Rekomendasi dan Manfaat Dompet Elektronik, Anda Wajib Tahu!

Dompet Elektronik

Sudah ada berapa banyak aplikasi dompet elektronik yang ada di smartphone Anda? Tentunya, bertransaksi menggunakan dompet elektronik bukanlah hal yang janggal di tahun 2024. Semakin hari, inovasi fitur di dompet elektronik menjadi semakin canggih.

Hanya dengan menggunakan smartphone, Anda dapat melakukan transaksi. Sangat nyaman, bukan? Hidup terasa semakin tenang dengan adanya dompet digital karena Anda tidak perlu khawatir apabila lupa membawa dompet atau uang cash. Semuanya terintegrasi dalam smartphone.

Kemudahan pembayaran menggunakan kode QR juga dapat dilakukan melalui dompet digital. Selain itu, melakukan transfer ke bank lainnya juga memungkinkan. Nah, penasaran ‘kan dengan rekomendasi dompet elektronik yang tersedia di Indonesia? Yuk, simak 6 daftarnya!

Rekomendasi Dompet Elektronik Terbaik

Ada banyak perusahaan financial technology yang menciptakan dompet elektronik di Indonesia, seperti OVO, Gopay, DANA, dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa contohnya yang tersedia di Indonesia.

1. GoPay

dompet elektronik
Logo GoPay

Dari aplikasi yang spesifik memberikan layanan ojek online, Gojek meluncurkan salah satu fitur di mana pengguna dapat menyimpan uang dalam dompet elektronik demi kemudahan transaksi dalam aplikasi. 

Fitur GoPay pertama kali hadir pada tahun 2016 sebagai sarana pembayaran untuk memudahkan driver dan pelanggan GoRide. Ketika Gojek dan Tokopedia bergabung menjadi GoTo, dompet elektronik ini secara resmi menjadi alat pembayaran di Tokopedia.

Baca juga: Kode Bank BNI: Cara Bayar DP dan Cicilan edufund 

Selain dimanfaatkan sebagai metode pembayaran aplikasi Gojek, Anda dapat menggunakan GoPay untuk beli pulsa dan paket data, bayar tagihan, transfer ke sesama GoPay atau bank, membayar layanan streaming dan beli voucher game, dan melakukan transaksi cashless.

2. LinkAja

LinkAja adalah produk dari PT Fintek Karya Nusantara yang telah mendapat lisensi dari Bank Indonesia pada tahun 2019 sebagai Perusahaan Penerbit Uang Elektronik dan Penyelenggara Layanan Keuangan Digital Badan Hukum dengan Sistem Keamanan Informasi.

Perusahaan yang dulunya bernama TCASH ini adalah dompet elektronik milik Telkomsel dan anggota BUMN. TCASH, dapat dibilang sebagai pelopor e-wallet di Indonesia, sudah memegang sertifikat dari Bank Indonesia tahun 2007 untuk menjalankan bisnis uang elektronik di Indonesia.

Dompet elektronik ini umum ditemukan pada transportasi umum karena pengguna dapat membayar Grab, Gojek, KRL, MRT, LRT, dan Transjakarta menggunakan LinkAja. Pengguna LinkAja juga dapat membayar BBM di Pertamina menggunakan LinkAja.

3. OVO

dompet elektronik
Logo OVO

PT Visionet Internasional, atau OVO, merupakan aplikasi dompet elektronik yang telah bergerak sejak tahun 2017. Perusahaan fintech ini didirikan oleh Lippo Group dan telah mendapatkan izin e-money dari Bank Indonesia untuk melangkah ke ranah dompet digital pada September 2017.

Pengguna OVO akan mendapatkan poin dari setiap transaksi yang dilakukan menggunakan OVO. Fitur dalam aplikasi OVO memudahkan pengguna untuk membeli pulsa dan paket data, membayar PLN, PDAM, pajak PBB, BPJS Kesehatan, kartu kredit, top up saldo e-money, serta transaksi di aplikasi Grab.

4. ShopeePay

electronic wallet
Logo ShopeePay

ShopeePay adalah produk di bawah Shopee berupa dompet elektronik. Berdirinya ShopeePay membawa banyak kemudahan bagi pelanggan Shopee karena pembayaran dapat dilakukan tanpa adanya aplikasi ketiga.

Tidak hanya untuk membayar belanjaan di Shopee, pengguna juga dapat melakukan transfer saldo ke sesama pengguna ShopeePay serta bank, pembayaran menggunakan QRIS, dan membeli pulsa. Anda juga dapat memanfaatkan banyak promo dari Shopee bagi pengguna ShopeePay.

