Rumus VLOOKUP Beda Sheet Beserta Contohnya!

Blog Ilustrasi Rumus Vlookup beda sheet

Rumus VLOOKUP sering digunakan oleh para pengguna Microsoft Excel. Kegunaan dari VLOOKUP untuk mempercepat pengolahan data adalah alasannya. Namun, bukan hanya itu saja fungsinya, VLOOKUP pun bisa mengisi sel secara otomatis sesuai kategori dari data yang tersedia. Bahkan, rumus VLOOKUP bisa digunakan di beda sheet untuk memindahkan data atau nilai.

Singkatnya, kamu cukup mengganti ‘alamat’ yang merujuk ke Sheet data kamu. Baca cara lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: 25 Chord Gitar Mudah Lagu Populer Agustus 2023 untuk Pemula

Rumus VLOOKUP di Excel dan Keterangannya

Sebelum menggunakan VLOOKUP, kamu harus mengetahui terlebih dahulu rumus lengkap dan keterangannya. Beirkut rumus lengkapnya:

=VLOOKUP(kolom acuan;tabel acuan;kolom;0)

Keterangan
1. Titik koma (;): pemisah masing-masing bagian. Kamu harus merangkai dengan benar agar Excel tidak keliru membaca perintah.
2. Kolom acuan atau LOOKUP VALUE: kolom berupa data teks atau angka yang akan dicari. Kolom pertama dari nilai kunci yang ingin dicari.
3. Tabel referensi atau table array atau tabel acuan: tabel sumber data yang menjadi referensi data. Tabel sumber data yang akan dipindahkan ke kolom acuan.
4. Kolom atau col_index_num: nomor kolom referensi. Urutan kolom data pada tabel acuan.
5. Angka 0: instruksi agar data yang dipindahkan bersifat absolut.

Baca juga: 2 Cara Mudah Akses WhatsApp Web di HP Android dan iPhone

Cara Menggunakan VLOOKUP Beda Sheet di Excel

Pada sub-bab ini, kami akan menjelaskan cara menerapkan rumus VLOOKUP untuk mencari data dari Sheet yang berbeda. Pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan VLOOKUP pada Sheet yang sama, kamu hanya perlu mengganti ‘alamat rujukan’ agar terbaca oleh Excel.

Misalnya, tersedia 2 Sheets. Pada Sheet pertama berisi data dan Sheet kedua berisi data referensi atau sumber. Kategori berisi besaran usia sesuai golongan. Golongan menjadi acuan pengisian tabel.

Pertama-taman, buka dokumen atau file Excel yang ingin kamu masukkan rumus VLOOKUP dan Sheet referensinya. Pastikan kedua Sheets tersebut berada pada satu file yang sama. Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut ini.

Baca juga: 12 Cara Mendapatkan Uang 1 Juta dalam Sehari Tanpa Modal

1. Blok dan beri nama tabel sumber

Rumus VLOOKUP Beda Sheet
Ilustrasi blok dan beri nama tabel sumber

Buka Sheet kedua atau Sheet yang berisi rujukan data. Blok tabel dan beri nama di bagian Nama Bar sesuai kebutuhan.

Contoh, blok tabel golongan dan usia sebagai rujukan dan beri nama ‘Data_Sumber’. Lebih aman kalau nama yang diberi tanpa spasi.

Baca juga: 6 Cara Dapat Uang dari Snack Video Terbaru 2023

2. Tulis rumus =VLOOKUP(

Rumus VLOOKUP Beda Sheet
Ilustrasi tulis rumus =VLOOKUP(

Beralih ke Sheet yang berisi data. Pilih sel untuk mengisi sesuai data dari sumber rujukan. Ketikkan rumus =VLOOKUP (buat instruksi pertama. Sebagai contoh, selnya bernomor C3).

=VLOOKUP(

Baca juga: 6 Langkah Efektif Melacak HP Hilang dengan IMEI

3. Masukkan nilai kunci pada rumus

Rumus VLOOKUP Beda Sheet
Ilustrasi masukkan nilai kunci pada rumus

Sesuai dengan rumus dasar VLOOKUP, masukkan baris pertama kolom acuan sebagai nilai kunci. Tujuannya untuk mencari kategori apa yang dicari di Sheet kedua atau data sumber.

