yang Ada di Indonesia

Tim relawan saling bergandengan tangan
Image by rawpixel.com on Freepik

Jika kamu ingin menjadi relawan kamu harus mengetahui bahwa ada macam-macam jenis relawan di luar sana, tenang saja di Indonesia juga ada kok! Berikut adalah jenis relawan yang ada di Indonesia:

1. Relawan Pendidikan

Seperti namanya, relawan pendidikan bergerak di bidang pendidikan. Singkatnya, para relawan pendidikan akan mengkontribusikan diri mereka untuk mendukung perkembangan pendidikan. 

Di Indonesia pendidikan tidak tersebar dengan merata, oleh karena itu, jenis relawan ini sangat banyak ditemukan di Indonesia. Menjadi relawan di bidang pendidikan berarti kamu ikut serta dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

2. Relawan Lingkungan

Menjadi relawan lingkungan berarti kamu meluangkan waktu untuk merawat atau memelihara lingkungan. Jika kamu tertarik dengan menjaga dan berbuat baik kepada alam, menjadi relawan lingkungan menjadi pilihan yang cocok untuk kamu lakukan.

Biasanya, relawan lingkungan bergerak karena isu-isu yang sangat dikenal seperti pemanasan global atau perubahan iklim. Kegiatan yang dilakukan biasanya seperti menanam pohon, mengumpulkan sampah untuk didaur ulang, melakukan kampanye tentang pemanasan global, dan lain-lain.

3. Relawan Kesehatan

Relawan kesehatan berarti ikut membantu sesama di bidang kesehatan. Menjadi relawan kesehatan bukan berarti kamu harus memiliki latar belakang di bidang kesehatan seperti dokter atau suster. Jadi kamu nggak usah khawatir kamu tetap bisa menjadi relawan kesehatan dan memberikan pelayanan bantuan kesehatan kepada masyarakat.

Jika kamu menjadi relawan di bidang kesehatan, kamu dapat memberikan jalan keluar langsung di lapangan, seperti memberikan solusi dan juga melayani masyarakat yang membutuhkan di sektor kesehatan.

Baca juga: 5 Kejutan Manis di Hari Ibu: Bikin Mama Meleleh!

Sekarang kamu udah tahu apa itu relawan, ‘kan?

Selain menjadi relawan, ada beberapa cara lain loh untuk menambahkan skill kamu! Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus sesuai dengan skill yang kamu minati. Tenang saja, di zaman yang sudah berkembang pesat ini, kursus dapat dilakukan melalui online loh! Jangan lupa untuk daftar di Edufund kalau kamu tertarik untuk mengikuti kursus!

Artikel Terkait

Gerhana Matahari Hibrida: Pengertian hingga Waktu Terjadinya

Gerhana Matahari Hibrida: Pengertian hingga Waktu Terjadinya

Mungkin fenomena gerhana sudah terdengar sangat familiar di telinga, namun, apakah Gerhana Hibrida itu? Gerhana Hibrida adalah saat ketika bulan berada di antara matahari dan bumi yang kemudian menghalangi cahaya

Ramadan: Arti, Kegiatan, dan Pentingnya Bulan Suci

Ramadan: Arti, Kegiatan, dan Pentingnya Bulan Suci

Bulan Ramadan adalah  bulan yang paling dinanti-nanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Bulan kesembilan dalam kalender Islam atau kalender Hijriah ini dikenal sebagai bulan untuk melakukan amalan-amalan baik. Seluruh

Hari Nyepi: Tradisi, Makna, dan Kegiatan selama 24 Jam di Bali

Hari Nyepi: Tradisi, Makna, dan Kegiatan selama 24 Jam di Bali

Setiap tahunnya ada satu hari ketika umat Hindu khususnya di pulau Bali dan juga Lombok tidak keluar dari rumah selama satu hari dan juga tidak menyalakan lampu dan alat elektronik

Konser BLACKPINK di Jakarta: Pengalaman Tak Terlupakan

Konser BLACKPINK di Jakarta: Pengalaman Tak Terlupakan

Siapa yang tak kenal dengan BLACKPINK? girlband populer yang berasal dari Korea Selatan dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Girlband satu ini berada di bawah naungan YG Entertainment, salah