Maya Nabila, Mahasiswi S3 Termuda ITB yang Menjadi Inspirasi!

Jadi Mahasiswi S3 Termuda ITB Maya Nabila Jadi Inspirasi 01 1 1

Maya Nabila tercatat sebagai mahasiswi termuda pada program doktoral atau strata tiga (S3) diusianya yang ke 21 tahun di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca Juga: Tips Membuat CV Menarik, Auto Dilirik!

Perempuan kelahiran Padang 9 Mei 1999 ini, mengambil Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) pada tahun akademik 2021/2022. Berdasarkan riwayat pendidikannya, Maya menempuh beberapa jenjang pendidikan hanya dalam waktu singkat.

Maya diketahui mulai memasuki sekolah dasar (SD) pada usia lima tahun. Setelah itu, ia berhasil menyelesaikan studi sekolah menengah akhirnya (SMA) hanya dalam waktu dua tahun (mengikuti program akselerasi).

Selain itu, Maya juga tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan gelar sarjananya (S1). Tercatat, ia telah menyelesaikan jenjang s1 itu dalam waktu selama kurang dari empat tahun.

Maya memiliki keinginan bisa menjadi seorang dosen yang baik dan berharap kelak bisa mendirikan sekolah, khususnya untuk masyarakat yang kurang mampu.

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik di 2022!

Pencapaian ini ia dapatkan bukan tanpa halangan. Maya sempat terkendala saat menempuh pendidikan magister atau strata dua (S2) dengan bantuan beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU).

Sarjana matematika ini harus menyesuaikan pengetahuan yang ia dapatkan dari universitas sebelumnya dengan jenjang baru tersebut.

Meski senang karena tercatat sebagai mahasiswa program doktoral termuda di ITB, sarjana dari Universitas Andalas tersebut mengaku belum memberikan kontribusi penuh kepada kampus maupun negara.

Tips dan Trik Menjadi Mahasiswa S3 Termuda

Jika ditanya terkait tipsnya bisa menjadi mahasiswi termuda S3 di ITB, Maya tak bisa menjelaskannya secara gamblang. Melalui Twitter pribadinya @MayaNabila_, ia membeberkan bahwa yang terpenting adalah niat untuk berubah menjadi lebih baik.

Maya menyebutkan bahwa caranya mengatur waktu adalah membuat ‘list to do‘ terkait tugas dan deadline yang harus diselesaikannya hari itu. Ia juga mengingatkan para followersnya agar meletakkan motivasi semangat pada diri sendiri, karena yang bisa berjuang dan bangkit adalah dirinya seorang.

Menurut Maya, setiap orang sudah mempunyai timeline dan manfaat masing-masing untuk berkontribusi dalam kehidupan. Percayalah semua orang ada di dunia ini dengan manfaatnya masing-masing.

Semoga kita semua bisa jadi orang yang berguna dalam memberikan kontribusinya di masyarakat.

Baca Juga: Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Ingin melanjutkan kuliah namun terkendala pembiayaan? Pakai Edufund saja!

Artikel Terkait

Rumus Percepatan dalam Fisika, Pengertian, dan Contoh Soal

Rumus Percepatan dalam Fisika, Pengertian, dan Contoh Soal

Dalam fisika, percepatan didefinisikan sebagai perubahan kecepatan dalam satuan waktu tertentu. Percepatan merupakan besaran vektor, sehingga memiliki besar dan arah. Sebelum kita bahas rumus percepatan, ketahui terlebih dahulu lebih detil

Rumus GLBB dalam Fisika dengan Contoh Soal dan Pembahasan

Rumus GLBB dalam Fisika dengan Contoh Soal dan Pembahasan

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus yang percepatannya konstan. Artinya, kecepatan benda berubah secara beraturan dari waktu ke waktu. Lantas, bagaimana rumus GLBB? Gerak

18 Contoh Teks Eksposisi Singkat beserta Strukturnya

18 Contoh Teks Eksposisi Singkat beserta Strukturnya

Teks eksposisi adalah salah satu jenis teks yang bertujuan untuk menjelaskan atau memaparkan suatu topik tertentu secara objektif. Teks ini biasanya digunakan dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, jurnalistik, dan sains.

1 Liter Berapa KG? Ini Cara Menghitungnya

1 Liter Berapa KG? Ini Cara Menghitungnya

Kali ini kita akan membahas tentang satuan liter dan kilogram. Dua satuan ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk mengukur volume dan berat suatu benda. Jadi, pertanyaan besar utamanya