Contoh, kamu ingin mencari usia berdasarkan golongan. Maka, kolom acuan pada rumus diisi B3 karena baris pertama nilai kunci (golongan) di kolom B nomor 3. Rumus VLOOKUP-nya menjadi:

=VLOOKUP(B3;

Saat akan menggunakan VLOOKUP pada beda Sheet di Excel, pastikan pemisah yang dipakai sesuai dengan versi Microsoft kamu. Ada yang menggunakan koma (,) atau titik koma (;) sebagai tanda pemisah.

4. Sisipkan tabel referensi

4
Ilustrasi sisipkan tabel referensi

Setelah kamu memberi nama tabel data sumber, tulis nama sebagai ‘Tabel Referensi’ atau alamat untuk dirujuk oleh VLOOKUP. Ketik dua sampai tiga huruf pertama, biasanya otomatis terdeteksi oleh Excel.

Contoh, beri nama pada Sheet rujukan dengan ‘Data_Sumber’, maka akan langsung dikenal oleh Excel. Nantinya, tampilan rumus VLOOKUP akan menjadi:

=VLOOKUP(B3;Data_Sumber;

5. Masukkan kolom index

5

Ilustrasi masukkan kolom index

Kolom berada di Sheet kedua atau rujukan. Maka, urutan kolom sesuai dengan letak kategori yang kamu pilih.

Misal, kamu memasukkan kategori usia sesuai golongan. Pada Sheet rujukan, kolom usia ada di B yang berarti urutan kedua. Nantinya, rumus VLOOKUP akan menjadi:

=VLOOKUP(B3;Data_Sumber;2;

6. Sisipkan 0 dan akhiri dengan tutup kurung “()”

6
Ilustrasi sisipkan 0 dan akhiri dengan tutup kurung “()”

Terakhir, tambahi angka 0 (nol) di belakang tanda pemisah (koma atau titik koma). Akhiri dengan tutup kurung. Rumus VLOOKUP akhir:

=VLOOKUP(B3;Data_Sumber;2;0)

Kalau kamu sudah yakin urutan rumus sesuai dengan alamatnya, jalani instruksi rumus menggunakan tombol Enter. Excel otomatis akan menentukan data sesuai rumusnya.

7. Isi kolom secara otomatis

7
Ilustrasi isi kolom secara otomatis

Kamu tidak perlu mengetikkan rumus VLOOKUP ini secara berulang satu per satu. Cukup arahkan kursor ke ujung kanan bawah sel yang berisi rumus VLOOKUP. Tunggu hingga menjadi tanda plus (+) tipis berwarna hitam. Cukup klik 2 kali kamu berhasil menerapkan ke semua kolom.

Itu dia cara menerapkan rumus VLOOKUP beda Sheet di Excel. Mudah atau sulit, EduFriends? Ini adalah fungsi dasar VLOOKUP yang bisa membantu pekerjaan kamu di Excel. Salah satunya adalah mengolah data. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

7 Cara Jitu Menghapus Tag di GetContact, Bye Tag Nyeleneh!

7 Cara Jitu Menghapus Tag di GetContact, Bye Tag Nyeleneh!

GetContact adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melihat nama dan informasi kontak seseorang berdasarkan nomor teleponnya. Aplikasi ini menggunakan database yang berisi informasi kontak dari berbagai sumber, termasuk pengguna GetContact

5 Cara Cek Alamat Saya Sekarang, Lengkap RT dan RW!

5 Cara Cek Alamat Saya Sekarang, Lengkap RT dan RW!

Alamat adalah salah satu informasi penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Alamat diperlukan untuk berbagai keperluan, seperti untuk keperluan administrasi, pengiriman barang, atau sekadar untuk memudahkan orang lain menemukan

Kalkulator Jadian: Cara Akurat Menghitung Lama Pacaran

Kalkulator Jadian: Cara Akurat Menghitung Lama Pacaran

Halo, sobat blogger! Pernahkah kamu penasaran berapa lama kamu sudah berpacaran dengan pasanganmu? Jika iya, kamu bisa menggunakan kalkulator jadian untuk mengetahuinya. Kalkulator jadian adalah alat yang digunakan untuk menghitung

Snap IG: Cara Membuat IG Story/ Snap IG untuk Satu Orang Saja

Snap IG: Cara Membuat IG Story/ Snap IG untuk Satu Orang Saja

Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling populer di dunia. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto, video, dan cerita (story/ Snap IG) dengan orang lain. Namun, terkadang kita