Jurusan Manajemen: Alasan Memilih dan Prospek Kerja

Cover Blog Alasan Jurusan Manajemen cover scaled

Salah satu jurusan yang paling banyak diminati di Indonesia hingga saat ini adalah manajemen. Melansir dari Good News From Indonesia, paling tidak terdapat sebanyak 956.563 calon mahasiswa sepanjang tahun 2020 menetapkan jurusan manajemen sebagai pilihan prodi yang mereka pilih untuk jenjang Sarjana (S1). Lantas apa sih kira-kira penyebab jurusan ini selalu laku dan memiliki banyak peminat? Yuk mari kita berkenalan dengan jurusan manajemen!

Jadi, Jurusan Manajemen Itu Apa?

Photo by Alvaro Reyes

Secara umum, manajemen merupakan cabang ilmu yang mempelajari bagaimana cara merencanakan, mengatur, dan mengelola perusahaan atau organisasi agar mencapai tujuannya.

Lebih lanjut, keberadaan jurusan ini memberikan peran penting bagi perusahaan agar  menjadi lebih baik dan dapat eksis serta relevan secara berkelanjutan. Selain itu, jurusan manajemen juga masih berkaitan erat dengan ilmu ekonomi dan bisnis.

Apa Saja yang Dipelajari?

Pertanyaan yang satu ini kerap muncul saat memilih jurusan impian. Hal ini dilakukan untuk menimbang dan memproyeksikan apa saja hal yang harus dipersiapkan ke depannya. Keterkaitan jurusan ini yang erat dengan ilmu ekonomi dan bisnis menjadi salah satu fondasi dalam mempelajari ilmu manajemen. Mengutip Kwik Kian Gie School of Business, berikut adalah beberapa hal yang akan dipelajari saat menjadi mahasiswa manajemen:

Dasar Ekonomi

Sebagian besar jurusan manajemen di Indonesia tergabung dalam Fakultas Ekonomi maupun Fakultas Bisnis, oleh karena itu dapat dipastikan hal pertama yang akan kamu temui saat menjadi mahasiswa manajemen adalah mata kuliah pengantar ekonomi.

Melalui mata kuliah ini, kamu akan belajar banyak mengenai dasar-dasar ekonomi mulai dari mikro hingga makro. Tak berhenti sampai situ saja, kamu juga akan belajar mengenai rumus-rumus mendasar dan cara menganalisis serta membaca berbagai macam grafik yang berkaitan dengan ilmu ekonomi.

Dasar Akuntansi

Sebagai seseorang yang akan mengatur dan mengelola sebuah perusahaan nantinya, kemampuan dasar akuntansi juga sangat dibutuhkan bagi lulusan manajemen. Dalam mata kuliah ini, kamu akan diberikan pemahaman dasar akuntansi yang akan membantumu dalam merencanakan strategi keuangan untuk periode selanjutnya. Selain itu, kamu juga akan belajar menganalisis dan menyusun laporan keuangan untuk menjaga kelangsungan keuangan perusahaan.

Matematika Bisnis

Jika kamu menyukai pelajaran matematika saat bersekolah, maka berbahagialah karena dengan memilih jurusan ini kamu akan kembali dipertemukan dengan matematika! Dalam mata kuliah ini, kamu akan mengenal lebih dalam lagi matematika untuk bisnis. Sebagai lulusan manajemen, kamu diharapkan dapat melakukan rekam dan analisis operasi bisnis dengan memanfaatkan ilmu yang telah didapatkan melalui mata kuliah ini. Selain itu, kamu juga akan mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman untuk membantu dalam proses pemodelan strategi bisnis perusahaan.

Konsentrasi Manajemen Lainnya

Luasnya ilmu manajemen akan kamu rasakan saat menjadi mahasiswanya! Selain mempelajari beberapa dasar ilmu seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu juga akan mendalami manajemen sesuai konsentrasi yang diminati. Beberapa    konsentrasi yang dapat kamu pilih di antaranya adalah manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen SDM, manajemen bisnis, manajemen operasional, dan masih banyak lainnya.

Alasan Memilih Manajemen 

Memilih manajemen sebagai jurusan impianmu memang sangat menarik. Akan tetapi jika kamu masih ragu, berikut beberapa alasan memilih jurusan manajemen! 

  1. Tingginya permintaan SDM manajemen

Semua bidang pekerjaan membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan manajerial. Oleh karena itu, lulusan manajemen akan sangat dicari oleh perusahaan. Kemunculan startup saat ini yang semakin menjamur juga memperluas kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan impianmu!

  1. Peluang dan jenjang karier luas

Besarnya kesempatanmu untuk mencicipi banyak bidang sangat terbuka jika kamu memilih jurusan ini! Berbekal dengan pengetahuan yang telah didapatkan saat kuliah, lulusan manajemen memiliki kesempatan luas untuk mengisi berbagai lowongan pekerjaan yang berkaitan manajemen perusahaan atau manajemen proyek. Peluang karier ini tentunya selaras pula dengan beragamnya jenjang karier yang dapat kamu pilih juga!

  1. Referensi belajar yang mudah

Kamu bisa dengan mudah belajar dan mendapatkan sumber bacaan melalui internet. Dewasa ini, banyak sekali ahli-ahli manajemen yang menawarkan dan membagikan pembelajaran manajemen. Selain itu, kamu juga mendapatkan referensi belajar mulai dari cuma-cuma hingga yang berbayar.

  1. Besarnya kesempatan mengembangkan diri

Manajemen adalah jurusan yang sangat cocok untuk kamu yang ingin mengembangkan diri! Hal ini bukan tanpa sebab. Kamu dapat menjadi pribadi yang lebih teratur dan disiplin, kreatif, cerdas, dan memiliki dasar kepemimpinan dengan memilih jurusan ini. Selain itu, jurusan ini juga cocok untuk kamu yang suka bergaul karena kamu akan banyak bertemu orang dari berbagai bidang.

Prospek Kerja

Photo by Krakenimages

Banyaknya peminat jurusan ini bukanlah tanpa alasan. Salah satu alasan utama manajemen menjadi jurusan yang selalu laku dan diminati adalah karena luasnya peluang dan jenjang karier yang dapat dicapai oleh lulusan manajemen. Penguasaan ilmu manajemen yang dipelajari di bangku perkuliahan sangatlah dibutuhkan dan dicari oleh perusahaan dari berbagai macam bidang pekerjaan. Oleh karena itu, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi akan kerja apa setelah lulus nantinya. 

Pendapatan awal seorang lulusan manajemen umumnya berkisar mulai dari Rp4.000.000. Akan tetapi hal ini bergantung pula oleh banyak faktor, sehingga tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang memiliki impian menghasilkan pendapatan tinggi di usia muda. Beberapa faktor penentu pendapatan di antaranya adalah area dan posisi dalam pekerjaan yang dipilih. Selain itu kemampuan dan pengalaman juga menjadi faktor penentu lainnya. 

Banner blog edufund pendidikan
Raih cita-citamu sebagai ahli manajemen dengan Edufund!

Adapun beberapa pekerjaan yang dapat kamu pilih sebagai lulusan manajemen di antaranya mulai dari staf operasional, konsultan bisnis, market researcher, dosen hingga entreupreneur atau wirausahawan. Beragamnya pilihan dan jenjang karier seorang lulusan manajemen memang menggiurkan, akan tetapi peluang untuk dapat diterima di jurusan ini hanyalah kurang dari 5% saja. Maka dari itu, ayo mulai susun strategi belajarmu bersama Edufund!

Artikel Terkait