Kesalahan Keuangan di Usia 20-an?

160123 Banner Blog  Keuangan Usia 20  cover scaled

Membahas keuangan atau segala sesuatu tentang duit pasti enggak pernah habis. Mulai dari inflasi, deflasi, investasi, dan menabung dimulai dari yang namanya keuangan. Pernah enggak merasa susah untuk memegang uang dengan jumlah yang besar?

Kewalahan dan berakhir dengan menggunakannya untuk sesuatu yang enggak penting. Tenang aja, untuk kamu yang masih suka kewalahan untuk memegang dan mengatur keuanganmu, apa lagi kamu yang berusia 20-an, simak tulisan di bawah ini, ya!

Habit Usia 20-an

Biasanya, di umur 20-an adalah permulaan dari karier seseorang. Permulaan karier juga berarti menerima gaji untuk pertama kali. Gaji pertama seseorang kemungkinan didapatkan pada usia 20-an, dan enggak jarang para individu ini merasa bingung untuk mengatur perencanaan keuangan mereka.

Nah, untuk mengubah itu semua akan lebih baik jika dari awal menetapkan sebuah kebiasaan yang baik. Memulai dari kebiasaan akan menimbulkan dampak yang tentunya baik untuk diri sendiri, lho! Kamu bisa mencoba untuk membuat sebuah anggaran dana setiap kali menerima gaji bulanan.

Percobaan pertama mungkin gagal, itu normal dan malah bagus, karena dari situ kamu bisa belajar dan menetapkan anggaran yang cocok untuk diri sendiri. Bulan berikutnya bisa mencoba anggaran yang baru dan membandingkannya dengan anggaran sebelumnya. Setelah itu, bisa juga menuliskan kelebihan dan kekurangan dari keduanya dan lihat mana yang lebih menguntungkan.

Tentu saja ini bisa dilakukan lebih dari sekali, hingga kamu menemukan anggaran yang pas di kantong. 

Tips Perencanaan Keuangan untuk Usia 20-an

Seseorang yang sedang menghitung jumlah uang, menggambarkan perencanaan keuangan untuk usia 20 an
Seseorang yang sedang menghitung keuangannya (Gambar dari Pexels)

Perencanaan keuangan sangat penting untuk mengetahui jumlah uang yang masuk enggak melebihi jumlah uang yang keluar, apa lagi di usia 20-an. Pastinya, kamu enggak mau gaji kamu untuk menghilang begitu saja kan? Caranya adalah dengan mulai menyusun rencana keuangan atau anggaran dana. Simak di bawah ini untuk caranya, ya!

1. Tuliskan Tujuan dari Merencanakan Keuangan

Membuat rancangan keuangan untuk usia 20-an bisa dimulai dengan menuliskan tujuan dan alasan mengapa kamu ingin melakukan ini. Mungkin kamu ingin membuat rencana keuangan karena ingin menyisihkan uang untuk menikah, membeli mobil atau rumah, atau ingin pensiun lebih dini.

Dengan menuliskan tujuan di masa depan, kamu bisa dengan mudah untuk membuat rencana keuangan yang tepat dan sesuai dengan tujuan awal. Membuat rencana ini juga membantu agar kamu selalu berada pada jalan yang benar dan terarah untuk menghemat dana yang akan sesuai dengan tujuan awalmu. 

Kalau masih bingung, bisa dimulai dengan menanyakan pada diri sendiri apa yang ingin kamu punya di 5 atau 10 tahun lagi. Apakah ingin mempunyai rumah sendiri? Atau memiliki rumah di komplek yang nyaman dan tentram? Kamu bisa menuliskan semuanya terlebih dahulu sebelum membuat rencana keuangan tersebut.

2. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Setelah itu, kamu harus mulai memperhatikan jumlah uang yang masuk ke kantong dan berapa banyak yang keluar. Mulai dari mencatat pengeluaran yang biasanya dibutuhkan, seperti untuk kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder. 

Buatlah catatan yang menyeluruh mengenai uang yang keluar, itu berarti setiap pengeluaran yang kamu lakukan harus dicatat sekecil apapun itu. Catatan tersebut digunakan sebagai pemandu untuk rencana keuangan yang ingin dibuat nanti. Setelah mendapatkan data-data yang dibutuhkan, langsung saja buat rencana keuangan yang sesuai dengan apa yang cocok dan seimbang untuk budget.

3. Merencanakan Investasi

Terdapat banyak sekali opsi investasi yang menarik dan mudah untuk dilakukan bagi pemula. Sebelumnya mungkin kamu bertanya kenapa harus merencanakan investasi untuk rencana keuangan? Karena, dengan investasi kamu bisa merencanakan keuangan lebih baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek.

Mulai dari emas, reksadana, hingga saham bisa dipilih setelah melakukan riset terlebih dahulu. Investasi untuk jangka panjang membantu untuk mendapatkan kehidupan yang diinginkan di masa depan, dengan uang yang dijamin aman. 

4. Selalu Mengamati Rencana Keuangan 

Merencanakan keuangan belum selesai setelah kamu sudah melakukan investasi saja. Selain itu, kamu juga harus mengamati bagaimana kondisi dana secara rutin. Jika kamu melihat salah satu rencana keuangan yang enggak bekerja dengan baik, harus segera menggantinya dengan rencana yang lebih baru.