5. i.saku

i.saku adalah e-wallet yang terintegrasi dengan Indomaret Poinku, sehingga transaksi menggunakan i.saku banyak dilakukan di Indomaret. Namun, i.saku juga tetap bisa digunakan di merchant lainnya.

Selain untuk melakukan pembayaran di Indomaret, i.saku juga dapat digunakan untuk membayar tagihan virtual seperti tagihan listrik, air, internet, TV kabel, dan kartu kredit. Untuk melakukan pembayaran langsung, pengguna dapat memanfaatkan QRIS.

Baca juga: Perbedaan Bank Syariah dan Konvensional & Contoh Bank Syariah

6. DANA

Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2018. DANA terdaftar di Bank Indonesia dengan lisensi sebagai e-money, dompet digital, kirim uang, dan Likuiditas Keuangan Digital (LKD).

DANA menyediakan layanan bagi penggunanya untuk beli pulsa, membayar tagihan, top up game online, kartu kredit atau DANA Paylater, transaksi kode QR, dan e-commerce. Anda juga dapat melakukan transfer ke sesama pengguna DANA atau bank lainnya.

5 Manfaat Dompet Elektronik

Anda tidak perlu meragukan manfaat yang akan didapatkan ketika menggunakan e-wallet untuk kebutuhan sehari-hari. Simak apa saja manfaatnya di bawah ini:

  • Transaksi menjadi lebih hemat waktu
  • Riwayat transaksi akan selalu tercatat secara otomatis
  • Sistem keamanan yang tidak perlu diragukan karena perlu memasukan PIN setiap transaksi. Pastikan e-wallet yang digunakan sudah mendapat izin dari Bank Indonesia
  • Banyaknya promo berupa diskon, cashback, atau mendapatkan poin dari setiap transaksi
  • Tidak perlu khawatir memikirkan kembalian karena dapat membayar sesuai dengan harga asli

Apa Perbedaan Dompet Elektronik dan Uang Elektronik?

Semuanya serba elektronik di masa kini. Ada uang elektronik, kemudian ada dompet elektronik. Tapi, Anda tidak perlu khawatir tertukar-tukar antara satu dengan yang lainnya. Mari simak perbedaan dompet elektronik dan uang elektronik!

  • E-money mempunyai bentuk yang berbeda dengan e-wallet. Saldo e-money tersimpan dalam perangkat chip based atau kartu, sedangkan saldo e-wallet tersimpan dalam server atau aplikasi
  • Penambahan saldo pada e-money dilakukan melalui ATM sedangkan untuk mengisi saldo e-wallet dapat menggunakan virtual account dari mobile banking
  • Mayoritas pengguna e-money memanfaatkannya untuk membayar tol atau transportasi umum, sedangkan e-wallet dapat digunakan untuk transaksi online atau cashless

Baca juga: 3 Digit Berapa Rupiah? Mengungkap Makna di Balik Istilah Gaji

Itu adalah beberapa rekomendasi dompet elektronik terbaik di Indonesia dan perbedaannya dengan e-money. Apa pun layanan dompet elektronik yang Anda gunakan, pastikan Anda selalu menjaga keamanan perangkat smartphone dari link penipuan!

dompet elektronik
Registrasi sekarang!

Jangan lupa daftarkan diri Anda untuk membaca artikel serupa lainnya. Yuk, klik gambar di atas!

Artikel Terkait

Ingin Jadi Pramugari Super Air Jet? Segini Gajinya!

Ingin Jadi Pramugari Super Air Jet? Segini Gajinya!

Banyak orang yang tertarik menjadi pramugari karena upah yang menjanjikan. Pramugari Super Air Jet sendiri mempunyai gaji yang berkisar Rp2.000.000 sampai Rp3.000.000 untuk pramugari junior, sedangkan pramugari senior dapat mencapai

Cara Transfer OVO ke ShopeePay: Mudah, Cepat, dan Aman!

Cara Transfer OVO ke ShopeePay: Mudah, Cepat, dan Aman!

Kehadiran e-wallet (dompet digital) di masyarakat mempermudah banyak orang untuk bertransaksi. Baik itu pelaku usaha atau bukan, semuanya dapat merasakan manfaatnya. Pengguna e-wallet juga dapat melakukan transfer antar e-wallet, seperti

Kode Bank BNI: Cara Bayar DP dan Cicilan edufund 

Kode Bank BNI: Cara Bayar DP dan Cicilan edufund 

Kemudahan untuk mengakses informasi kode bank di Indonesia sangat penting terutama bagi yang sering melakukan transaksi antar bank di ATM. Lalu, berapa kode bank BNI? Bank BNI, dan bank-bank lainnya