Content Writer: Definisi, Tugas, Skill, dan Jenjang Karier

Suka Menulis  Yuk Pahami Prospek Karier Sebagai Content Writer 01 1

Pada artikel yang berisikan informasi dan edukasi kemudian tersebar di media sosial, ternyata ada orang-orang yang berjasa bernama Content Writer (CW) atau penulis konten. Lalu, sebenarnya apa sih CW itu? Apa saja tugas dan tanggung jawabnya?

Baca Juga: Ikuti 4 Tips Mudah Kuliah Online Ini Biar Seru!

Apa Itu Content Writer?

Bagian dari Content Creator, namun lebih spesifik, yakni membuat konten berupa tulisan. Konten tersebut bisa untuk berbagai jenis media dan platform, namun umumnya adalah digital platform.

Konten ini bisa berbentuk artikel, blog, kiriman di media sosial, atau tulisan apapun berbasis online. Selain menulis, seorang Content Writer juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan agar website, gambar, tulisan tetap selaras dan berkaitan.

Mereka juga harus putar otak bagaimana cara menulis konten untuk para pembaca atau topik apa yang harus mereka tulis sesuai dengan target. Selain itu, dalam kadar tertentu, mereka juga bertanggung jawab atas traffic sebuah website.

Tugas Content Writer

Secara umum, ada beberapa tanggung jawab dan tugas seorang Content Writer. Apa saja itu?

  1. Mengumpulkan ide, data, serta melakukan riset untuk bahan tulisan.
  2. Menghasilkan tulisan yang sesuai dengan identitas, ciri, dan branding.
  3. Berusaha memenuhi tujuan yang telah ada melalui tulisan. Misalnya, tujuan promosi, edukasi, menghibur, atau memberi informasi.
  4. Menyesuaikan tulisan dengan platform yang ada, entah format blog, microblog, media sosial, cetak, dan lainnya. Seorang CW bisa menghasilkan karya untuk multi-platform
  5. Mencari, memilih, atau menghasilkan visual yang sesuai dengan tulisan.

Skill dan Kualifikasi Content Writer

1. Keahlian Menulis

Kamu harus bisa menguasai kemampuan dalam penulisan. Mulai dari struktur sampai juga teknik penulisan, harus kamu kuasai dengan baik. Selain itu, kamu juga harus memiliki kemampuan story telling agar tulisan yang kamu buat bisa mengalir dan mudah saat audiens membaca.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Magang

2. Paham Teknologi

Pekerjaan ini pada dasarnya berbasis online, terutama jika kamu masuk ke dunia media sosial. Kamu harus melek teknologi, setidaknya tentang teknologi apa saja yang bisa kamu gunakan secara maksimal untuk keperluan konten.

3. Peka Terhadap Tren

Konten atau artikel pastinya harus up-to-date dan sesuai dengan perkembangan tren. Oleh karena itu, sebagai Writer kamu harus peka terhadap tren terbaru yang sedang terjadi.

Hal ini bertujuan agar brand yang kamu kelola bisa menjadi sumber informasi audiens dan menaikkan engagement dalam aset. Jangan malas untuk cari tahu dan selalu ikut dengan tren terkini.

Baca Juga: 3 Tips buat Kamu yang Homesick saat Merantau

Jenjang Karier

Biasanya, kamu bisa memulainya dari Junior CW, CW, Senior CW, Content Strategist, hingga menjadi Content Director.

Namun, tahapan ini tidak bisa melulu sama di setiap perusahaan. Pasalnya, setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing. Jadi, apakah kamu tertarik menjadi Content Writer? Mau ikut pelatihan menulis tapi biaya tidak cukup? Edufund menyediakan pinjaman dana untuk kursus menulis. Ajukan sekarang!

Artikel Terkait

Gaji Guru SMA: Berapa Idealnya dan Realita di Indonesia?

Gaji Guru SMA: Berapa Idealnya dan Realita di Indonesia?

Menjadi guru merupakan sebuah profesi mulia yang dedikasi dan pengabdiannya patut diapresiasi. Di balik peran pentingnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, gaji guru SMA di Indonesia masih menjadi topik hangat yang

Panduan Lengkap Menjadi Community Officer Era Digital!

Panduan Lengkap Menjadi Community Officer Era Digital!

Di era digital yang serba terkoneksi ini, peran Community Officer (CO) semakin vital dalam berbagai organisasi dan komunitas. CO bagaikan jembatan penghubung yang menjembatani kesenjangan antara organisasi/komunitas dengan para anggotanya.

Berapa Harga Franchise Mixue? Ini Syarat dan Caranya!

Berapa Harga Franchise Mixue? Ini Syarat dan Caranya!

Siapa yang tidak kenal Mixue? Brand asal China ini telah menjadi sensasi global dengan tawaran teh dan es krimnya yang lezat dan terjangkau. Konsep bisnis franchise Mixue telah terbukti sukses,

Tips Menyusun Struktur Organisasi Perusahaan dengan Contoh

Tips Menyusun Struktur Organisasi Perusahaan dengan Contoh

Pernahkah Anda membayangkan sebuah perusahaan tanpa struktur organisasi? Kekacauan, kebingungan, dan ketidakefisienan akan merajalela. Setiap orang akan bekerja tanpa arah dan tujuan yang jelas, dan perusahaan akan terhambat dalam mencapai