Enggak hanya itu, kamu juga harus selalu mengikuti rencana yang sudah dibuat, karena, semakin bertumbuh dewasa, impian dan kebutuhan ikut juga bertambah banyak. Sebagai contoh, keuangan akan sangat berubah ketika sudah berkeluarga dan memiliki anak, prioritasnya pasti akan berubah dibandingkan yang sebelumnya.

Mengapa Perencanaan Keuangan di Usia 20-an Penting?

Seseorang yang sedang merencanakan keuangannya dan mencatatnya. Menggambarkan perencanaan keuangan untuk usia 20an.
Seseorang yang sedang merencanakan keuangannya dan mencatatnya (Gambar dari Pexels)

Setelah mengetahui tips-tips sebelum membuat rencana keuangan, tentunya harus mengetahui alasan dari pentingnya membuat rencana tersebut. Simak di bawah ini, ya!

1. Melawan Jahatnya Inflasi

Salah satu keuntungan dari merencanakan keuangan adalah kamu bisa tenang ketika terjadi sebuah inflasi yang enggak diinginkan. Kamu pasti pernah mendengar cerita dari orang tua atau kakek dan nenek yang mengatakan zaman dulu harga barang-barang lebih murah dibandingkan saat ini. 

Itu semua terjadi karena adanya inflasi, seperti halnya harga yang dahulu hanya Rp10 perak sekarang berubah menjadi Rp10.000. Kamu dapat memerangi inflasi dengan berinvestasi di platform yang menawarkan hasil yang lebih baik dari waktu ke waktu. Nah, dengan merencanakan semuanya kamu bisa dengan tenang melampaui inflasi yang jahat.

2. Mengatur Keuangan Hidup Lebih Tenang

Masa depan enggak ada yang pasti dan apapun bisa terjadi kapan saja. Tentu saja bisa menghindari masalah keuangan yang enggak diinginkan dengan sudah merencanakan keuangan sebelumnya. Melalui dana darurat, kamu bisa menyiasati pengeluaran yang bikin pusing dan dijamin hidup bakalan lebih tenang!

Sebagai individu yang melek finansial, kita harus bisa mengatur keuangan untuk situasi yang enggak diinginkan. Misalnya, kita enggak akan tau apakah besok akan mendapat musibah atau enggak, dan jika itu terjadi apakah kita akan siap untuk itu semua? 

Anggaran keuangan yang sudah terencana bisa membantu untuk menutupi keresahan itu. Mungkin kamu bisa menggunakan hasil investasi yang sudah kamu jalani selama beberapa tahun, atau menggunakan dana darurat.

3. Perencanaan Keuangan di Usia 20-an Dapat Menghindari Hutang

Enggak kalah penting, mempunyai rencana keuangan berarti kamu sudah mengerti apa yang kamu butuhkan dan untuk apa uang yang dipunya. Memanfaatkan uang sebaik-baiknya adalah salah satu keuntungan dari memiliki rencana keuangan, dan hal ini tentu saja membantu menghindar dari hutang.

Kok bisa sih? Tentu saja bisa, karena dengan rencana keuangan yang teratur dan rapi, kamu akan lebih mudah untuk melihat kebutuhan mana yang mungkin akan merugikan. Jadi, bakalan enggak ada yang namanya hutang, enak banget kan?

Banner perencanaan keuangan di usia 20 an

Rencana keuangan di umur 20-an memang terdengar terlalu awal untuk dibuat bagi segelintir orang, tapi nyatanya ini adalah kunci dari kehidupan yang matang, lho! Kalau kamu menginginkan masa depan yang baik, kamu bisa memulai dari membuat rencana keuangan.

Ikutin tips-tips di atas supaya kamu bisa aman untuk 10 tahun kedepan! Oh iya, kalau masih bingung juga dan benar-benar butuh uang, coba deh daftar Edufund dan gunakan produk-produk yang bisa membantu keuangan kamu.

Artikel Terkait

Laporan Keuangan: Contoh & Fungsi untuk Finansial

Laporan Keuangan: Contoh & Fungsi untuk Finansial

Laporan keuangan adalah salah satu kebutuhan yang krusial dalam sebuah perusahaan. Bisa dibilang, hal ini merupakan sebuah kunci untuk menjalankan bisnis atau perusahaan. Jadi, apa itu sebenarnya laporan keuangan? Laporan

Mengenal OJK dan Fungsinya dalam Mengawasi Pasar Keuangan

Mengenal OJK dan Fungsinya dalam Mengawasi Pasar Keuangan

OJK mungkin sudah enggak asing lagi di telinga, tapi, apakah kamu tau apa itu OJK sebenarnya? Otoritas Jasa Keuangan adalah sebuah lembaga yang mengawasi industri jasa keuangan. OJK memiliki tugas

Cara Persiapkan Finansial di Masa Depan ala Raditya Dika

Cara Persiapkan Finansial di Masa Depan ala Raditya Dika

Siapa yang ingin mempunyai persiapan matang finansial di masa depan? Pastinya semua orang menginginkan masa depan yang cerah dengan jalan yang penuh dengan bunga alias wangi dan terencana. Nah, untuk

Jurus Atur Keuangan Pasca Kena PHK

Jurus Atur Keuangan Pasca Kena PHK

Berita PHK masih ramai dan hangat dibicarakan di berbagai media. Enggak hanya satu atau dua perusahaan yang memutuskan untuk melakukan PHK kepada para karyawannya, ternyata perusahaan-perusahaan besar juga melakukan hal