Cuma Ada Satu! Ini Jurusan Langka di Indonesia

jurusan langka di indonesia min

Banyak sekali jurusan yang bisa kamu pilih untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi. Bahkan, ada beberapa jurusan seperti akuntansi, manajemen, atau ekonomi tersedia hampir di setiap perguruan tinggi. Namun, tahukah kamu bahwa ada jurusan langka di Indonesia?

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik di 2022!

Biasanya yang banyak orang kenal, hanyalah jurusan yang banyak peminatnya atau jurusan yang unggul.

Ternyata, ada jurusan yang paling langka dan cuma tersedia satu saja di Indonesia. Meskipun cuma tersedia satu aja, bukan berarti jurusan ini kalah sama yang lain. Justru peluang kerjanya sangat besar buat kalian, selama kalian benar-benar memanfaatkan dengan baik ilmunya!

Masih bingung mau jurusan apa? Tertarik buat daftar di jurusan langka ini? Berikut ini jurusan yang hanya ada satu di Indonesia!

Astronomi – Institut Teknologi Bandung (ITB), Jurusan Langka di Indonesia

Buat kamu yang tertarik dengan ruang angkasa, cocok banget untuk masuk jurusan ini.

Astronomi, jurusan langka di Indonesia

Jurusan Astronomi hanya ada satu dan sudah mengantongi akreditasi A. Jurusan ini hanya ada di Institut Teknologi Bandung dan sudah memiliki tiga jenjang pendidikan sekaligus, yaitu S1, S2 atau Magister, hingga S3 atau Doktoral.

Kamu akan mempelajari seputar peristiwa yang terjadi di ruang angkasa dengan menitikberatkan penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit, mempelajari struktur, sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya, dan kosmologi.

Menariknya, program studi ini mendapatkan warisan Observatorium Bosscha, yang Nederlandsch-Indische Sterrekundige Vereeniging (NISV) bangun, sebuah himpunan astronom Belanda pada tahun 1920-an.

Prospek Karier: Astronom, Astronot, Peneliti Atmosfir dan Ruang Angkasa, Pengajar (Ilmu Atmosfir, Ilmu Bumi, Ilmu Kelautan, Ilmu Luar Angkasa), dan Administrator Sistem Jaringan dan Komputer

Teknik Nuklir – Universitas Gadjah Mada (UGM), Jurusan Langka di Indonesia

Nuklir tidak selalu berhubungan dengan senjata. Indonesia sendiri menggunakan ilmu nuklir untuk sumber energi.

Teknik nuklir

Program studi Teknik Nuklir hanya ada di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kamu yang tertarik dengan jurusan ini harus bersiap berhadapan dengan ilmu fisika dan matematika sepanjang perkuliahan.

Jurusan ini juga sudah mengantongi akreditasi A, dan kalian yang masuk jurusan ini akan mempelajari tentang teknologi nuklir dalam pembangkitan daya, radiasi, radioisotop di industri, serta radiologi klinik, seperti radiodiagnostik dan radioterapi. 

Baca Juga: Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Prospek Karier: Ahli Teknik Nuklir, Ahli Teknologi Pengobatan Nuklir, Ahli Kimia, Ahli Pengolahan Bahan Bakar, dan Ahli Teknik Material

Manajemen Industri Katering – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Siapa yang tertarik jadi entrepreneur food and beverage? Jurusan yang satu ini bisa kamu jadikan pilihan.

Manajemen industri katering

Jurusan Manajemen Industri Katering ini hanya terdapat di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan akreditasi B dan hanya satu di Indonesia. Buat kamu yang mau mendalami bidang kuliner, namun tidak ingin sekolah chef/koki, cocok buat masuk ke jurusan ini.

Kamu akan mempelajari tentang pengelolaan, perencanaan, pemasaran, hingga manajemen operasional katering. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan ilmu-ilmu bisnis katering dari ilmu dasar hingga sedetil mungkin.

Nantinya kamu juga akan mempelajari seluk-beluk kuliner dari lokal hingga manca negara.

Prospek Karier: Manajer Layanan Makanan (Food Service Manager) dan Food Stylist

Ilmu Keluarga dan Konsumen – Institut Pertanian Bogor (IPB)

Jurusan yang satu ini gak kalah unik dari yang lain. Yap! Kamu akan mempelajari tentang keluarga dan konsumen.

Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen merupakan jurusan yang hanya ada satu di Indonesia dengan predikat akreditasi A di Institut Pertanian Bogor (IPB). Kamu akan mempelajari tentang pengembangan dan pemberdayaan keluarga.

Kamu akan mendalami tentang upaya peningkatan ketahanan keluarga, perlindungan anak, hingga pembelajaran keluarga dan konsumen. Menarik, bukan?

Prospek Karier: Terapis Pernikahan dan Keluarga, Mediator Keluarga, Praktisi Keluarga dan Umum, Konsultan Perlindungan Perempuan, Tenaga Pengajar dan Pengelola Pendidikan, Spesialis Riset Pemasaran Konsumen, dan Staff BKKBN

Jurusan di atas merupakan sebagian dari jurusan yang masih sangat langka di Indonesia. Nah, bagi kamu yang ingin punya peluang besar di dunia kerja, beberapa jurusan di atas bisa kamu jadikan referensi. 

Baca Juga: Prospek Kerja Data Science 2022, Masih Menjanjikankah?

Kamu ingin melanjutkan kuliah namun terkendala biaya? Coba pakai Edufund, bisa bantu kamu berikan program cicilan uang kuliah hingga 24 bulan, lho!

Artikel Terkait

Universitas Terbuka: Fakultas, Jurusan, hingga Biaya Kuliah

Universitas Terbuka: Fakultas, Jurusan, hingga Biaya Kuliah

Universitas Terbuka atau biasa disingkat UT adalah perguruan tinggi negeri ke-45 di Indonesia yang didirikan pada tanggal 4 September 1984 berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. Dengan visi

Universitas Muhammadiyah Surakarta: Fakultas dan Jurusan

Universitas Muhammadiyah Surakarta: Fakultas dan Jurusan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, UMS telah mengukir reputasi yang kuat dalam dunia pendidikan. Mari

Jurusan Perhotelan: Peluang dan Karier yang Menjanjikan

Jurusan Perhotelan: Peluang dan Karier yang Menjanjikan

Jurusan perhotelan menawarkan peluang yang menarik bagi individu yang tertarik dalam industri pariwisata dan layanan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai jurusan perhotelan, mengapa ini adalah bidang

Jurusan Ekonomi Pembangunan: Peluang dan Prospek Karier

Jurusan Ekonomi Pembangunan: Peluang dan Prospek Karier

Selamat datang di blog kami! Pada kesempatan kali ini, kita akan menjelajahi dunia jurusan ekonomi pembangunan. Apakah kamu tertarik untuk mempelajari bagaimana ekonomi suatu negara dapat berkembang? Bagaimana kebijakan ekonomi